Bisnis

Cara Menyusun Strategi Kebijakan Dengan Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT Philip Kotler mengartikan analisis SWOT sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Advertisement Analisis ini didasarkan pada...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
swot3
strategi swot
Sumber Gambar : https://dynaimage.cdn.cnn.com/

Pengertian Analisis SWOT

Philip Kotler mengartikan analisis SWOT sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Advertisement

Analisis ini didasarkan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman.

Bila diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini mempunyai dampak yang besar atas rancangan suatu strategi yang berhasil.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

analisis swot2
Sumber Gambar : https://static.hadstar.com/

Analisi SWOT merupakan model analisis yang paling populer untuk analisis situasi. Menurut Sondang P. Sinagian ada pembagian faktor-faktor strategis dalam analisi SWOT yaitu, Faktor berupa kekuatan, Faktor kelemahan, Faktor peluang, dan Faktor ancaman. Berikut ini penjelasannya.

Strength (Kelebihan/ Kekuatan)

Faktor kekuatan sebuah bisnis yang dimaksud dalam analisis SWOT adalah Kekuatan utama yang dimiliki oleh bisnis Anda. Apa kekuatan yang dimiliki perusahaan anda yang mampu memberikan pengaruh positif pada saat ini dan di masa mendatang.

Anda bisa mengabalisa kelebihan dengan beberapa analisis berikut :

  • Kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan
  • Apa yang membuat perusahaan Anda lebih baik dari kompetitor
  • Keunikan yang dimiliki oleh perusahaan Anda
  • Apa alasan utama, atau penyebab utama perusahaan berhasil dalam penjualan selama ini?
  • Apa yang dianggap oleh konsumen Anda sebagai suatu kelebihan di banding kompetitor?

Baca Juga : Mengenal Digital Marketing dan Pentingnya Untuk Penjualan Di Era Digital Saat Ini

Weakness (Kelemahan)

Faktor kelemahan ialah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi kinerja bisnis atau organisasi yang memberikan pengaruh negatif saat ini ataupun di masa mendatang.

Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut ;

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan ?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan ?
  • Faktor yang menyebabkan kehilangan penjualan
  • Apa yang dirasakan dan dilihat oleh konsumen sebagai suatu kelemahan prusahaan?
  • Apa yang sudah dilakukan pesaing sehingga mereka lebih baik dari perusahaan Anda ?

Opportunities (Peluang)

Definisi peluang secara sederhana ialah berbagai situasi lingkuangan yang menguntungkan bagi suatu satuan bisnis dan bisa memberikan kesempatan perusahaan untuk dapat berkembang di kemudaian hari.

Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan berikut ;

  • Kesempatan apa yang dapat Anda lihat?
  • Tren apa yang sedang berkembang saat ini dan yang sejalan dengan perusahaan ?

Threats (Ancaman)

Faktor ancaman merupakan kebalikan dari peluang yaitu faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu saatu bisnis yang akhirnya bisa menghambat laju perkembangan perusahaan.

Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan berikut ;

  • Apa hambatan yang sedang dihadapi perusahaan saat ini?
  • Apa saja hal yang sedang atau yang sudah dilakukan oleh kompetitor?
  • Adakah perubahan atau peraturan baru dari pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan ?

Dalam melakukan perencanaan bisnis kita harus mengevaluasi faktor eksternal maupun faktor internal yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Analisis faktor-faktor haruslah menghasilkan adanya kekuatan (strength) yang dimiliki oleh suatu perusahaan, serta mengetahui kelemahan (weakness) yang terdapat pada perusahaan itu.

Sedangkan analisis terhadap faktor eksternal harus menghasilkan informasi kesempatan atau peluang (opportunity) yang terbuka bagi perusahaan serta dapat mengetahui pula ancaman (treaths) yang dialami oleh organisasi yang bersangkutan.

Setelah kita mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan yang terbuka, serta ancaman-ancaman yang dialaminya, maka kita dapat menyusun suatu rencana atau strategi yang mencakup tujuan yang telah ditentukan perusahaan.

Baca Juga : Bisnis Plan Itu Penting!! Bisnis Plan Adalah Peta Strategis Usaha Anda

Analisis SWOT untuk Alat Analisis dan Strategi kebijakan.

Psikologi karyawan
Memahami psikologi kepribadian karyawan. Image via www.google.com

Tahap analisis dilakukan setelah mengumpulkan semua informasi yang berpengaruh terhadap suatu objek (perusahaan) melalui proses identifikasi terhadap peluang, ancaman, kelemahan dan kekuatan.

Tahap selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam perumusan strategi dengan menggunakan model matrik SWOT.

Pendekatan dengan matriks SWOT akan menampilkan delapan kotak, yaitu dua paling atas adalah kotak faktor eksternal (Peluang dan Tantangan) sedangkan dua kotak sebelah kiri adalah faktor internal (Kekuatan dan Kelamahan).

Empat kotak sisanya adalah kotak isu-isu strategis yang timbul sebagai hasil titik pertemua antara faktor-faktor internal dan eksternal.

matrik swot

Tahap selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam perumusan strategi dengan menggunakan model matrik SWOT.

Strategi SO (Comparative Advantages).

Cara ini merupakan pertemuan dua elemen kekuatan dan peluang sehingga memberikan kemungkinan bagi suatu organisasi untuk bisa berkembang lebih cepat.

Strategi ST (Mobilization)

Langkah ini merupakan interaksi antara ancaman dan kekuatan. Peran SDM sangat penting dalam strategi karena merupakan kekuatan organisasi yang mampu memperlunak ancaman dari luar, bahkan kemudian merubah ancaman itu menjadi sebuah peluang.

Strategi WO (Divestment/Investment).

Strategi ini merupakan interaksi antara kelemahan organisasi dan peluang dari luar. Situasi seperti ini memberikan suatu pilihan pada situasi yang kabur.

Pilihan keputusan yang diambil adalah (melepas peluang yang ada untuk dimanfaatkan organisasi lain) atau memaksakan menggarap peluang itu (investasi).

Strategi WT (Damage Control)

Damage Control (mengendalikan kerugian) adalah strategi yang tepat untuk menghindari kerugian yang lebih parah.

Kondisi ini merupakan yang paling lemah karena pertemuan antara kelemahan organisasi dengan ancaman dari luar.

Analisis yang dilakukan menggunakan matriks SWOT akan menghasilkan empat alternatif strategi yang mampu menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Advertisement

Itulah ulasan singkat tentang analisis SWOT. Analisis ini akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik, melalui pemetaan setiap masalah dan penentuan solusi dari setiap kendala yang sedang dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *