Bisnis

Analisis SWOT : Pengertian, Unsur dan Cara Menyusun Strategi Kebijakan

Pengertia Analisis SWOT Philip Kotler mengartikan analisis SWOT sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Advertisement Analisis ini didasarkan pada...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
swot3
analisis swot2
Sumber Gambar : https://static.hadstar.com/

Pengertia Analisis SWOT

Philip Kotler mengartikan analisis SWOT sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Advertisement

Analisis ini didasarkan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman.

Bila diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini mempunyai dampak yang besar atas rancangan suatu strategi yang berhasil.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

swot4
Sumber Gambar : https://karinov.co.id/

Analisi SWOT merupakan model analisis yang paling populer untuk analisis situasi. Menurut Sondang P. Sinagian ada pembagian faktor-faktor strategis dalam analisi SWOT yaitu, Faktor berupa kekuatan, Faktor kelemahan, Faktor peluang, dan Faktor ancaman. Berikut ini penjelasannya.

  • Faktor kekuatan sebuah organisasi yang dimaksud dalam analisis SWOT adalah, kompetisi khusus yang terdapat dalam organisasi yang berakibat pada keunggulan komparatif oleh unit usaha di pasaran.
  • Faktor kelemahan ialah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi kinerja organisasi.
  • Definisi peluang secara sederhana ialah berbagai situasi lingkuangan yang menguntungkan bagi suatu satuan bisnis.
  • Sedangkan faktor ancaman merupakan kebalikan pengertian peluang yaitu faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu satuan bisnis.

Dalam melakukan perencanaan bisnis kita harus mengevaluasi faktor eksternal maupun faktor internal yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Analisis faktor-faktor haruslah menghasilkan adanya kekuatan (strength) yang dimiliki oleh suatu perusahaan, serta mengetahui kelemahan (weakness) yang terdapat pada perusahaan itu.

Sedangkan analisis terhadap faktor eksternal harus menghasilkan informasi kesempatan atau peluang (opportunity) yang terbuka bagi perusahaan serta dapat mengetahui pula ancaman (treaths) yang dialami oleh organisasi yang bersangkutan.

Setelah kita mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan yang terbuka, serta ancaman-ancaman yang dialaminya, maka kita dapat menyusun suatu rencana atau strategi yang mencakup tujuan yang telah ditentukan perusahaan.

Baca Juga : Bisnis Plan Itu Penting!! Bisnis Plan Adalah Peta Strategis Usaha Anda

Analisis SWOT untuk Alat Analisis dan Strategi kebijakan.

Tahap analisis dilakukan setelah mengumpulkan semua informasi yang berpengaruh terhadap suatu objek (perusahaan) melalui proses identifikasi terhadap peluang, ancaman, kelemahan dan kekuatan.

Tahap selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam perumusan strategi dengan menggunakan model matrik SWOT.

Pendekatan dengan matriks SWOT akan menampilkan delapan kotak, yaitu dua paling atas adalah kotak faktor eksternal (Peluang dan Tantangan) sedangkan dua kotak sebelah kiri adalah faktor internal (Kekuatan dan Kelamahan).

Empat kotak sisanya adalah kotak isu-isu strategis yang timbul sebagai hasil titik pertemua antara faktor-faktor internal dan eksternal.

matrik swot

Tahap selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam perumusan strategi dengan menggunakan model matrik SWOT.

Strategi SO (Comparative Advantages).

Strategi ini merupakan pertemuan dua elemen kekuatan dan peluang sehingga memberikan kemungkinan bagi suatu organisasi untuk bisa berkembang lebih cepat.

Strategi ST (Mobilization)

Strategi ini merupakan interaksi antara ancaman dan kekuatan. Peran SDM sangat penting dalam strategi karena merupakan kekuatan organisasi yang mampu memperlunak ancaman dari luar, bahkan kemudian merubah ancaman itu menjadi sebuah peluang.

Strategi WO (Divestment/Investment).

Strategi ini merupakan interaksi antara kelemahan organisasi dan peluang dari luar. Situasi seperti ini memberikan suatu pilihan pada situasi yang kabur.

Pilihan keputusan yang diambil adalah (melepas peluang yang ada untuk dimanfaatkan organisasi lain) atau memaksakan menggarap peluang itu (investasi).

Strategi WT (Damage Control)

Damage Control (mengendalikan kerugian) adalah strategi yang tepat untuk menghindari kerugian yang lebih parah.

Kondisi ini merupakan yang paling lemah karena pertemuan antara kelemahan organisasi dengan ancaman dari luar.

Analisis yang dilakukan menggunakan matriks SWOT akan menghasilkan empat alternatif strategi yang mampu menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Itulah ulasan singkat tentang analisis SWOT. Analisis ini akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik, melalui pemetaan setiap masalah dan penentuan solusi dari setiap kendala yang sedang dihadapi.

Advertisement

Baca Juga : Mengenal Digital Marketing dan Pentingnya Untuk Penjualan Di Era Digital Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *