Bisnis

Mengenal Apa itu Marketplace ? Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu marketplace – Saat ini transaksi ecommerce di Indonesia memiliki potensi yang cerah di masa depan. Berdasarkan data yang telah publish...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
pengertian marketplace
pengertian marketplace
Sumber Gambar : www.yukdiorder.com

Apa itu marketplace – Saat ini transaksi ecommerce di Indonesia memiliki potensi yang cerah di masa depan.

Berdasarkan data yang telah publish kadata.co.id nilai transaksi e-commerce terus meningkat selama lima tahun terakhir.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran marketplace yang merupakan salah satu pemain terbesar dalam bisnis ecommerce Indonesia.

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah marketplace. Industri ini memang sedang berkembang di Indonesia.

kehadirnnya cukup membantu masyarakat Indonesia, pasalnya cukup bermodalkan smartphone yang terkoneksi dengan internet, Kita sudah bisa mendapatkan produk yang di inginkan tanpa harus datang ke toko.

Apa Itu Marketplace?

cara jualan di lazada
cara jualan di lazada

Marketplace ialah suatu media yang berfungsi sebagai mediator antar penjual dengan pembeli di internet.

Seller akan menjual barangnya di lapak online yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace.

Kemudian barang tersebut selanjutnya akan diiklankan oleh pihak e-commerce untuk memperoleh customer.

Keberhasilan e-commerce dengan ide marketplace ini dipastikan oleh banyaknya seller dan customer yang tergabung di web e-commerce itu. Jumlah penjual dan pembeli menjadi faktor utama kesuksesan e-commerce.

Sebenarnya, platform jual-beli online ini memiliki konsep seperti pasar tradisional yang menjadi pembeda adalah medianya.

Dimarketplace seorang seller tidak dikenakan biaya sewa, Mereka hanya perlu mendaftarkan diri dan sudah bisa mulai berjualan.

Situs jual-beli online bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah deparment store online.

Pengertian menurut ahli

Brunn, Jensen dan Skoovgard (2002)  berpendapat bahwa marketplace itu dibagi menjadi 2, yaitu marketplace horizontal dan marketplace vertikal.

Marketplace Horizontal dikategorikan berdasarkan dari produk yang dijualnya yang biasanya bisa dijangkau oleh banyak konsumen umum.

Contohnya :  gadget, pakaian, accessories, makanan, dll. Dengan contoh produk seperti itu dikategorikan karena harga produk yang masih dapat dijangkau oleh konsumen biasa.

Marketplace Vertikal dikategorikan bedasarkan produk khusus yang dijual hanya untuk memenuhi kebutuhan khusus pada perusahaan lain.

Contohnya saja seperti penjualan bahan baku, penjualan beton, penjualan baja, penjualan logam, dll. Tentu saja produk yang dijuala pada kategori ini untuk memenuhi kebutuhan industri perusahaan lainnya.

Pada dasarnya, platform jual-beli online merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya.

Situs jula beli online akan menjadi layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. Marketplace sendiri bisa kita artikan sebagai suatu department store-nya online store.

Jenis-Jenis Marketplace

apa itu marketplace
Sumber Gambar : viuz.com

Pada umumnya terdapat dua jenis platform jual-beli online di Indonesia, yaitu marketplace murni dan konsinyasi. Berikut penjelasannya.

Tipe murni

Jenis ini pihak ketiga hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Seller harus menyediakan foto dan diskripsi produk secara mandiri.

Disamping itu, konsumen dapat mengajukan penawaran harga ke penjual. Setelah mendapatkan harga yang cocok, konsumen dapat mentransfer sejumlah uang ke rekening yang disiapkan marketplace.

Contohnya adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, Elevenia,Tokopedia, Blanja, dan BliBli.

Tipe konsinyasi

Apabila penjual melakukan kerjasama konsinyasi atau titip barang dengan situs jual-beli online, penjual cukup menyediakan produk dan detail informasi ke pihak platform.

Semuanya akan di urus oleh pihak platform jual beli online mulai dari foto produk, gudang pengiriman hingga transaksi bisnis.

Salah satu contoh platform jual-beli online yang menyediakan kerjasama konsinyasi adalah Zalora dan Berrybenka.

kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace

marketplace adalah
Sumber Gambar : cloudfront.net/

Pernah mendengar Buka Lapak, Shopee, atau lazada? Ketiga media penjualan online tersebut adalah contoh dari marketplace.

Tipe platform online ini hanya menyediakan tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli dan memfasilitasinya agar pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi.

Dewasa ini konsep marketplace lebih disukai banyak orang karena proses transaksinya dianggap lebih aman dan efektif.

Bagi Anda ingin berjualan atau membeli produk di marketplace, ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam apa kelebihan dan kekurangannya.

Apa kelebihan berjualan di marketplace?

1. Hemat biaya promo

Bisnis Anda secara otomatis akan dipromosikan oleh marketplace. Artinya Anda tidak perlu alat promosi yang mahal dan rumit untuk memasarkan produk Anda.

Umumnya setiap platfor jual-beli online sudah dipercaya oleh konsumen, sehingga Anda juga tidak perlu membangun kepercayaan konsumen.

2. Fitur dan regulasi online marketplace yang baik

Platform jual-beli online yang ternama biasanya memilik regulasi yang dapat meningkatkan kredibilitas dan juga keamanan toko Anda, seperti asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama.

Fitur dan regulasi ini dapat meninngkatkan kepercayaan orang untuk membeli produk Anda di tengah ketatnya persaingan.

3. Hemat biaya sewa

Seperti yang telah di ketahui bahwa, platform online tidak memerlukan sewa tempat. Namun, beberapa platform jual-beli online yang terintegrasi biasanya menerapkan biaya “sewa” tetapi tidak sebesar biaya sewa tempat seperti ruko atau lapangan.

Ada juga platform online jual-beli yang gratis seperti grup Facebook dan forum jual-beli online, Anda tidak memerlukan biaya sama sekali. Apabila Anda tertarik untuk berjualan di Facebook, tentunya harus menampilkan facebook marketplace di akun Anda.

4. Anda dapat memantau perkembanganusaha

Biasanya platform jual-beli online memiliki fitur insight. Melalui fitur ini Anda dapat memantau jumlah pengunjung toko Anda, jumlah orang merespon, jumlah orang yang mekakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk Anda.

Data tersebut dapat di gunakan untuk mengevaluasi produk, strategi pemasaran, atau bahkan mengetahui efektifitas dan kinerja pengelola platform jual-beli online.

Apa Kekurangan berjualan di marketplace?

1. Persaingan antar pedagang tinggi

Platform jual-beli online adalah terpat berkulpulnya para pedagang yang menjual berbagai macam produk. Tak jarang kita menjumpai beberapa pedagang yang menjual jenis dagangan yang sama.

Tentunya ini merupakan persaingan terbuka antar penjual. Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual.

Agar jualan anda tetap lancar, Anda harus rajin untuk mengawasi pasar dan melakukan diferensiasi produk dengan penjual lain. Anda juga dapat memanfaatkan fitur gratis ongkir yang diberikan oleh pengelola platform.

2. Bergantung pada pengelola platform jual-beli online

Apabila pengelola memiliki reputasi buruk seperti kurang melakukan promosi, dan juga tidak memiliki regulasi yang baik, maka akan berdampak pada perkembangan bisnis Anda. Terutama penjualan pasti akan menurun.

Marketplace di Indonesia

jualan di lazada
Sumber Gambar : www.lazada.co.id

Dari tahun ke tahun persaingan platform jual-beli online di Indonesia semakin ketat. Pemain-pemain baru dan lama perlu bersaing untuk merebut konsumen Indonesia.

Lima besar marketplace di Indonesia yaitu Shopee Indonesia, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli semuanya termasuk dalam jenis marketplace murni karena jangkauan pasarnya lebih banyak dan beragam.

Marketplace adalah salah satu model bisnis di internet yang menyerupai pasar tradisional dalam perdagangan offline.

Sehingga platform jual-beli online memiliki peran sebagai pihak yang mempertemukan penjual dan pembeli didalam web mereka.

Oleh sebab itu platform jual-beli online dapat dijadikan alternatif yang bijak bagi penjual yang ingin berjualan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *