Multimedia

Top 5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Yang Paling Sering Digunakan

Bagi yang bekerja di dunia teknologi tentu tidak asing dengan nama deasin grafis. Desain grafis menjadi media komunikasi visual dengan gambar sebagai...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Adobe-Photpshop
ilmu-desain-profesi-desainer
Sumber Gambar : https://www.karirpad.com/

Bagi yang bekerja di dunia teknologi tentu tidak asing dengan nama deasin grafis. Desain grafis menjadi media komunikasi visual dengan gambar sebagai media utamanya.

Advertisement

Media ini menjadi bagian penting perusahaan untuk marketing atau keperluan lainnya. Bagi yang masih pemula, desain grafis membutuhkan sebuah seni khusus agar keberadaannya bisa diterima oleh khalayak umum.

Seni yang dimaksud berupa tipografi, pengolahan gambar maupun ilustrasi. Nah, untuk menghasilkan desain grafis yang bagus, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan media laptop atau komputer. Tentu saja setiap aplikasi desain grafis PC maupun laptop memiliki fitur berbeda.

Daftar Aplikasi Desain Grafis Paling Populer.

Aplikasi untuk keperluan desain grafis di PC itu sangat beragam jenisnya. Mulai dari yang paling rumit sampai sederhana.

Setiap aplikasi biasanya menyediakan fungsi, fitur dan kegunaan berbeda-beda yang bisa disesuaikan kebutuhan para penggunanya.

Supaya tidak bingung, berikut daftar aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus dan mumpuni

1. Adobe Photoshop.

Adobe-Photpshop
Sumber Gambar : https://www.psdeluxe.com/

Bisa disebut jika aplikasi ini adalah aplikasi desain grafis paling populer yang ada saat ini. Meskipun secara dasar, aplikasi ini malah sering digunakan untuk memanipulasi sebuah objek yang dihasilkan oleh para fotografis untuk mengedit hasil jepretan supaya lebih menarik dan bagus.

Meskipun begitu aplikasi ini sangat bisa diandalkan jika digunakan untuk membuat desain grafis berupa logo, tipografi, banner dan kebutuhan desain lain.

Pengguna aplikasi ini juga tergolong melimpah karena cara kerjanya lebih mudah dibanding aplikasi sejenisnya.

2. GIMP.

gimp
Sumber Gambar: https://www.gimp.org/

Tidak sedikit yang menyebut jika aplikasi GIMP adalah alternatif terbaik selain Photoshop untuk menggabungkan beberapa objek.

Aplikasi ini tergolong free sehingga bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja. Bukan hanya itu, GIMP sifatnya juga open source, artinya bisa dikembangkan siapapun yang menggunakannya.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi desain grafis terbaik karena fitur yang disediakan sangat lengkap dan mudah dipelajari oleh para pemula.

Tampilan utama yang modern dan cerah juga menjadi kelebihan utama GIMP. Tentu ini cocok sekali dengan kriteria desainer muda saat ini.

3. Adobe Illustrator.

ai
Sumber Gambar : https://laptopnesia.com/

Jika kamu ingin membuat desain vektor berupa tipografi, sketsa atau bahkan desain ilustrasi yang kompleks dalam bentuk video, Adobe Illustrator bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengerjakan semua perintah tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi ini, semua pekerjaan tadi bisa cepat rampung karena fiturnya sangat lengkap.

Aplikasi ini hadir dengan plugin yang membantu halaman website menjadi lebih modern dibanding sebelumnya.

Di versi terbaru, kamu bahkan bisa mendapat fitur Creative Cloud yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis yang lebih mencolok

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk PC Terbaik dan Gratis.

4. Inkscape.

Inkscape-
Sumber Gambar : https://cdn.technadu.com/

Inkspace bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat gambar vektor dan desain grafis lain dengan format file SVG. Aplikasi ini juga sering digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux OS, Mac, Windows dan sebagainya.

Inkscape cocok untuk desainer grafis profesional maupun pemula yang ingin membuat berbagai proyek desain grafis berupa gambar, logo, vektor dan sebagainya. interface yang dimiliki juga tergolong sederhana sehingga tidak terlalu sulit dipantau.

5. CorelDraw.

CorelDraw.1
Sumber Gambar : https://www.coreldraw.com/

Bagi seorang web designet ataupun graphic designer, apliksai CorelDraw menjadi aplikasi desain vektor tanpa batas yang paling sering digunakan.

Bukan tanpa alasan hal karena fitur yang disematkan benar-benar mumpuni dengan fungsi yang keren dan mudah digunakan. Bahkan fitur tersebut tidak bisa ditemukan di aplikasi desain grafis lain di perangkat PC.

Dengan bantuan CorelDraw, kamu memiliki kontrol penuh agar menghasilkan desain yang dinamis, cepat dan sesuai proyek yang dikerjakan.

Bagi yang mendownload CorelDraw versi X5 ke atas, kamu bakal menemui fitur tambahan seprti inbuilt organizer.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tools lain yang lebih melimpah seperti Attact, Smear, Twirl yang membuat editing objek vektor semakin mengesankan.

Aplikasi desain grafis PC yang telah disebutkan adalah beberapa nama aplikasi yang populer di pasaran.

Advertisement

Masih banyak aplikasi sejenis lain yang tidak disebutkan di sini. Saat menggunakan aplikasi tersebut, pastikan paham betul mengenai tools yang disediakan. Tujuannya agar menghasilkan desain grafis yang bagus dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *