Multimedia

Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk PC Terbaik dan Gratis

Bukan ide yang bagus untuk mengupload video yang masih mentah ke media sosial untuk tujuan apapun. Advertisement Mengedit video terlebih dahulu dan...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
edit video
Sumber Gambar : https://www.unbox.id/

Bukan ide yang bagus untuk mengupload video yang masih mentah ke media sosial untuk tujuan apapun.

Advertisement

Mengedit video terlebih dahulu dan membuat terlihat lebih baik akan memberikan kesan yang berbeda bagi setiap orang yang melihatnya.

Agar hal tersebut dapat terealisasikan, kamu perlu bantuan aplikasi edit video untuk PC berkualitas. Tenang, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Daftar Aplikasi Edit Video untuk PC Terpopuler.

Kamu bisa menggunakan satu dari 9 aplikasi edit video berkualitas untuk PC berikut ini.

1. Windows Movie Maker.

Windows Movie Maker sudah eksis sejak lama dan masih relevan hingga saat ini. Movie Maker juga masih menjadi program favorit untuk mengedit home video.

Beberapa fitur, seperti transisi video, efek spesial, trek audio, dan Auto Movie sangat bisa diandalkan untuk membuat video yang kamu edit menjadi lebih berkualitas dari sebelumnya. Fitur berbagi ke beragam medsos sudah terintegrasi dengan baik.

2. Avidemux.

Avidemux adalah program edit video untuk kamu yang hanya ingin melakukan pengeditan sederhana. Memotong, filtering, encoding, dan melakukan konversi bisa kamu lakukan melalui Avidemux.

Proses dan mekanismenya cepat karena didukung oleh user interface yang ramah untuk pengguna. Sayangnya, Avidemux tidak cocok untuk pengeditan dengan penambahan banyak efek spesial dan transisi.

3. VSDC Video Editor.

Program video editor ini cukup direkomendasikan untuk kamu yang sedang ingin mengedit video dengan fitur pengeditan yang kreatif.

Ada banyak fitur, dari mulai beragam jenis filter, efek spesial, hingga pengkoreksi warna. Interface pada VSDC intuitif dan tidak akan membuatmu yang pemula kesulitan.

VSDC Video Editor sudah mendukung pengeditan video dengan resolusi HD dan 4K.

4. Blender.

Blender adalah aplikasi edit video yang lebih diperuntukkan untuk kamu yang sudah berpengalaman. Aplikasi ini masuk dalam jajaran aplikasi open source untuk kreasi konten 3D terbaik untuk Windows dan Mac.

Kelebihan Blender ada pada fitur-fitur tingkat lanjutnya dan sangat pas untuk kamu yang sudah mahir menggunakan aplikasi edit video untuk Pro. Karena hal tersebut, pemula sebaiknya hindari aplikasi ini.

5. OpenShot.

Seorang pemula dan pengedit video musiman akan menyukai OpenShot. Editor video ini memberikan kapabilitas pengeditan video tanpa batas.

Fitur pengeditannya memang sederhana sehingga cocok untuk kamu yang berniat melakukan pengeditan minimalis.

Meskipun gratis dan sederhana kemampuan mengeditnya tidak dapat diremehkan. Kekurangannya ada pada fitur  efek spesial yang terbatas.

6. Lightworks.

Lightworks memiliki interface yang tidak mudah untuk dikuasai. Terlihat betul jika aplikasi ini memang untuk kamu yang minimal sudah memahami beberapa fitur pengeditan tingkat lanjut.

Kelebihan utama dari Lightworks adalah tampilan aplikasi yang menarik dan elegan. Selain itu, aplikasi yang sudah mendukung pengeditan video 4K ini adalah fitur-fitur tingkat lanjutnya sangat mumpuni dan dapat diandalkan.

7. Wondershare Filmora.

Aplikasi ini semakin hari semakin populer dan banyak menjadi pilihan bagi para pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Filmora mendukung banyak format video, memiliki fitur tingkat dasar maupun tingkat lanjut, mendukung pengeditan video 4K, dan mampu melakukan pengeditan video dari GoPro dengan baik. Proses pengeditannya pun tidak sulit untuk dipelajari dan dikuasai dalam waktu singkat.

8. VideoPad.

VideoPad sangat cocok untuk kamu yang baru mencoba melakukan pengeditan video. Interface dari video ini memang terlihat klasik, namun berhasil membuat penggunanya tidak kesulitan melakukan beragam pengeditan dari yang sederhana hingga yang kompleks. Sayangnya, edisi gratis dari VideoPad ini dirasa serba terbatas. Edisi Pro dari aplikasi ini sangat bisa diandalkan baik untuk pemula maupun profesional.

9. HitFilm Express.

HitFilm Express menyediakan transisi dan efek video yang beragam. Kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin dengan aplikasi edit video untuk PC ini.

HitFilm Express banyak diklaim sebagai alternatif yang baik untuk Adobe After Effects. HitFilm lebih direkomendasikan untuk mereka yang sudah Pro.

Bagi kamu yang pemula dan tidak berpengalaman, butuh waktu untuk menguasai aplikasi ini.

Semua aplikasi edit video yang telah dipresentasikan adalah aplikasi video gratis. Beberapa cocok untuk pemula, sementara beberapa lainnya cocok untuk yang berpengalaman.

Realita media sosial dengan produksi konten yang tidak ada habisnya membuat aplikasi semacam ini menjadi sebuah keharusan.

Advertisement

Kemampuan mengedit video sederhana bisa dikatakan akan menjadi kemampuan wajib di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *