Multimedia

Aplikasi Meeting Online dan Video Conference Jarak Jauh Terbaik

Di masa pandemi seperti ini, tentunya sebisa mungkin harus mengurangi intensitas dalam pertemuan secara langsung. Tentunya hal ini akan berefek samping pada...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
meeting
Video Conference
Sumber Gambar : https://cdn.medcom.id/

Di masa pandemi seperti ini, tentunya sebisa mungkin harus mengurangi intensitas dalam pertemuan secara langsung.

Tentunya hal ini akan berefek samping pada beberapa sektor yang biasanya harus melakukan pertemuan secara langsung dalam menjalankan aktivitasnya, contohnya seperti sekolah dan kantor.

Untuk menyiasati hal ini, akhirnya banyak yang menggunakan aplikasi video conference yang dapat digunakan melalui perangkat smartphone atau PC/laptop.

Walaupun pasti suasananya jelas berbeda, setidaknya menggunakan aplikasi ini menjadi solusi dari masalah yang disebabkan pandemi ini.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi video meeting terbaik yang bisa Kamu gunakan.

1. Zoom Meeting.

zoom
Sumber Gambar : https://images.squarespace-cdn.com/

Aplikasi video meeting pertama yang menjadi rekomendasi adalah Zoom Meeting. Sudah banyak perusahaan dan instansi sekolah yang menggunakan aplikasi Zoom Meeting dalam melaksanakan kegiatannya di masa pandemi ini.

Salah satu alasan yang membuat Zoom Meeting menjadi pilihan adalah karena memiliki kapasitas hingga 1.000 orang dalam satu kali pertemuan.

Tidak hanya melakukan video conference, dengan menggunakan Zoom Meeting Kamu juga bisa menggunakan fitur audio conference, live chat, dan merekam saat proses meeting berlangsung.

Zoom Meeting dapat digunakan dengan gratis, namun hanya memiliki batasan waktu melaksanakan video conference selama 40 menit per pertemuan.

2. Google Hangouts Meet.

Video-call-Google-Meet
Sumber Gambar : https://www.trenasia.com/

Aplikasi video meeting selanjutnya yang dapat Kamu gunakan adalah Google Hangouts Meets. Aplikasi ini adalah besutan dari salah satu perusahaan terbesar dalam bidang teknologi di dunia, yaitu Google Inc.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah sudah terhubung dengan layanan Google lainnya, jadi akan lebih mudah dalam mengundang rekan lainnya ketika melakukan pertemuan.

Dengan user interface yang simpel membuat Google Hangouts Meet dapat dipahami dengan mudah oleh semua orang yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Google Hangouts Meet juga memiliki fitur chat yang berguna jika koneksi internet Kamu sedang tidak stabil.

Kamu dapat menggunakan Google Hangouts Meet pada perangkat smartphone maupun pada perangkat PC/laptop, jadi memiliki fleksibilitas untuk digunakan kapanpun dan dimanapun.

3. Facetime.

Facetime
Sumber Gambar : https://www.jagoteknologi.com/

Bagi Kamu pengguna perangkat Apple, Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan Apple yang bisa digunakan untuk melakukan video conference, yaitu Facetime.

Aplikasi ini sudah otomatis terpasang pada semua perangkat Apple seperti, iPhone, iPad, dan Macbook, jadi Kamu tidak perlu menginstalnya secara manual.

Cara penggunaannya pun cukup mudah seperti halnya aplikasi video call pada umumnya. Kualitas video yang dihasilkannya pun cukup bagus jika koneksi internet yang tersambung stabil.

Namun karena aplikasi bawaan Apple, Facetime hanya dapat digunakan untuk pengguna produk Apple saja, jadi kurang cocok untuk digunakan dalam keperluan bisnis.

4. Microsoft Teams.

microsoftteamsbackground
Sumber Gambar : https://zdnet1.cbsistatic.com/

Microsoft Teams adalah aplikasi besutan Microsoft Corporation yang memadukan video meeting dengan pesan instan, telepon, hingga kolaborasi dokumen ke dalam satu media saja.

Aplikasi ini adalah pengganti dari layanan Skype for Business yang memang diperuntukan bagi perusahaan atau instansi yang butuh fleksibilitas dalam melakukan pertemuan.

Keunggulan aplikasi ini adalah sudah terkoneksi dengan Microsoft Office 365. Artinya Kamu bisa mengerjakan pekerjaan secara bersamaan tanpa bertemu secara langsung.

Microsoft Teams memiliki kapasitas hingga 10 ribu orang dalam sekali pertemuan, cukup besar untuk sebuah aplikasi video meeting.

5. Slack.

slack-skype
Sumber Gambar : https://smallbiztrends.com/

Slack menjadi rekomendasi aplikasi untuk melakukan video conference selanjutnya. Aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi chatting yang memiliki fitur-fitur seperti email.

Namun diaplikasi ini Kamu juga dapat menggunakan fitur video conference yang sangat mudah digunakan pada aplikasi ini.

Namun sayangnya untuk melakukan video conference menggunakan aplikasi ini maksimal hanya 15 orang saja, jadi cukup terbatas jika digunakan untuk pertemuan dengan skala yang cukup besar.

6. WhatsApp.

whatsapp
Sumber Gambar : https://i2.wp.com/www.kadvacorp.com/

Aplikasi video meeting terakhir yang dapat menjadi rekomendasi untuk Kamu gunakan adalah WhatsApp.

Selain dapat digunakan untuk aplikasi chatting, WhatsApp juga memiliki fitur video call yang dapat diisi hingga 16 orang dalam sekali pertemuan.

Namun sebagai catatan, penggunaan fitur video conference hanya dapat digunakan pada perangkat smartphone saja, jadi tidak bisa digunakan pada perangkat komputer.

Jika proses video conference tidak memakan waktu yang terlalu lama, tentu fitur video call pada WhatsApp dapat menjadi pilihan Kamu.

Walaupun memang dirasa kurang efektif, menggunakan aplikasi video conference setidaknya dapat menjadi solusi untuk tetap bekerja dalam masa pandemi.

6 aplikasi di atas dapat menjadi rekomendasi untuk Kamu gunakan dalam melakukan meeting secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *