Bisnis

Ingin Memulai Bisnis? Coba 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Ini!

Modal masih menjadi salah satu kenadala bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis. Beruntungnya, pada zaman sekarang dengan adanya internet memudahkan Anda untuk...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Bisnis online tanpa modal
Bisnis online tanpa modal
Bisnis online tanpa modal. Image via www.google.com

Modal masih menjadi salah satu kenadala bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis. Beruntungnya, pada zaman sekarang dengan adanya internet memudahkan Anda untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Advertisement

Saat ini perkembangan internet sangatlah membantu, terutama dalam mencari informasi dan referensi.

Internet juga dapat membantu kita dalam mencari uang. Di jaman yang serba digital ini kita harus lebbih aktif dan kreatif agar bisa memanfaatkan moment ini.

Perkembangan teknologi yang terus berkembang memberi kesempatan bagi kita untuk memulai usaha, salah satunya adalah dengan membuat bisnis online.

Tentunya dalam pelaksanaanya kita butuh komputer dan koneksi internet. Selain bermodalkan komputer dan koneksi internet kita juga harus mempunyai kreativitas dan semangat juang yang tinggi.

Tidak sedikit yang menekuni bisnis online. Mulai dari para pelajar sampai ibu rumah tangga mencoba peruntungannya bisnis di dunia maya.

Rata-rata dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan, namun ada juga yang menjadikannya sebagai pekerjaaan utama.

Ingin memulai bisnis namun tidak ingin mengeluarkan banyak modal? Sangat bisa! Bisnis online adalah solusinya.

Lantas bisnis online seperti apa sih yang tidak memerlukan banyak modal. Yuk, simak berikut adalah referensi bisnis online yang bisa kamu coba.

1. Bisnis Online Shop.

Bisnis-Online-Shop
Sumber Gambar : https://www.hashmicro.com/i

Bisnis Online Shope merupaka salah satu bisnis online tanpa modal yang saat ini di gandrungi banyak orang.

Hal ini di karenakan keuntungannya yang menjanjikan dan tidak hanya itu bisnis ini juga bisa di jalankan sebagai bisnis sampingan di rumah.

Ada beberapa cara memulai bisnis online shope tanpa modal. Anda bisa membuka online shope dengan sistem pre order. Anda hanya perlu menjalin kerjasama dengan penyalur produk.

Cara lainnya adalah dengan bertindak sebagai reseller atau dropshipper. Cara yang kedua ini juga cukup mudah karena Anda tidak perlu menyediakan stok barang.

2. Freelance Writer

break-even-analysis
Sumber Gambar : https://coffeeshopstartups.com/

Anda hobi menulis dan ingin mendapatkan uang dari hobi anda tersebut? Jika ya, salah satu caranya adalah dengan menjadi penulis artikel lepas (freelance writer).

Saat ini permintaan akan jasa penulisan artikel cukup tinggi karena banyak blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis dan lebih fokus mengembangkan blognya.

Menulis merupakan salah satu keahlian yang mahal. Jika Anda melakukannya dengan antusias dan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan puluhan juta rupiah per bulan.

Saat ini Harga jasa penulisan artikel Bahasa Indonesia berkisar mulai dari Rp 2.000 per 100 kata. Umumnya konsumen akan memesan minimal artikel dengan 500 kata.

Mari kita hitung pendapatan freelance writer . Katakanlah, harga tulisan Anda Rp 2.000 per 100 kata. Jika ada konsumen yang memesan artikel dengan jumlah 20 artikel dengan jumlah 1000 kata per artikel, maka per 1 artikel harganya Rp20.000 x 20 = 400.000,00. Bayangkan jika dalam sebulan Anda mendapat 20 pesanan seperti di atas? Tentu, Rp 8 juta bisa Anda hasilkan.

3. Blogger.

blog-1
Sumber Gambar : https://s3.amazonaws.com/

Saat ini membuat blog tidak begitu mahal dan tidak menghabiskan banyak biaya. Anda hanya perlu membeli domain dan paket shared hosting yang termurah, tentu saja tergantung pada provider hosting yang Anda pilih.

Banyak cara menghasilkan uang dari blog seperti menjalankan program periklanan milik google yaitu Google Adsense.

Google AdSense merupakan layanan Google yang populer terkait menampilkan iklan. Dengan mendaftarkan blog atau website kamu dalam Google AdSense, maka iklan-iklan akan bermunculan dalam blog maupun website kamu.

Cara kerja Google AdSense adalah dengan membayar setiap ada tindakan klik pada iklan dari pengunjung website Anda, semakin banyak klik berarti akan semakin besar pula pendapatan AdSense.

Untuk itu Anda harus membuat konten website yang menarik ditambah dengan teknik SEO WordPress yang benar.

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti program afiliasi. Blog afiliasi menggunakan konten yang ditargetkan untuk mempromosikan produk atau layanan.

Tujuannya adalah agar pengunjung blog tertarik dan ingin mencoba apa yang ditawarkan. Pemilik blog kemudian akan memperoleh sejumlah komisi dari setiap pembelian.

Pembelian ini terjadi ketika pengunjung situs Anda mengklik konten atau link afiliasi Anda yang mengarah ke pembuat atau penyedia suatu layanan serta produk.

Baca Juga : 5 Alasan Peluang Bisnis Online Sangat Menguntungkan

4. Kolektor Domain.

Bisnis ini lebih tepatnya mengarah pada investasi. Banyak orang berlomba-lomba membuat domain dengan nama yang cantik, lalu di jual dengan harga tinggi. Dalam bisnis online domain bisa kita ibaratkan sebagai lokasi bisnis pada toko offline.Karena nama domain menentukan kualitas website.

Berikut adalah contoh nama domain yang dijual dengan harga tinggi

Padahal jika kita membuat domain harganya hanya sekitar $10. Tapi jika anda dapat membuat domain dengan nama yang bagus bisa anda jual dengan harga $500 sampai $1000 bahkan lebih. Menarik kan?

Bulan Agustus 2014 indonesia mendapatkan 1 ekstensi domain baru yaitu .id untuk Indonesia. Banyak yang berlomba-lomba mendapatkan nama domain strategis.

Karena belum banyak yang menggunakan domain ini, peluang anda untuk mendapatkan nama-nama yang bagus masih terbuka lebar.

5. Menjadi Vlogger Profesional

Vlogger-Blog
Sumber Gambar : https://cdn.moneysmart.id/

Tahukah Anda? Pekerjaan sebagai vlogger nyatanya sangat menguntungkan, lho! Apa itu Vlog? Vlog adalah singkatan dari video blog.

Vlog tidak jauh berbeda dengan blog, jika blog di kemas dalam bentuk artikel makan vlog di kemas dalam bentuk video.

Anda bisa membuat video dengan konten mulai dari, review produk, wisata kuliner, travelling, kehidupan pribadi dan lain sebagainya.

Generasi milenial nampaknya mulai beramai-ramai menekuni vlog. Untuk menekuninya modal utamanya adalah Anda harus mempunyai kamera.

Dalam membuat vlog anda harus mempunyai rasa percaya diri dan harus kreatif. Anda harus mempunyai kemampuan mengedit video.

Ya, gunakanlah efek-efek unik di video Anda agar hasilnya lebih maksimal. Jika sudah, maka unggah ke situs penyedia konten video.

Anda bisa mengunggahnya secara gratis, lho! Semakin menarik video yang dibuat, maka yang melihat pun akan semakin banyak.

Kalau yang melihat video Anda sudah semakin banyak. Uang jutaan rupiah pun bisa Anda dapatkan.

Itu adalah beberapa referensi bisnis online modal kecil yang bisa and kerjakan. Kira-kira bisnis online mana yang akan anda pilih?

Dalam dunia bisnis agar Anda tetap eksis kuncinya adalah Jangan mudah menyerah ketika gagal atau belum mendapatkan banyak klien. Perlu kerja keras dan kegigihan agar mendapatkan keuntungan puluhan kali lipat.

Advertisement

Baca Juga : Mengenal Digital Marketing dan Pentingnya Untuk Penjualan Di Era Digital Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *