Keuangan

Cara Mudah Daftar Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Apa saja Persyaratannya?

Dalam upaya melindungi seluruh tenaga kerja dari risiko sosial ekonomi. Pemerintah Indonesia ahirnya membangun sebuah badan hukum yaitu BPJSTK ( Badan Penyelenggara...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan. Image via Okezone photo

Dalam upaya melindungi seluruh tenaga kerja dari risiko sosial ekonomi. Pemerintah Indonesia ahirnya membangun sebuah badan hukum yaitu BPJSTK ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakrjaan ). Fokus utama program sosial pemerintah ini adalah para tenaga kerja atau pegawai, baik sipil maupun swasta.

Advertisement

Asuransi untuk tenaga kerja sangat dibutuhkan karena setiap orang tidak bisa selamanya bekerja. Entah itu karena hal-hal yang tak diduga maupun karena harus pensiun. Mekanisme layanannya pun sama dengan asuransi sosial lainnya.

Sebelumnya BPJSTK bernama Jamsostek ( (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Pengelolanya adalah PT Jamsostek (Persero). Perubahan Jamsostek menjadi BPJSTK berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS sejak 1 Januari 2014. BPJSTK mulai aktif pada tanggal 1 juli 2015.

Pemerintah mewajibkan setiap perusahaan untuk mendaftarkan tenaga kerjanya ke dalam progam BPJSTK. Intruksi dari pemerintah bertujuan agar para tenaga kerja baik itu swasta maupun negri mendapatkan jaminan sosial sesuai dengan apa yang mereka butuhkan

Jenis-Jenis Program BPJS Ketenagakerjaan

BPJSTK memiliki berbagai jenis pragram yang dapat dinikmati oleh tenaga kerja di Indonesia. Berikut penjelasannya :

1. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Program JKK memberikan manfaat perlindungan tenaga kerja dari kecelakaan dalam bekerja. Contohnya, saat kunjungan dinas terjadi kecelakaan atau kecelakaan yang terjadi ketika berada di ruang produksi.

2. Program Jaminan Kematian (JKM)

Program JKM memberikan manfaat berupa uang tunai yang akan diberikan kepada ahli waris dari peserta yang sudah meninggal dunia ketika kepesertaan dinyatakan masih aktif dan tidak disebabkan oleh kecelakaan kerja.

3. Program Jaminan Pensiun (JP)

Program JP mempunyai manfaat apabila pesertanya memasuki usia pensiun, cacat tetap total, atau meninggal dunia ia akan mendapatkan uang setiap bulannya

4. Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Program ini memberikan manfaat dalam bentuk uang tunai yang jumlahnya sesuai dengan akumulasi iuran ditambah dengan hasil pengembangannya yang dapat digunakan untuk jaminan hidup di hari tua nanti.

Cara Bergabung Menjadi Peserta BPJSTK

Biasanya untuk karyawan perusahaan sudah di daftarkan oleh perusahaan. Bagaimana dengan pekerja wiraswasta? Beikut akan di jelaskan bagaimana cara mendaftar menjadi peserta BPJSTK.

Syarat – Syarat yang Harus di Lengkapi.

  1. Surat izin usaha dari kelurahan setempat.
  2. Salinan KTP masing-masing pekerja.
  3. Salinan KK / Kartu Keluarga masing-masing pekerja.
  4. Pas foto warna masing-masing pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar.

Cara Mendaftar Menjadi Peserta BPJSTK.

  1. Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Pada pojok kanan atas, pilih menu “Daftarkan Saya”. Disana akan ada tiga pilihan, pilih “Individu (Pekerja BPU).
  3. .Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi 4 langkah registrasi yakni Informasi Pekerja, Profil Pekerja, Konformasi Pendaftaran, Pembayaran.
  4. Bila registrasi selesai, maka proses pendaftran online pun selesai. Setelahnya, Anda hanya tinggal membawa dokumen yang diminta ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Membayar Iuran BPJS.

Diatas adalah ulasan singkat mengenai BPJS Ketenaga kerjaan. Apabila anda belum mendaftar, segeralah Segeralah untuk mendaftar dalam program asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk para tenagakerja ini.

Advertisement

Apabila Anda sudah bergabung ke BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda bisa masuk dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *