Pekerjaan

Perusahaan dengan Budaya Kerja yang Positif

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang unik dan berbeda satu sama lain. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai sebuah perusahaan dan dapat membawa dampak...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
budaya kerja
budaya kerja
Budaya kerja. Sumber www.google.com

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang unik dan berbeda satu sama lain. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai sebuah perusahaan dan dapat membawa dampak positif bagi karyawannya.

Dengan demikian diharapkan kinerja karyawan menjadi lebih produktif.  Maka akan terbentuk relasi antar karyawan dan gaya kepemimpinan di suatu organisasi yang baik.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk bekerja di perusahaan startup, karena terkenal memiliki lingkungan yang asyik dan modern. Budaya perusahaan yang baik akan mendorong semangat bekerja karyawan dan dapat membantu sebuah bisnis memenangkan persaingan.

Singkatnya, budaya kerja merupakan konsep yang mengatur perilaku serta mewakili nilai kolektif, keyakinan, dan prinsip dari anggota organisasi.

Ciri- ciri Perusahaan dengan Budaya Kerja yang Baik

 Budaya kerja yang baik akan menciptakan lingkungan yang nyaman dan akan berdampak pada produktifitas karyawan. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri nya.

Lingkungan Kerja Produktif

 Lingkungan kerja seperti ini bisa di nilai dari karyawannya. Apabila mereka merasa senang dan menikmati suasana saat bekerja bisa jadi ini merupakan tanda bahwa mereka nyaman dengan suasana kantor yang kondusif

Komunikasi yang Terbuka dan Jujur

 Apabila setiap karyawan mampu menciptakan komunikasi yang jujur, terbuka terhadap feedback, serta bahu membahu untuk menyelesaikan suatu masalah, maka itu menandakan budaya kerja yang positif di suatu perusahaan.

Suasana yang Seru

Terkadang dengan tertawa bersama dan menikmati candaan di tengah-tengah penatnya bekerja. Karyawan akan merasa rileks dan lebih tidak stress dibandingkan mereka yang hanya serius bekerja selama seharian penuh.

Ada Penghargaan dan Motivasi

Dengan memberikan penghargaan dan motivasi berupa bonus, promosi, sertifikat, atau hadiah lainnya kepada karyawan yang sudah berjasa bagi perusahaan. Karyawan akan merasa lebih dihargai.tiak menutup kemungkinan akan meciptakan loyalitas karyawan.

Kerjasama yang Baik

Lingkungan kerja yang baik diharapkan mampu mendorong karyawan untuk membangun tim dengan kerjasama yang baik. Berkompetisi boleh, tapi bukan berarti harus dilakukan secara negatif.

Baca juga : Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

Contoh Perusahaan dengan Budaya Kerja yang Positif

Bagaimana budaya kerja yang baik ? Setiap orang atau perusahaan tentunya memiliki pandangan tersendiri mengenai bagaimana yang baik. Berikut ini ada beberapa contoh budaya kerja yang baik, yang telah dilakukan oleh beberapa perusahaan besar.

Apple

Di belakang layar kesuksesan  perusahaan gadget premium, para karyawan Apple memiliki budaya kerja yang mengharuskan karyawannya untuk terus berinovasi. Setiap individu harus bekerja sebaik mungkin agar dapat menciptakan produk teknologi tanpa batas bagi konsumennya.

Twitter

Perusahaan sosial media yang berbasis di San Fransisco ini sering mengadakan rooftop meeting agar menjadi lebih produktif dan terinspirasi.

Twitter punya banyak cara untuk menyenangkan karyawannya, termasuk budget traveling tak terbatas, kelas yoga, serta makanan gratis. Meski begitu, staff perusahaan ini sangat mencintai pekerjaan mereka, sampai-sampai tidak akan pulang sebelum tugas mereka selesai.

Google

Google berpegang teguh pada filosofi mengedepankan lingkungan kerja yang casual bahkan terkesan santai. Pihak Google pun tidak melarang para stafnya untuk bertemu langsung dengan para board of directors perusahaan dengan menggunakan casual outfit demi kemajuan bersama.

Ketiga perusahaan diatas membuktikan bahwa bekerja bisa menjadi asyik, menarik dan karyawan pun tetap semangat untuk pergi ke kantor, apalagi jika didukung dengan desain kantor yang modern dan keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *