Tutorial

5 Cara Mudah Membayar Iuran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah salah satu asuransi plat merah yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sebagian masyarakat di Indonesia hampir di...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
cara bayar bpjs
bayar bpjs
bayar bpjs

BPJS Kesehatan adalah salah satu asuransi plat merah yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sebagian masyarakat di Indonesia hampir di pastikan menggunakan BPJS Kesehatan jika sedang jatuh sakit.

Advertisement

BPJS Kesehatan sendiri memiliki beberapa macam iuran yang harus dibayarkan tiap bulannya. Nominal iuran yang harus di bayar bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yaitu sebesar Rp42.000 untuk kelas III, Rp110.000 untuk kelas II, dan Rp160.000 untuk kelas I.

Selaku pengelola program, BPJS juga memperhatikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta dan pengecekan nominal yang harus dibayarkan dan cara bayar iuran BPJS.

Cara Mudah Membayar Iuran BPJS

Membayar bpjs sudah menjadi kewajiban peserta BPJS yang golongan mandiri setiap bulannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan Anda.

Melalui ATM

Peserta dapat membayar iuran secara langsung melalui ATM. BPJS sudah bekerja sama dengan beberapa bank, seperti Bank BCA, BNI, BRI Mandiri dan BTN.

Tentunya Ini akan lebih memudahkan para peserta dalam proses pembayaran tanpa harus antri di loket kantor BPJS. Selain melalui ATM, Anda juga dapat melakukan pembayaran melalui mobile banking.

Misalnya, dengan BNI Mobile Anda bisa Anda bisa memilih M-Payment lalu pilih BPJS Kesehatan. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan nomor pembayaran.

Lewat Alfamart dan Indomaret.

Peserta BPJS juga dapat membayar iuran melalui Alfa Mart, Indomaret dan beberapa agensi lainya. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi dalam membayar iuran tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Nantinya pihak kasir akan menanyakan kartu anda atau nomor kartu anda dan juga nomor hp anda. Para peserta akan dikenakan biaya admin Rp2500.

Jika kasir selesai memproses pembayaran Anda akan menerima tanda terima berupa struk pembayaran. Simpan tanda terima pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran iuran BPJS.

Melaui Aplikasi JKN-KIS.

BPJS Kesehatan telah mengembangkan fungsi pembayaran online melalui aplikasi ponsel JKN-KIS. Melalui aplikasi ini, selain bisa melakukan pembayaran, fitur JKN-KIS juga bisa untuk pendaftaran dan penggantian kelas.

Iuran pembayaran  lewat aplikasi ponsel JKN menggunakan sistem auto debit dapat dilakukan lewat Bank (Bank Mandiri) dan non-perbankan (mobile cash). Caranya, peserta dapat mendaftarkan autodebit lantas melakukan pembayaran iuran JKN-KIS

Melalui e-commerce.

Di era digital sekarang ini iuran BPJS sudah bisa dibayar secara Online. Anda bisa membayar biaya iuran melalui e-commerce yang sudah bermitra dengan BPJS.

Beberapa e-commerce sudah bekerja sama antara lain, Gopay, ovo, Dana, dan Traveloka Tokopedia. Hanya dengan menginstal dan membuat akun di salah satu aplikasi e-commerce, ikuti langkahnya satu persatu dan selesaikan pembayaran.

Melalui Kantor Pos.

Pihak BPJS juga mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna layanan BPJS Kesehatan yang tinggal di daerah.

Bagi peserta yang tinggal di daerah pedesaan tidak perlu khawatir karena BPJS telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Kerja sama yang dilakukan dengan PT Pos Indonesia tentu akan memudahkan para peserta yang tinggal di daerah pedesaan untuk bisa mengakses pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah.

Advertisement

Itulah beberapa cara bayar tagihan iuran BPJS Kesehatan, silakan Anda pilih yang sering Anda gunakan dan menurut Anda itu cukup mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *