Keuangan

4 Cara Bayar Kartu Kredit BCA via Teller, ATM, Internet Banking dan M-Banking BCA

Cara bayar kartu kredit BCA – BCA merupakan salah satu bank yang cukup ternama di Indonesia dan sudah memiliki banyak sekali nasabah...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Teller BCA
ATM bca
Sumber Gambar : https://mmc.tirto.id/

Cara bayar kartu kredit BCA – BCA merupakan salah satu bank yang cukup ternama di Indonesia dan sudah memiliki banyak sekali nasabah yang tersebar di seluruh wilayah negeri ini.

Advertisement

Nah, BCA memiliki layanan produk bernama kartu kredit. Bagaimana ya cara bayar tagihan kartu kredit BCA untuk pengguna baru?

Dengan jumlah pengguna kartu kreditnya yang amat banyak, BCA mempunyai beragam layanan yang memudahkan pemegang kartu untuk melakukan pembayaran tagihan. Ada 4 cara untuk membayar tagihan kartu kredit BCA. Apa sajakah itu?

1. Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui ATM

Pertama, Anda bisa memanfaatkan ATM BCA untuk membayar tagihan kartu kredit BCA Anda. Beberapa proses pembayaran tagihan kartu kredit menggunakan mesin ATM adalah:

  • Datanglah ke gerai ATM Bank BCA yang ada di sekitar Anda.
  • Setelah itu, masukkan kartu ATM ke mesin kemudian ketikkan nomor pin kartu Anda.
  • Mesin akan menampilkan beberapa menu, pilihlah menu bertuliskan “Transaksi Lainnya”.
  • Setelahnya,pilihlah menu bertuliskan “Pembayaran”.
  • Pilihlah menu “Kartu Kredit” dan setelah itu Anda bisa memilih BCA.
  • Masukkanlah nomor kartu kredit BCA Anda sebanyak 16 digit.
  • Setelah itu, mesin akan memunculkan tagihan yang harus dibayarkan oleh pengguna. Sebelum melakukan proses pembayaran, Anda bisa mengecek informasi yang ada di layar mesin seperti detail nomor kartu kredit, jumlah tagihan, nomor,dan nama kartu kredit Anda. Apabila merasa semuanya sudah sesuai, maka Anda bisa menekan tulisan “Benar”.
  • Jika pembayaran telah berhasil, maka limit pada kartu kredit BCA Anda akan otomatis bertambah. Anda bisa menggunakan limit yang telah ditambahkan ke kartu kredit BCA untuk berbelanja.

Baca juga : Cara Bayar BPJS Lewat ATM : BRI, Mandiri, BCA dan BNI

2. Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui M-Banking BCA

Apabila Anda malas untuk keluar mencari gerai ATM BCA di sekitar rumah, maka Anda bisa memanfaatkan M-Banking BCA.

Pastikan sebelumnya Anda sudah mendaftarkan nomor handphone dan rekening ke BCA, ya.

Jadi, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi M-Banking BCA di smartphone. Jika belum mempunyai aplikasinya, berikut adalah rangkaian proses pembayaran tagihan kartu kredit melalui M-Banking BCA:

Unduh Aplikasi M-Banking BCA

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi M-Banking BCA ini di play store untuk pengguna Android, jika Anda adalah pengguna iPhone, maka unduh aplikasi ini di AppStore. Aplikasi M-Banking BCA gratis untuk diunduh.

Masukkan Nomor Kartu BCA

Apabila aplikasi sudah terinstal di smartphone, maka masukkan detail nomor kartu BCA Anda untuk bisa terhubung dan login ke aplikasi M-Banking.

Masukkan Kode Akses

Setelah memasukkan nomor kartu BCA, maka Anda harus memasukan kode akses M-Banking BCA minimal 6 digit untuk keamanan.

Gunakan kombinasi huruf dan juga angka agar tidak sembarang orang bisa membuka aplikasinya.

Pastikan Anda selalu mengingat kode aksesnya ya, sebab ketika hendak masuk ke aplikasi, Anda harus memasukkan kode akses ini.

Jika Anda lupa kode aksesnya, maka otomatis tidak bisa menggunakan berbagai fitur dan layanan dari aplikasi M-Banking BCA.

Masuk pada Menu M-Payment

Setelah Anda masuk ke aplikasi, maka pilihlah menu yang bertuliskan “BCA Mobile”, kemudian tekan opsi M-Payment dan tekan menu “Kartu Kredit”.

Masukkan Nomor Kredit BCA

Setelah masuk menu “Kartu Kredit”, maka Anda bisa memilih kolom bank dengan opsi “BCA”. Baru setelah itu, Anda  memasukkan detail nomor kredit BCA Anda dan tekan “Send”.

Masukkan Jumlah Tagihan Kartu Kredit Anda

Setelah memasukkan detail nomor, maka aplikasi akan memunculkan informasi pengguna kartu kredit. Masukkan berapa total tagihan kartu kredit yang hendak Anda bayarkan.

Masukkan PIN

Setelah yakin dengan nominal yang hendak dibayarkan, maka pilihlah menu “OK”. Setelah itu, aplikasi akan mengarahkan Anda untuk memasukkan PIN M-Banking BCA, kemudian pilihlah menu “OK” lagi.

Apabila Anda telah menyelesaikan semua proses tagihan kartu kredit, maka aplikasi akan memberikan notifikasi bahwa proses pembayaran telah berhasil. Artinya, limit kartu kredit BCA Anda otomatis akan ditambahkan.

3. Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui Internet Banking BCA

Cara lainnya yang tidak mengharuskan Anda keluar untuk membayar tagihan kartu kredit adalah Internet Banking BCA. Anda bisa membayar tagihan kartu kredit dari mana saja, dan tentunya kapan saja Anda mau.

Hadirnya internet banking atau bisa disebut i-Banking memudahkan para pengguna BCA untuk  melakukan transaksi apapun.

Mulai dari mentransfer ke rekening sesama BCA, bank lain, maupun membayar sejumlah tagihan, termasuk kartu kredit.

Bagi Anda yang bingung dengan cara membayar tagihan kartu kredit dengan layanan i-Banking, berikut adalah beberapa prosesnya:

  1. Bukalah browser melalui smartphone atau bisa juga di laptop.
  2. Setelah itu,bukalah situs klikbca.com dan login ke akun Anda dengan memasukkan nomor kartu kredit dan kata sandi.
  3. Jika sudah masuk ke halaman klik BCA, maka Anda bisa memilih menu bertuliskan “Kartu Kredit”.
  4. Barulah setelah itu Anda memasukkan detail nomor kartu kredit BCA Anda lagi dan tekan menu “Lanjutkan”.
  5. Masukkan berapa jumlah tagihan kartu kredit yang harus Anda bayarkan, baru setelah itu pilihkan opsi “Lanjutkan”.
  6. Anda bisa mengaktifkan KeyBCA,setelah itu masukkanlah PIN dan tekan opsi “APPLY 1”.
  7. Setelah itu, Anda perlu memasukkan kode respon yang nantinya muncul pada halaman KeyBCA pada kolom yang sudah ada di halaman. Jika sudah mengetikkan kode responnya, maka pilihlah opsi “Kirim”.
  8. Apabila proses pembayaran tagihan kartu kredit Anda sudah berhasil,maka nantinya akan muncul keterangan bahwa transaksi telah berhasil.

Sayangnya, menggunakan opsi i-banking BCA ini memiliki kekurangan karena pengguna haruslah menggunakan token atau KeyBCA. Otomatis, jika token ini mengalami error, maka proses pembayaran tagihan Anda gagal.

Baca Juga : Cara dan Syarat Untuk Membuka Tabungan Rekening BCA

4. Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui Teller BCA

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melalui teller BCA. Mungkin cara satu ini terbilang mudah, namun membutuhkan kesediaan waktu yang tinggi.

Anda yang tentunya tidak memiliki banyak waktu, cara satu ini kurang cocok digunakan.

Sebaliknya, bagi orang yang usianya mungkin sudah senja dan tidak paham i-Banking atau m-Banking, dan mempunyai banyak waktu, mendatangi kantor cabang BCA adalah pilihan yang tepat.

Cara melakukan pembayaran melalui teller BCA sendiri amatlah mudah, yakni:

  1. Datanglah ke BCA terdekat dan ambil antrean ke teller.
  2. Tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil oleh sistem.
  3. Sampaikan kepada teller BCA mengenai tujuan Anda yang hendak membayar tagihan kartu kredit.
  4. Teller akan menyampaikan total tagihan dan berikan sejumlah uang tunai kepada teller.
  5. Proses pembayaran akan diselesaikan oleh teller dan jika berhasil, limit kartu kredit akan ditambahkan secara otomatis ke kartu Anda.

Dari 4 cara bayar tagihan kartu kredit BCA yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih mana yang menurut Anda paling mudah dan terbilang efisien.

Advertisement

Baik melalui teller, ATM, m-banking maupun i-banking BCA, semuanya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.