Tutorial

Cara Mudah Bayar Pajak kendaraan di Samsat Online Melalui Aplikasi

SAMOLNAS atau samsat online nasiolal merupakan layanan yang di gunakan untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
bayar pajak online
bayar pajak online
Sumber Gambar : https://www.ourhkfoundation.org.hk/

SAMOLNAS atau samsat online nasiolal merupakan layanan yang di gunakan untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile.

Advertisement

Cara Penggunaan Aplikasi Samsat Online Nasional

aplikasi samsat online
Sumber Gamar : https://play.google.com/

Berikut cara mudah membayar pajak kendaraan online melalui aplikasi Samsat Online dirangkum dari berbagai sumber ;

  1. Unduh aplikasi “Samsat Online Nasional” di Google Playstore.
  2. Instal aplikasinya di smartphone.
  3. Setelah terinstal, pemohon akan memasuki halaman utama aplikasi lalu Klik “mulai’ dan pilih “daftar”.
  4. Pemohon diharuskan mengisi data di kolomyang tersedia antara lain nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir kendaraan, dan kemudian request kode bayar.
  5. Tunggu sebentar proses verifikasi berlangsung sekitar satu menit. Apabila data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap termasuk besaran pajak yang harus di bayarkan pemilik kendaraan.
  6. Pemohon mendapatkan SKKP elektronik dan kode bayaryang hanya berlaku 2 jam.
  7. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank,mobile banking atau ATM yang sudah bekerja sama dengan samolnas. Berikut ini sejumlah bankyang suda bekerja sama di antaranya BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan ecommerce Tokopedia. Untuk setiap transasinya pemohon dikenakan biaya administrasi Rp 5.000.
  8. Pemohon akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNKyang akan dikirim melalui e-mail. Dokumen tersebut hanya berlaku selama satu bulan.
  9. Pemohon bisa mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK secara fisik yang akan dikirimkan ke alamat rumah pemohon sesuai dengan alamat yang tertera pada STNK. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari.

Hanya Berlaku Untuk Pajak Tahunan.

Sebagai informasi, cara bayar pajak kendaraan online melalui aplikasi ini hanya berlaku untuk pajak tahunan. Harus dicatat juga, pemohon tidak mengalami keterlambatan lebih dari 1 tahun.

Jika pajak kendaraan tersebut sudah lewat dari 1 tahun, maka pembayaran pajak tidak bisa dilakukan secara online. Pemohon wajib mendatangi Samsat keliling atau Samsat yang ada untuk membayar denda terlebih dahulu.

Itulah cara bayar pajak kendaraan online melalui aplikasi Samolnas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement

Baca Juga : Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Melalui Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *