Gaya Hidup

13 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien agar Cepat Paham  

Cara belajar yang efektif – Belajar merupakan kewajiban untuk siswa dan mahasiswa yang memiliki predikat sebagai pelajar. Advertisement Kegiatan belajar bisa menjadi...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
belajar agar cepat paham
belajar yang efektif
Sumber Gambar : medium.com

Cara belajar yang efektif – Belajar merupakan kewajiban untuk siswa dan mahasiswa yang memiliki predikat sebagai pelajar.

Advertisement

Kegiatan belajar bisa menjadi sangat membosankan, terutama menjelang ujian. Supaya bisa benar-benar memahami materi pelajaran, maka Anda harus tahu bagaimana cara belajar yang efektif.

Tuntutan belajar keras demi mendapatkan nilai bagus, memang seringkali menjadi beban bagi pelajar. Apalagi, kalau metode belajar yang diterapkan monoton.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengetahui cara membuat kegiatan belajar menjadi lebih santai dan menyenangkan.

Daftar Cara Belajar yang Efektif

cara belajar yang efektif
Sumber Gambar : ucem.ac.uk

1. Mengulang Pelajaran Secara Berkala

Supaya waktu belajar bisa lebih optimal, maka Anda dapat menerapkan teknik dengan belajar sebentar tapi dilakukan secara sering.

Para Neurosains membuktikan, jika titik temu antara berbagai terminal adalah neuron satu dengan neuron yang lain.

Hal tersebut akan membuat Anda lebih banyak mengingat dan memahami beragam hal, dan menunjukkan kemajuan signifikan.

Dengan kata lain, belajar teratur dengan dibarengi istirahat dan tidur secukupnya akan membuat belajar lebih produktif.

2. Fokus

Supaya kegiatan belajar menjadi lebih fokus, maka dibutuhkan suasana yang kondusif. Untuk menjaga konsentrasi agar tidak terganggu, sebaiknya carilah tempat nyaman dan usahakan tidak menyalakan gadget sama sekali. Jadi, Anda bisa fokus mendalami pelajaran.

Fokus dalam belajar dapat diartikan sebagai konsentrasi pada mempelajari suatu objek atau materi pelajaran, tanpa diselingi hal-hal lain yang mengganggu, seperti bermain smartphone misalnya. Dengan menerapkan fokus, maka bisa lebih cepat memahami pelajaran.

3. Merangkum Materi Pelajaran

Apabila harus belajar secara manual dengan membaca beberapa buku pelajaran sekaligus, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

Selain itu, besar kemungkinan kalau akan sering lupa karena banyaknya bahan bacaan yang kurang perlu. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa membuat catatn rangkuman intisari yang ada di buku.

Setelah itu, barulah mulai mempelajari poin-poin penting dalam pelajaran. Hal ini akan mempermudah proses memahami dan mengingat materi pembelajaran.

4. Belajar Sambil Praktek

Sudah bukan rahasia umum, apabila belajar memang kerap membuat bosan. Salah satu solusi yang bisa diaplikasikan adalah dengan menerapkan metode belajar sembari praktek atau latihan. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa bosan dalam memahami pelajaran.

Praktek juga tidak harus dilakukan di dalam ruangan, Anda bisa juga berpura-pura untuk melakukan kegiatan latihan outdoor.

Contoh, dalam belajar pelajaran IPA materi Botani, maka dapat dilakukan sembari mengamati tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar rumah.

5. Belajar Kelompok

Tanpa disadari, aktivitas belajar bersama dapat memicu semangat untuk bisa menguasai mata pelajaran tertentu.

Apalagi, jika dalam proses tersebut terjadi kompetisi sehat untuk saling mengadu intelegensi, sudah pasti kegiatan belajar jadi semakin seru.

Di sisi lain, belajar bersama juga akan menghadirkan suasana santai sehingga otak menjadi lebih rileks dalam menyerap materi pelajaran.

Sementara apabila ada salah satu orang yang belum paham, maka teman lainnya yang lebih paham dapat membantu mengajari.

6. Fokus Memahami Bukan Menghafal

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sebagian besar siswa atau mahasiswa akan lebih fokus menghafal saat belajar, terutama saat menjelang ujian.

Sedikit yang memahami, bahwa sebenarnya teori tersebut kurang efektif dan seringkali mendatangkan kegagalan.

Akan jauh lebih baik jika Anda fokus pada memahami materi yang mana akan lebih melekat dalam ingatan, dibandingkan menghafal dan kemudian lupa.

Untuk hasil lebih maksimal, maka Anda bisa membaca materi berulang-ulang sejak jauh hari sebelum ujian dilaksanakan.

7. Membuat Catatan dan Tempelkan di Tempat yang Sering Dilalui

Cara belajar yang efektif selanjutnya adalah dengan membuat catatan inti materi suatu pelajaran, lalu fotocopy menjadi beberapa rangkap.

Usahakan Anda mencatatnya dengan cara menulis tangan supaya lebih mudah dalam memahami isi materi.

Semakin sering Anda membaca suatu materi, maka semakin besar pula kemungkinan bagi Anda untuk bisa memahaminya.

Metode sederhana ini dapat dicoba diterapkan, yaitu membuat ringkasan catatan penting, lalu tempat di tempat-tempat yang sering dilewati.

8. Mengerjakan Latihan

Setelah belajar beberapa waktu, akan lebih baik jika diselingi dengan mengerjakan latihan soal secara rutin.

Hal ini bertujuan untuk mengasah kepekaan ingatan dan otak mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya. Jadi, bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki.

Supaya menghadirkan kesan “surprise”, maka Anda bisa mengunduh materi soal yang dibutuhkan dari beberapa situs di internet, maupun aplikasi test soal.

Setelah selesai mengerjakan, segera lihat nilai yang didapatkan dan mana saja yang perlu diperbaiki.

9. Memprioritaskan Materi Pelajaran Paling Sulit

Setiap orang sudah pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dalam memahami materi pelajaran.

Contoh mudahnya, si A unggul dalam bidang Matematika, namun tidak begitu paham dalam mata pelajaran IPS, hal ini merupakan sesuatu yang wajar.

Lantas, bagaimana supaya bisa menyelesaikan soal dari materi yang kurang dipahami? Mudah saja, saat belajar Anda dapat memprioritaskan materi yang paling tidak dikuasai. Setelah cukup paham, barulah beralih ke materi pelajaran kesukaan Anda.

10. Tidur Cukup

Meskipun kelihatan sangat sepele, namun aktivitas tidur cukup di malam hari dapat memberikan pengaruh penting bagi tubuh.

Istirahat dan tidur dalam porsi cukup adalah salah hal yang memiliki pengaruh penting dalam proses penyimpanan informasi dalam otak.

Sebuah riset yang dilakukan Universitas Harvard menyebutkan, bahwa mahasiswa yang memiliki istirahat cukup pada malam hari bisa mengingat materi pelajaran 35% lebih baik, jika dibandingkan dengan mahasiswa yang kurang istirahat karena belajar di malam hari.

11. Menerapkan Metode Belajar FEYNMAN

Secara umum, metode ini dapat dipahami sebagai teknik menggunakan bahasa sederhana dan ringkas. Teknik FEYNMAN sangat cocok untuk tipe orang yang suka belajar sembari berinteraksi.

Terdapat 4 siklus dalam teknik ini, yang terdiri atas:

  • Memilih sebuah materi.
  • Mengajarkan materi dengan bahasa yang disederhanakan kepada orang awam.
  • Memeriksa bagian yang kurang dikuasai.
  • Mempelajari bagian tersebut dan mengulangi tahap latihan.

12. Membuat Suasana Belajar Nyaman

Membangun sebuah suasana belajar yang nyaman dan tenang sangat penting, untuk menjaga supaya kegiatan memahami pelajaran tetap kondusif.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membangun suasana nyaman tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Belajar sambil mendengarkan musik yang disukai.
  • Mencari ruang belajar yang nyaman.
  • Belajar di tempat sepi dan menenangkan, seperti di pinggir danau, kafe, dsb.

13. Olahraga

Meskipun kelihatannya tidak nyambung, tapi sebenarnya olahraga memiliki segudang manfaat terhadap otak yang berhubungan dengan proses cara kerja otak dalam menangkap informasi baru. Jadi, bukan hanya bisa membuat pikiran lebih fresh saat menghadapi ujian.

Anda bisa memilih menerapkan olahraga yang bersifat santai, seperti berenang dan jogging, yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan tenaga dalam jumlah besar.

Setelah mengetahui beberapa cara belajar yang efektif di atas, maka Anda bisa mulai menyusun ulang jadwal dan metode belajar yang akan diaplikasikan.

Hal tersebut dikarenakan, belajar efektif akan mempermudah proses penyerapan materi pelajaran sehingga lebih diingat oleh otak.

Advertisement

Semoga informasi di bermanfaat dan jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.