Tutorial

Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Saldo BPJS Jaminan Hari Tua (JHT) selalu bertambah per bulannya. Penambahan saldo tersebut berasal dari pemotongan gaji peserta dan iuran perusahaan. Advertisement BPJS...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
login-bpjs-ketenagakerjaan
login-bpjs-ketenagakerjaan
login-bpjs-ketenagakerjaan

Saldo BPJS Jaminan Hari Tua (JHT) selalu bertambah per bulannya. Penambahan saldo tersebut berasal dari pemotongan gaji peserta dan iuran perusahaan.

Advertisement

BPJS Ketenagakerjaan memungut iuran dari 2% dari penerima upah dan 3,7% dari pemberi upah setiap bulannya. Seluruh iuran JHT ini disetorkan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan.

Banyak peserta BPJSTK yang penasaran berapa isi saldonya karena per gajian selalu dipotong buat bayar premi JHT. Nah, buat peserta yang mau klaim JHT, ada baiknya mengecek dan memastikan dulu besaran saldo JHT miliknya

Lalu, bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut?.

5 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Cara Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS.

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan cara mengecek saldo JHT melalui SMS. Dalam layanan ini terdapat dua langkah yang harus dilakukan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS dapat dilakukan melalui nomor 2757.

Sebelumnya, kamu harus mendaftar lewat SMS dengan mengetikkan Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada).

Lalu, kirim ke 2757. Setelah itu, peserta dapat mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) no peserta, lalu kirim ke 2757.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU.

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilihat lewat bisa melalui aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini dapat diunduh untuk Android, iOS, dan BlackBerry.

Setelah mengunduh aplikasi BPJSTKU, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini bertujuan agar kamu mendapatkan PIN. Berikut, syarat untuk registrasi di aplikasi BPJSTKU.

  • Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan).
  • NIK e-KTP.
  • Tanggal lahir.
  • Nama.

Setelah terdaftar, peserta BPJS Ketenagakerjaan baru dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via kantor BPJS Ketenagakerjaan, menjadi cara yang paling sederhana.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan cukup membawa persyaratan seperti kartu peserta dan KTP untuk mengecek saldo dan pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website.

Anda cukup mengakses website BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan segala informasi yang diinginkan, termasuk saldo yang Anda miliki.

Sebeum dapat mengecek saldo melalui website BPJS Ketenagakerjaan Anda terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran, dengan mengisi data diri.

Apabial berhasil, Anda akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui email atau SMS. Jika sudah terdaftar, Anda bisa cek saldo Anda melalui website. Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via website.

  • Masuk ke laman https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Masukkan alamat email yang terdaftar di kolom user.
  • Kemudian masukkan kata sandi.
  • Setelah masuk, pilih menu layanan.
  • Pilih cek saldo JHT.
  • Masukkan PIN yang dikirim melalui email dan SMS tadi.
  • Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda pun sekarang sudah bisa dilihat.

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI.

Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI. Akan tetapi layanan ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut.

Di ATM BNI, Anda bisa memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia, maka kemudian mesin ATM akan menunjukan jumlah yang Anda miliki.

Cara ini merupakan cara bisa praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan nasabah BNI.

Itulah tadi informasi seputar cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan. Apabila kamu mencairkan saldo BPJS, maka kamu sudah tidak punya proteksi lagi.

Anda  harus leih bijak lagi mengelola uang pencairan BPJS Ketengakerjaan ini, jangan pernah menghabiskan uang ini dengan sesuatu yang tidak terlalu penting.

Asuransi sangat bermanfaat dalam kehidupan karena kamu akan meperoleh perlindungan maksimal dengan biaya yang terjangkau.

Advertisement

Baca Juga : Cara Mudah Membayar Iuran BPJS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *