Bisnis

Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula Beserta Tips dan Trik Agar Cepat Laku

Advertisement Cara jualan di lazada – Lazada adalah salah satu marketplace terbesar di indonesia sama seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Produk yang...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
cara jualan di lazada

"strategi

Advertisement

Cara jualan di lazada – Lazada adalah salah satu marketplace terbesar di indonesia sama seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Produk yang ditawar di Lazada cukup beragam dan banyak diminati oleh warga.

Sama seperti marketplace lainnya, Lazada juga memberi kemudahan bagi para pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya.

Saat ini memasarkan produk secara online di marketplace menjadi pilihan tepat para pelaku bisnis.

Bukan tanpa alasan, seperti yang kita tahu minat konsumen untuk berbelanja secara online semakin tinggi, artinya pasar online dinilai lebih menjanjikan daripada pasar offline.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha dengan memanfaatkan platform e-commerce seperti Lazada , yaitu lebih hemat waktu, biaya sewa tempat, tenaga, dan jangkauan pasar yang luas.

Cara berjualan di Lazada untuk pemula

cara jualan di lazada
cara jualan di lazada

Nah, bagi para pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya di Lazada, baca penjelasan cara jualan di Lazada berikut:

Mendaftarkan di Lazada

Sama seperti marketplace lainya, Anda harus melakukan pendaftaran dahulu di lazada.co.id. Untuk tahapan pendaftarnya ialah:

  • Buka situs web resmi Lazada.co.id
  • Click menu Jual Di Lazada, yang ada di bagian bawah halaman Utama
  • Click Daftar sekarang
  • Isi kolom registrasi sesuai petunjuk dengan benar
  • Aktivasi akun
  • Upload kartu identitas diri, seperti KTP dan halaman muka buku rekening tabungan yang masih aktif

Tanda tangan kontrak

Untuk lengkapi proses registrasi, calon penjual akan diberi dokumen yang berisi poin-poin kesepakatan antara Lazada dengan calon penjual.

Perhatikan poin-poin tersebut dengan seksama, jangan sampai membuat Anda merasa dirugikan di masa mendatang.

Jika sudah jelas dan setuju, tanda tangani dokumen perjanjian tersebut. Anda akan diminta untuk mengunggah kembali dokumen yang telah dibubuhi tanda tangan Anda.

Upload atau unggah photo produk

Pasang photo yang menarik supaya produk Anda nampak menarik. Untuk meyakinkan pelanggan Anda harus lengkapi toko online Anda di Lazada dengan beberapa produk yang akan dipasarkan.

Mengambil photo produk dengan angle dan penerangan yang pas supaya detil produk terlihat secara jelas.

Anda dapat mengubah photo sesuai yang di inginkan misalkan menambah watermark atau lakukan cropping.

Bagaimanakah cara mengunggah photo produk yang dipasarkan lewat Lazada?

  • Persiapkan photo produk yang berkualitas
  • Unggah photo itu sesuai perintah yang diberikan.
  • Beri informasi produk secara jelas dan pas, hingga konsumen dapat dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut dengan baik

Mulai berjualan

Sekarang toko Anda sudah siap dan tinggal menanti konsumen tiba. Pada awal pembukaan toko, umumnya Anda tidak langsung memperoleh konsumen. Hal ini benar-benar sangat lumrah. Jadi, Anda tidak perlu cemas.

Saat Anda memperoleh pesanan dari konsumen, selekasnya persiapkan barang yang diminta. Segera kirim memakai layanan pengirimann atau ekspedisi. Jangan sampai membuat konsumen setia Anda menanti terlalu lama.

Jual produk yang bermutu dan sesuai gambaran produk yang berada di toko. Janganlah sampai Anda mengirim barang yang lain sebab customer akan berasa tertipu.

Cara jualan di lazada agar cepat laku

jualan di lazada
Sumber Gambar : www.lazada.co.id

Melihat besarnya perkembanngan pasar online, pada akhirnya banyak penjual yang mulai manfaatkan marketplace untuk mengemangkan bisnisnya. Buat Anda yang ingin berjualan di lazada atau telah mempunyai lapak di marketplace ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaima cara optimisasi Lazada untuk meningkatkan penjualan. Berikut akan di jelaskan cara jualan di lazada agar cepat laku.

Posting foto produk dan beri deskripsi yang menarik

Foto produk adalah hal pertama yang di lihat oleh calon pembeli. Jadi, sebelum mengupload foto produk pastikan foto tersebut benar-benar layak dan menarik di mata konsumen.

Selain kualitas foto, Anda juga harus memberikan deskripsi singkat produk yang Anda jual seperti, spesifikasi, keuntungan membeli produk tersebut, dan cara penggunaan jika ada.

Beri informasi produk secara tepat , hingga konsumen dapat dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut dengan baik

Dengan kualitas foto yang jelas dan kelengkapan informasi yang di berikan, calon pembeli tidak akan ragu untuk membeli barang yang dia inginkan.

Jalin komunikasi yang baik dengan pembeli.

Sama seperti marketplace lainnya, Lazada juga menyediakan fitur chat untuk menghubungkan antara calon pembeli dengan penjual.

Fitur ini biasanya di gunakan oleh calon pembeli untuk menanyakan tentang informasi produk secara lengkap ke pihak penjual.

Umumnya, pembeli lebih menyukai penjual yang aktif dan fast response dalam menjawab pertanyaan.

Artinya, Anda harus merespons pembeli dengan lebih cepat, karena calon pembeli akan merasa senang dan dihargai ketika Anda membalas chat mereka dengan cepat.

Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon agar memudahkan pelanggan mencari Anda

Fitur ini juga bisa di jadikan media untuk berdiskusi apabila terjadi masalah.

Aktif dalam memberikan potongan harga

Potongan harga atau gratis ongkir selalu menjadi favorit pembeli. Membuat program potongan harga adalah salah satu langkah promosi paling efektif untuk meningkatkan penjualan lapak online kita.

Tak heran, banyak pemilik lapak online berlomba-lomba membuat program potongan harga besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen.

Kebanyakan pembeli sangat menyukai promo potongan harga. Manfaatkan peluang ini untuk menarik pembeli agar lebih sering bertransaksi di lapak Anda.

Anda bisa memberikan diskon untuk produk-produk tertentu. Selain promo potongan harga, Anda juga dapat memberikan promo seperti beli 1 gratis 1

Semakin sering promo diberikan, maka semakin banyak pula pembeli yang berkunjung ke lapak anda.

Meningkatkan rating dan ulasan.

Cara mudah untuk meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan meningkatkan rating dan ulasan.

Hampir 90% calon pembeli sebelum memutuskan untuk belanja selalu membaca ulasan dan melihat rating toko.

Bagaimanapun juga,calon pembeli biasanya lebih memilih lapak yang memiliki ulasan yang baik dan rating yang tinggi.

Melalui dua hal ini calon pembeli dapat menilai kualitas suatu produk dari pembeli sebelumnya.

Apabila review dan rating produk toko Anda baik, maka calon pembeli akan lebih yakin untuk membeli produk di toko Anda.

Advertisement

Demikian informasi seputar cara jualan di lazada yang bisa Anda coba. Perlu diketahui masa depan bisnis E-Commerce Indonesia sangat positif. Jadi, tidak ada salahnya menjadi bagian dari pasar e-commerce Indonesia tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *