Bisnis

Cara dan Strategi Jualan Online di Shopee bagi pemula supaya cepat laris

Cara jualan di shopee – Berjualan di marketplace sekarang ini menjadi cara paling ektif untuk mengenalkan produk usaha dengan capaian yang lebih...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Cara berjualan di shopee
Jualan online di shopee
Jualan online di shopee. Sumber Gambar : muslimobsession.com

Cara jualan di shopee – Berjualan di marketplace sekarang ini menjadi cara paling ektif untuk mengenalkan produk usaha dengan capaian yang lebih luas.

Advertisement

Salah satu marketplace yang banyak di minati penduduk indonesia adalah Shopee. Memutuskan untuk jualan di shopee saat ini adalah keputusan yang tepat. Bukan tanpa alasan, karena pengunjung Shopee di tahun 2019 bisa capai 90 juta per bulan.

Hal itu membuat Shopee sukses tempati rangking paling atas selaku marketplace berkompetisi bersama Tokopedia, dengan pengunjung paling banyak di Indonesia.

Disamping itu, Shopee berikan bermacam manfaat bagi penjual yang tergabung sebagai seller, yaitu program promosi, gratis ongkos kirim, dan bermacam macam asuransi yang diberi untuk seller dan buyer. Hingga, banyak seller berlomba jualan di Shopee.

Nah,jika kamu tertarik untuk jualan online di Shopee, kami akan menjelaskan tentang cara berjualan di shopee dan taktik tepat supaya berjualanmu laris!

Langkah – langkah berjualan di Shopee

Cara jualan di Shopee lumayan gampang, kamu hanya perlu membuat account dan upload barang daganganmu di shopee. Pembahasan secara lengkap seperti berikut.

Membuat account Shopee

Langah pertama yang wajib di lakukan adalah memiliki akun shopee, karena tanpa memiliki akun Kamu tidak bisa menjual barang daganganmu.

Artinya kamu harus mempunyai account Shopee lebih dulu. Proses pendaftaran account benar-benar gampang, kamu cukup masukkan alamat email dan

nomor hp yang masih aktif. Apabila sudah memiliki akun, Anda bisa langsung menuju ke langkah kedua.

Membuka toko

Setelah mempunyai account, kamu bisa mulai buka toko di shopee. Kamu diharuskan isi beberapa jenis info dimulai dari nama toko, gambaran singkat berkenaan toko, dan dianjurkan untuk mengupload photo profile.

Selanjutnya, Anda perlu mengatur alamat toko dan juga jasa pengiriman yang akan digunakan. Jangan lupa mengatur rekening bank untuk mencairkan penghasilan Anda.

Mengupload produk

Jika sudah membuka toko, langkah selanjutnya yang harus dikerjakan ialah mengupload photo produk yang akan dipasarkan di toko Shopee milikmu.

Sebaiknya, sebelum mengupload photo produk Kamu pastikan gambar tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat dilihat dengan jelas dan menarik bagi calon pembeli.

Berikut akan di jelaskan cara untuk mengupload photo produk. Dalam mengupload photo produk.

  • Click gambar siluet orang di bagian kanan bawah yang tertulis Saya.
  • Selanjutnya tentukan Toko Saya yang ada di sudut kanan atas.
  • Click Lebih Produk Baru untuk masukkan photo produk.Isi perincian produk, dimulai dari kelompok, harga, stock, macam, berat, dan biaya kirim.
  • Aktifkan tombol Pre-Order bila memerlukan lebih dari 7 hari untuk mengepakkan produk. Lantas, isi jumlah hari yang diperlukan untuk Pre-Order di antara 7-15 hari.
  • Tambah hashtag ke gambaran produk.
  • Click sinyal ✓ (untuk Android) atau tombol Taruh (untuk iOS).

Setelah semuanya terisi, jangan lupa klik Simpan dan Tampilkan. Sekarang produk jualanmu sudah bisa dicari dan dilihat oleh semua pengguna Shopee.

Mempromosikan Produk

Langkah terakhir yang bisa Kamu kerjakan adalah melakukan promosi tentang toko dan produkmu.

Salah satu tujuan dari promosi ialah agar barang daganganmu dilirik oleh calon customer.

Penting untuk diketahui, bahwa setiap 4 jam, Shopee memberi peluang bagi penjual untuk ‘menaikkan’ produknya.

Selain itu Kamu juga bisa bagikan link toko dan produk lewat sosial media untuk tingkatkan pemasaran produk.

Strategi berjualan online di Shopee bagi pemula supaya cepat laris

"<yoastmark

Strategi di bawah ini dapat Kamu terapkan untuk meningkatkan pendapatan dari Shopee dengan menarik lebih banyak pembeli ke lapak shopeemu.

Perbanyak produk

Jumlah produk yang Kamu jual dapat mempengaruhi omset penjualanmu lho. Karena kelengkapan produk bagi sebuah toko merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen.

Semakin lengkap produk sebuah toko maka semakin memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pastikan barang yang Kamu jual adalah produk yang banyak dicari oleh pembeli. Kamu harus pandai membaca tren yang sedang terjadi saat ini.

Perbanyak jumlah follower toko

Shopee menyediakan fitur follower dan following layaknya Instagram dan Twitter. Followers menjadi begitu berarti untuk online shop, karena sangat memengaruhi performa penjualan toko.

Bila tokomu mempunyai banyak pengikut, maka setiapKamu mengupload satu produk pengikut toko akan memperoleh pemberitahuan. Memiliki banyak follower kemungkinan produk Anda laku akan lebih besar.

Mengikuti program spesialdari Shopee

Shopee menyediakan banyak program khusus untuk para pejual. Salah satu program spesial yang sering diselenggarakan Shopee ialah flash sale.

Flash sale sendiri ialah penjualan produk yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga yang telah didiskon

Langkah untuk dapat mengikut program ini dengan menjual beberapa produk yang terhitung hot daftar, harga produk tambah murah dibanding pesaing, photo yang dipakai bermutu, dan perform toko di atas rata-rata.

Program Flash Sale ini dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee. Sehingga mengikuti program flash sale bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mendatangkan pembeli.

Manfaatkan fitur Live Chat

Fitur live chat merupakan fitur andalan yang sering di gunakan website modern saat ini.

Fitur ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan pelayana konsumen. Terutama untuk customer di Indonesia yang memang sangat suka dilayani.

Live chat bisa difungsikan untuk memberi kesan ramah tamah kepada pelanggan begitu mereka tiba di online shop mu.

Customer di era modern memang dikenal dengan karakternya yang mandiri dan multi-tasker.

Fitur live chat ini memungkinkan mereka untuk menelusuri informasi dan layanan, sekaligus melakukan percakapan langsung dengan perwakilan dari toko yang dikunjunginya.

Aktifkan feature gratis ongkos kirim.

Agar olshopmu di shopee semakin diminati oleh banyak pembeli maka pastikan Kamu menambahkan fitur gratis ongkir di akun shopeemu.

Gratis ongkos kirim merupakan salah satu fitur dan fasilitas yang membuat shopee menjadi marketplace yang populer dan banyak diminati di indonesia.

Mengaktikan fitur gratis ongkos kirim merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mendatangkan banyak konsumen

Fitur ini akan membuat pembeli ataupun penjual sama-sama akan merasa diuntungkan.Tetapi, fasilitas gratis ongkir yang diberikan oleh shopee biasanya terbatas.

Berikut kami akan menjelaskan mengenai cara aktivasi fitur gratis ongkir di shopee.

  • Pilih Gratis Ongkos kirim Xtra padaberanda shopee
  • Pilih SeMua Gratis Ongkos kirim
  • klick Daftar Sekarang
  • Ikuti petunjuk untukisi daftar diri yang tampil pada monitor
  • Contreng kolom Persyaratan dan tentukan Kirimkan

Menjadi star seller di shopee

Menjadi Star Seller di Shopee akan memberikan keuntungan terhadap toko online yang kamu kelola, karena dengan label tersebut calon pembeli akan lebih percaya dengan kualitas dan kredibilitas dari produk yang dijual di toko kamu dan menjadi lebih yakin untuk melakukan pembelian barang.

Berikut adalah syarat jika lapak onlinemu bisa mendapatkan label Star Seller dari shopee

  • Data diri lengkap dan telah melakukan verifikasi KTP.
  • Persentase chat dibalas 80%. Artinya, kamu harus rajin buka fitur Live Chat Shopee.
  • Memiliki penilaian atau rating minimal 4,5 bintang.
  • Memiliki penjualan minimal sebanyak 100 pesanan dalam sebulan.
  • Melayani 25 pembeli yang berbeda dalam sebulan.
  • Tidak memiliki poin pinalti dan kejanggalaan selama berjualan di Shopee.

Cara jualan di Shopee cukup mudah, kan? Dengan berjualan online, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah tanpa harus keluar rumah.

Advertisement

Menjalankan bisnis online juga bisa Kamu jadikan pekerjaan sampingan. Selain bisnis online, ada banyak pekerjaan yang lain dapat kamu jadikan pekerjaan sampingan untuk hasilkan penghasilan tambahan, misalnya penulis terlepas, influencer atau YouTuber, dan agen asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *