Multimedia

Cara Membuat Akun Google dengan Mudah di PC dan Perangkat Android

Sebuah HP android wajib memiliki akun Google agar dapat menikmati layanan buatan Google seperti Maps, Youtube, Google Play, dan layanan Google lainnya....

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
buat akun google
membuat akun google
Sumber Gambar : https://blog.eikontechnology.com/

Sebuah HP android wajib memiliki akun Google agar dapat menikmati layanan buatan Google seperti Maps, Youtube, Google Play, dan layanan Google lainnya.

Bahkan jika sudah memiliki sebuah akun Google, Kamu bisa login menggunakan akun Google tersebut ke beberapa layanan online lainnya. Namun sebagian orang pun masih bingung dengan cara daftar akun Google yang benar.

Mendaftar akun Google sebenarnya sangat mudah, seperti halnya mendaftar email baru. Terdapat cara mendaftar yang bisa Kamu lakukan, yaitu melalui perangkat PC/laptop atau menggunakan perangkat android yang Kamu miliki.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah cara mendaftar akun Google menggunakan PC/laptop dan perangkat android.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Google My Business Agar Bisnis Semakin Melejit

Cara Daftar Akun Google dengan PC dan Perangkat Android

Menggunakan PC/Laptop

Jika sebelumnya Kamu belum pernah sama sekali masuk ke layanan Google seperti Gmail, Youtube, atau maps, Kamu dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup.

Untuk langkah selanjutnya bisa Kamu ikuti pada penjelasan di bawah ini,

  • Jika sudah masuk ke laman tersebut, nantinya akan ada form yang dapat Kamu isi dengan data diri secara lengkap, mulai dari nama depan, nama belakang, username yang Kamu inginkan dan terakhir adalah password.
  • Kamu harus memastikan bahwa usernamedan password yang digunakan agar tidak mudah untuk diketahui orang. Lebih baik menggunakan password dengan kombinasi angka dan huruf agar sulit untuk ditebak orang asing.
  • Jika semua form sudah terisi dengan data yang benar, Kamu bisa klik tombol next.
  • Setelah itu, pada halaman selanjutnya Kamu akan diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin.
  • Pada step selanjutnya Kamu diminta untuk mengisi nomor ponsel yang masih aktif dan akun recovery yang gunanya sebagai akun pemulihan. Untuk data ini Kamu tidak wajib untuk mengisinya saat itu karena bersifat opsional.
  • Langkah terakhir adalah klik tombol “Next Step” lalu klik “I Agree” jika muncul popup jendela syarat dan ketentuan.
  • Setelah berhasil, akun Google Kamu dapat digunakan untuk berbagai layanan Google, seperti Gmail, maps, Youtube, dan layanan Google lainnya.

Baca Juga : Panduan Cara Membuat Iklan di Google AdWords

Menggunakan Perangkat Android

Jika Kamu baru pertama kali menggunakan perangkat android dan belum memiliki akun Google, tentunya Kamu harus membuatnya terlebih dahulu.

Untuk mendaftar akun Google yang baru, Kamu bisa membuatnya langsung di perangkat android yang digunakan tanpa perlu membuka PC terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan mendaftar melalui perangkat PC/laptop. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut ini adalah cara untuk membuat akun Google menggunakan perangkat android.

  • Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan membuka menu settingatau pengaturan yang terdapat di perangkat android yang Kamu gunakan.
  • Setelah itu cari menu Accountdi menu pengaturan dan pilih opsi Add Account.
  • Kemudian Kamu bisa memilih opsi CreateAccount untuk membuat akun Google yang baru.
  • Nantinya akan muncul jendela popup, Kamu bisa memilih opsi “For Myself”.
  • Pada halaman selanjutnya Kamu akan diminta untuk mengisi kolom nama depan dan nama belakang. Setelah itu klik tombol “Next”.
  • Setelah itu secara otomatis sistem dari Google memberikan rekomendasi beberapa pilihan alamat Gmail yang dapat Kamu gunakan. Kamu juga bisa membuat sendiri username sesuatu keingian dengan memilih opsi Creater your own Gmail Addres, lalu klik next.
  • Kemudian Kamu juga akan diminta untuk memasukan password pada kolom yang sudah tersedia. Agar password tidak mudah diketahui orang, Kamu bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka agar orang asing sulit membobol akun Google Kamu.
  • Jika Kamu sudah mengulangi password pada kolom Confirm Password, setelah itu klik next.
  • Nantinya sistem Google akan memproses akun yang Kamu daftarkan tersebut. Jika ada notifikasi berhasil, maka akun Google yang Kamu buat tadi sudah bisa digunakan untuk mengakses semua layanan Google, seperti Google Hangout, Youtube, Gmail, dan masih banyak lagi.

Cara membuat akun Google di atas cukup mudah dilakukan dan tidak membuang waktu yang terlalu lama.

Sebagai catatan, setelah berhasil mendaftar pastikan bahwa Kamu juga memberikan informasi nomor telepon dan juga alamat email pemulihan agar dapat melindungi akun Kamu dari penggunaan orang lain.

Baca Juga : Cara Daftar Google AdSense dan Cara Menambahkan AdSense ke WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *