Pekerjaan

Ikuti 6 Langkah Ini Agar CV Mu Cepat Dilirik HRD

Penting bagi para job seeker untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik supaya cepat mendapatkan pekerjaan. Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
cv bagus
cv bagus
Sumber : www.grupogalileu.com

Penting bagi para job seeker untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik supaya cepat mendapatkan pekerjaan.

Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal CV merupakan syarat utama buat melamar kerja. Hanya dengan melihat CV saja, HRD sudah bisa tahu gambaran secara singkat si pelamar kerja.

CV merupakan aspek penting ‘pertama’ yang dapat membuat pelamar kerja kerja terlihat menjual/menarik di mata HRD.

Menurut studi yang udah dilakukan, HRD membutuhkan waktu sekitar 6 detik buat memeriksa CV. Apabila waktu yang dihabiskan HRD untuk memeriksa CV lebih dari 6 detik , itu tandanya HRD menunjukkan ketertarikan pada si pelamar atau job seeker.

Artinya, CV menjadi bisa menjadi penentu apakah job seeker bisa diterima atau ditolak lamarannya.  Apalagi secara tidak langsung, CV menjadi cerminan apakah Anda terlihat profesional atau tidak.

Selain menunjukkan informasi dan kualifikasi, CV juga akan menunjukkan sisi kelebihanmu dibanding pelamar yang lain. Jadi penting bagi para job seeker untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik supaya cepat dapat kerja.

Untuk memenangkan persaingan kerja, butuh persiapan yang benar-benar matang, termasuk mempersiapkan CV. Curriculum Vitae yang memikat dan surat lamaran yang baik dan benar adalah modal yang harus Anda miliki untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

Cara Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD.

 CV lamaran kerja yang baik harus mampu memikat perhatian pertama HRD. CV yang memikat HRD bukan hanya menarik tetapi juga harus berbeda dan spesifik, disesuaikan dengan pekerjaan dan perusahaan yang akan dilamar.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik hati HRD di perusahaan yang Anda lamar, Anda tidak perlu khawatir. Berikut tahap demi tahap yang perlu Anda lakukan.

1. Masukkan Data Identitas Dengan Benar.

Wajib hukumnya untuk mencantumkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama panjang,alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat email.

Dalam penulisan informasi pribadi ini posisikan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV header. Sebab informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh HRD.

kamu harus menempatkan nama di posisi teratas. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat. Di bawahnya lagi nomor telepon. Lalu di bawahnya lagi email.

2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary.

Umumnya CV objective atau CV summary ini berisi tentang perjalanan karier. Kami merekomendasikan strukturnya dengan komponen-komponen berikut:

  • Judul Singkat & Sederhana yang Menampilkan “Mengapa” Anda melamar pekerjaan tersebut.
  • Tuliskan latar belakang profesional Anda sambil menyoroti filosofi atau tujuan Anda.
  • Pernyataan pemikiran yang menggoda pembacanya.
  • Pengulangan “mengapa” harus memilih Anda sebagai penutup.

Apabila Anda belum mempunyai pengalaman Kerja atau fresh graduate, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan kamu.

Misalnya aja kamu bercerita mengenai jurusan yang kamu ambil selama menjalani pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut ditempuh.

Kemudian apa aja yang kamu peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

3. Jika Ada, Masukkan Pengalaman Kerja atau Pengalaman Berorganisasi

Tuliskan secara detail di perusahaan apa kamu bekerja, durasi bekerja, posisi, dan tingkatan atau jenjang karir yang kamu dapatkan. Meski bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk menuliskannya

Buat yang masih fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh.

Selain pengalaman bekerja, pengalaman dalam berorganisasi juga bisa menjadi nilai plusmu. Apalagi jika dalam berorganisasi kamu menduduki atau memegang jabatan yang cukup berharga.

Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi tersebut.

4. Tuliskan Pendidikan yang Udah Dijalani, Terutama Perguruan Tinggi Kalau Ada

Riwayat pendidikan adalah hal yang penting lainnya. Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan aja yang penting-penting.

Cukup dari pendidikan di masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Cantumkan pula durasi kamu menempuh pendidikan di masing-masing.

5. Tuliskan keahlian Pribadi yang Menunjang Kemampuan atau Skill yang di Kuasai

Perusahaan juga ingin mengetahui pribadimu seutuhnya. Sehingga kamu bisa menuliskan atau menjelaskan keahlian atau skill pribadi yang kemudian menunjang kemampuanmu dalam bekerja.

Ketahui pekerjaan apa yang pengin Anda dapatkan dan skill-skill apa yang dibutuhkan pekerjaan tersebut. Misalnya aja pekerjaan yang kamu lamar adalah Desain Grafis. Masukkan kemampuan bahwa kamu bisa

6. Tuliskan Capaian atau Penghargaan yang Pernah Kamu Raih

Jika kamu memiliki capaian khusus, maka hal tersebut adalah sebuah nilai lebih. Tuliskan capaian atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

Itulah informasi-informasi yang perlu Anda  tahu mengenai cara membuat CV yang menarik agar terlihat profesional. CV memang menentukan, tapi yang paling menentukan adalah pengalaman kerja yang Anda miliki.

Selain dalam bentuk document atau dalam bentuk word, seringkali perusahaan meminta contoh CV dalam bentuk PDF. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengonversikannya ke PDF.

Contoh CV yang Menarik

Berikut adalah beberapa contoh CV kreatif yang di kutip dari berbagai sumber :

Contoh cv menarik 1
Sumber : cdn.idntimes.com
Contoh cv Menarik 2
Sumber : gawecv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *