Multimedia

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel Dengan Mudah dan Cepat.

Cara Membuat Grafik di Excel – Buat kamu yang masih bekerja dan aktif menggunakan Microsoft Excel. Mungkin ada dari Anda yang masih...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
grafik excel
grafik excel
Sumber Gambar : https://cdn.idntimes.com/

Cara Membuat Grafik di Excel – Buat kamu yang masih bekerja dan aktif menggunakan Microsoft Excel. Mungkin ada dari Anda yang masih kebingungan dalam membuat grafik.

Advertisement

Kali ini Kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Excel. Semoga cara ini bermanfaat untuk anda yang masih kesusahan untuk membuat grafik di Microsoft Excel.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat grafik di Microsoft Excel yang bisa kamu ikuti.

Jenis Grafik

Sebelum mengetahui cara membuat grafik di Microsoft Excel, ada baiknya jika kamu mengetahui jenis-jenis grafik.

Karena jika kamu telah mengetahuinya, maka ini akan mempermudahkan kamu untuk menginterpresentasikan data yang kamu miliki.

1. Column and bar Chart

Grafik jenis ini sering digunakan untuk membandingkan data. Contohnya perubahan data dari waktu ke waktu. Jenis grafik ini sering disebut sebagai diagram batang.

2. Line and Area Chart

Biasanya grafik ini diguakan untuk menampilkan tren data pada interval waktu tertentu. Grafik ini cocok untuk mengidentifikasi suatu pola atau tren.

Dengan adanya grafik ini kamu bisa melihat bagaimana prgogres yang terjadi dengan data yang kamu telah tulis sebelumnya.

Sedangkan pada area chart akan menggambarkan bagaimana kontribusi dari barang yang ada.

3. Pie and Doughnut Chart

Grafik jenis ini umumnya merupakan diagram lingkaran. Jenis grafik ini digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu item dalam data secara proporsional.

4. Scatter and Bubble Chart

Untuk scatter chart ini sering kali digunakan agar mengetahui bagaimana variable yang ada pada sumbu X dan juga sumbu Y.

Sedangkan bubble chart merupakan variasi dari scatter. Jadi jika kamu ingin mengetahui variable yang ada, kamu bisa menggunakan jenis grafik ini.

5. Surface and Radar Chart

Grafik jenis ini sangat pas digunakan untuk mencari kombinasi dari dua rangkaian data secara optimal.

Radar shart bisa disebut dengan spider chart jenis grafik ini mirip dengan scatter dan bubble. Dengan grafik ini kamu bisa membuat multi variable.

Tutorial Cara Membuat Chart Di Excel

Dengan mengetahui cara membuat grafik di Microsoft Excel tentu dapat memudahkanmu dalam mengolah data berupa angka-angka menjadi  jadi lebih ringkas dan efisien.

1. Tulis Data yang Akan Dijadikan Grafik.

Langkah pertama untuk membuat grafik di Excel ialah dengan membuat data induk terlebih dahulu. Jika sudah seleksi data atau tabel yang ingin Anda jadikan grafik, termasuk pada judul kolom serta baris.

2. Klik Insert – Pilih Chart.

Jika sudah menseleksi data, silahkan masuk ke menu Insert yang ada di bagian atas, menuju bagian Charts. Kemudian memilih jenis grafik yang kamu inginkan dari menu drop-down yang ada

3. Grafik Sudah Jadi.

Setelah memilih jenis grafik yang sesuai, kamu hanya perlu untuk meng-klik grafik tersebut. Grafik yang kamu pilih pun akan langsung muncul pada halaman worksheet milikmu beserta data yang ada.

4. Modifikasi Grafik.

Jika kamu tidak menyukai tampilan grafik yang sudah jadi, Kamu bisa membuat grafik semenarik mungkin.

Kalau kamu ingin mengubah jenis chart, tinggal pilih menu drop down chart yang kamu inginkan, dan kamu tinggal pilih. Ada sangat banyak pilihan chart yang bisa kamu gunakan untuk datamu.

Buat kamu yang masih bingung dalam menentukan grafik, Microsoft Excel juga memberikan kamu fitur Recommended Charts.

Ms Excel secara otomatis akan memberikan rekomendasi grafik terbaik untuk data yang kamu miliki.

Apabila kamu ingin merubah warna pada grafik, kamu juga bisa menggantinya. Kamu bisa merubahnya pada pengaturan yang ada di grafik tersebut, kemudian pilih warna sesuai keinginan kamu.

Jika kamu ingin tampilan yang berbeda, kamu hanya perlu memilih tab design pada Microsot Excel.

Demikian penjelasan dan informasi seputar cara membuat grafik di Microsot Excel. Cukup simpel dan mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *