Keuangan

Prosedur Membuat Kartu Kredit BCA agar Cepat di Setujui

Cara membuat kartu kredit BCA – BCA merupakan salah satu bank di Indonesia yang telah memiliki banyak nasabah tersebar di berbagai wilayah...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
syarat membuat kartu kredit bca
Sumber Gambar : bukalapak.com

Cara membuat kartu kredit BCA – BCA merupakan salah satu bank di Indonesia yang telah memiliki banyak nasabah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Advertisement

Salah satu produk layanan menarik dari BCA dan banyak diminati adalah kartu kreditnya. Cara membuat kartu kredit BCA sendiri juga cukup mudah.

Selain uang tunai, kartu kredit sudah menjadi salah satu penghuni tetap di dalam dompet, karena kartu ini memiliki fungsi layaknya uang kertas yaitu sebagai alat pembayaran.

Anda hanya perlu datang langsung ke kantor cabangnya. Namun, sebelum Anda mengajukan BCA credit card , pastikan Anda mengetahui jenis-jenis kartu kredit yang ingin digunakan dan apa saja syarat untuk melakukan pengajuannya.

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA

Ada 3 klasifikasi kartu kredit BCA yang dibedakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Beberapa pembagian kartu tersebut adalah:

1. BCA Card

Pertama, ada BCA credit card yang terbagi menjadi 3 jenis sesuai limit kartu dan biaya per tahunnya.

Kartu jenis ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai merchant atau tagihan listrik, internet dan belanja online. Jenis-jenis dari BCA Card sendiri adalah sebagai berikut:

  • BCA Everyday Card

Untuk jenis BCA Everyday card ini, pengguna akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp 125.000 dengan limit kartu minimal adalah Rp 3.000.000.

  • BCA Card Platinum

Kalau BCA Card Platinum ini, biaya tahunan yang dibebankan lebih besar, yakni Rp 250.000. Meski  biaya tahunannya besar, namun kartu BCA Card Platinum ini memiliki limit hingga Rp 20.000.000

  • BCA Card Indomaret

Terakhir, ada BCA Card Indomaret yang mempunyai biaya tahunan Rp 125.000. Kartu kredit satu ini mempunyai limit kartu minimal Rp 3.000.000 per bulannya.

2. BCA Mastercard

Untuk kenyamanan Anda dalam bertransaksi di dalam negeri maupun negara-negara lain, maka Anda bisa percayakan jenis BCA Mastercard untuk kebutuhan Anda. Jenis BCA mastercard sendiri terdiri dari:

  • BCA Mastercard Platinum

Bagi pengguna Mastercard Platinum, maka akan dibebankan biaya tahunan Rp 450.000. Sementara untuk limit penggunaannya adalah Rp 20.000.000.

  • BCA Mastercard Black

Apabila Anda tidak ingin memiliki beban biaya tahunan, maka Anda bisa menggunakan jenis kartu kredit Mastercard Black. Kartu kredit satu ini mempunyai batas Rp 20.000.000 per bulannya.

  • BCA Mastercard Matahari

Jenis kartu kredit satu ini mempunyai biaya tahunan yang lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya, yakni Rp 125.000. Adapun limit yang dikenakan minimal adalah Rp 3.000.000 per bulannya.

3. BCA Visa Card

Terakhir, ada jenis kartu kredit yang bisa digunakan ketika traveling ke luar negeri atau belanja online di toko-toko luar. Beberapa jenis BCA Visa Card sendiri adalah sebagai berikut:

  • BCA Visa Batman

Pertama, ada BCA Visa Batman yang  mempunyai biaya tahunan sebesar Rp 125.000 dengan batas kartu minimal Rp 3.000.000.

  • BCA Visa Black

Untuk Anda yang ingin mendapatkan limit kartu yang lebih besar, maka Anda bisa menggunakan Visa Black dengan batas mulai Rp 20.000.000 per bulan. Jenis kartu ini memiliki biaya Rp 450.000 per tahunnya.

Baca Juga : Cara dan Syarat Untuk Membuka Tabungan Rekening BCA

  • BCA Visa Platinum

Memiliki limit dan biaya tahunan yang sama dengan Visa Black, jenis kartu kredit BCA Visa Platinum ini sengaja dikhususkan untuk orang middle up dengan mobilitas yang tinggi.

  • BCA Singapore Airlines

Ada dua jenis BCA Singapore Airlines, pertama ada KrisFlyer Visa Signature  dengan biaya tahunan yang dibebankan adalah Rp 500.000 dan mendapatkan limit hingga Rp 20.000.000.

Kedua, ada PPS Club Visa Infinite dengan biaya tahunan yang lebih besar yakni Rp 1.000.000. Hanya saja, limit kartu yang dimiliki lebih tinggi, yakni Rp 49.000.000.

Baca juga : Cara Daftar Internet Banking BCA dan Cara Aktivasinya

Syarat Membuat Kartu Kredit BCA Umum

Sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit pastikan Anda sudah memiliki rekening tabungan BCA. Jika sudah sudah, langkah selanjutnya adalah melengkapi beberapa syarat untuk membuat kartu kredit BCA sendiri antara lain adalah:

  1.   Minimal usia sangat mengajukan adalah 21 tahun atau sudah menikah.
  2.   Batas maksimal pengguna kartu kredit adalah 65 tahun.
  3.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4.   Fotocopy kartu NPWP.
  5.   Surat keterangan penghasilan calon pengguna atau bisa juga slip gaji.
  6.   Fotocopy buku rekening tabungan BCA setidaknya dalam 3 bulan terakhir.
  7.   Pendapatan yang dimiliki minimal adalah Rp 3.000.000 per bulan untuk jenis kartu kredit BCA yang biasa.
  8.   Calon pengguna tidak masuk dalam daftar orang yang diblacklist dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI).
  9.   Calon pengguna juga tidak masuk dalam daftar orang yang diblacklist oleh Bank Indonesia (BI).

Selain beberapa syarat yang telah disebutkan di atas, bagi Anda yang seorang pengusaha dan ingin mengajukan kartu kredit, maka bisa menambahkan syarat  SPT pajak dan juga fotocopy akte pendirian perusahaan ataupun SIUP.

Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Apabila semua syarat yang ada di atas telah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengajukan kartu kredit ke kantor cabang BCA paling dekat di rumah Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Ambil Antrean ke Customer Service

Pertama, Anda bisa mendatangi kantor cabang BCA yang paling dekat. Jangan lupa bawalah semua syarat yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Sesampainya di kantor, maka Anda bisa mengambil antrean ke Customer Service.

2. Sampaikan Tujuan Anda

Apabila Anda sudah mengambil antrean, maka tunggu hingga nomor telah dipanggil dan jika sudah sampai antreannya, sampaikan mengenai tujuan Anda. Sampaikan keinginan Anda membuat kartu kredit dan jenis apa yang dikehendaki.

3. Isi Formulir

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan Anda, maka CS BCA akan memberikan penjelasan sedetail mungkin tentang kelebihan beserta kekurangan jenis kartu kredit yang Anda inginkan.

Apabila Anda masih bimbang mengenai pilihan BCA credit card yang ada, maka mintalah CS untuk menjelaskan fitur kartu kredit yang dihadirkan BCA.

Setelah Anda mantap dengan satu pilihan kartu kredit, maka CS akan memberikan sebuah formulir yang harus diisi. Isi semua formulir yang ada sesuai KTP ataupun data diri Anda.

4. Serahkan Dokumen Pelengkap

Setelah mengisi formulir, maka Anda harus menyerahkan berbagai dokumen pelengkap yang diminta oleh pihak bank.

Apabila dokumen yang diminta telah lengkap, otomatis CS akan memproses pendaftaran kartu kredit Anda.

Apabila dokumen dan formulir yang Anda serahkan kepada CS benar-benar sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang diminta oleh pihak BCA.

Biasanya kurang dari satu minggu Anda akan dihubungi oleh pihak BCA pusat. Setelah dihubungi oleh pihak BCA, Anda bisa datang kembali ke kantor untuk mengambil kartu kredit.

Cara membuat BCA credit card tidaklah sesulit yang Anda kira selama ini. Selama persyaratan mencukupi dan Anda mengisi dokumen dengan selengkap mungkin, maka dalam waktu kurang 7 hari, Anda sudah bisa kok menikmati kartu kredit BCA.

Kartu kredit BCA juga memiliki banyak sekali keuntungan karena bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang real time dan sangat cepat. Setiap transaksi pembayaran juga tidak dikenakan biaya administrasi.

Selain itu, mempunyai BCA credit card secara otomatis akan mendapatkan asuransi kecelakan sesuai dengan nilai kredit yang telah diajukan. Apabila Anda butuh sebuah kartu kredit, maka gunakanlah saja BCA.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat kartu kredit kredit BNI dan syarat pembuatannya.

Advertisement

Semoga informasi di bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kartu kredit BCA dan jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.