Pekerjaan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Dalam melamar suatu pekerjaan, tentu Anda perlu menyertakan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja penting sebagai sarana Anda...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran kerja. Image via www.google.com

Dalam melamar suatu pekerjaan, tentu Anda perlu menyertakan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja penting sebagai sarana Anda untuk membuka komunikasi dengan perekrut kerja yang dituju.

Advertisement

Point yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam membuat surat lamaran yang ideal Anda perlu tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Tulislah Dengan Menggunakan Bahasa Baku

Di dalam menulis surat lamaran kerja, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan bahasa informal atau bahasa sehari-hari. Alih-alih demikian, Anda justru harus menggunakan bahasa baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Anda juga harus pintar-pintar memilih kata dalam penulisan surat lamaran kerja. Gunakan kata-kata yang singkat, padat, jelas dan tentunya mudah dipahami. Adapun contoh bahasa baku dalam penulisan surat lamaran kerja ialah sebagai berikut.

Berdasarkan informasi yang telah saya peroleh dari surat kabar Indosolo bahwa di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan, maka untuk itu saya yang bertandatangan di bawah ini…

2. Tulislah Informasi Pribadi Anda

Jangan lupa untuk menuliskan data atau informasi pribadi Anda pada surat lamaran kerja. Ini penting agar pihak perekrut atau HRD perusahaan yang dituju bisa menghubungi ketika Anda lolos ke tahapan berikutnya. Data pribadi tersebut biasanya diletakkan di tengah-tengah surat lamaran kerja. Contoh penulisan inforasi pribadi dalam surat lamaran kerja ialah sebagai berikut.

Nama : Sri Sulastri, S.E

Alamat : Jl. Nangka No. 117 Perumahan Gentan Asri VII.A RT 009/030 Baki, Baki, Jawa Tengah

No. Telp: 0878 9900 9900

Email : [email protected]

3. Cermati Isi Surat Lamaran Pekerjaan Anda

Surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu memuat isi yang runtut dan informatif. Anda harus memperhatikan susunan isi surat lamaran kerja Anda dengan saksama. Adapun contoh dari muatan isi surat lamaran kerja tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Sampaikan alasan Anda dalam menulis surat lamaran pekerjaan tersebut. Tulislah perkataan yang bisa membuat perekrut mempertimbangkan Anda sebagai kandidat terpilih.
  • Tawarkan diri Anda kepada perekrut agar dapat dipertimbangkan untuk lolos ke tahap selanjutnya. Ceritakan sejauh mana kompetensi yang Anda miliki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Gunakan penulisan yang efektif untuk menarik perhatian perekrut kerja.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih atas kesediaan pihak perekrut kerja atau HRD karena telah membaca surat lamaran kerja yang Anda buat. Sarankan juga kepada perekrut agar segera menghubungi Anda.

Contoh dari isi surat lamaran kerja yang benar ialah sebagai berikut:

Bersama ini ingin mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk kiranya bisa menerima saya sebagai karyawan Editor di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, disiplin, loyal dan cepat beradaptasi. Sekiranya Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan saya sebagai Editor pada perusahaan tersebut dan saya menunggu jawabannya.

4. Cermati Bagian Penutup Surat Lamaran Kerja

Penting juga bagi Anda untuk mencermati bagian penutup dari surat lamaran kerja. Berikan salam hormat serta cantumkan nama lengkap Anda dengan jelas. Gunakan salam yang bersifat formal dan hindari salam yang bersifat informal. Contoh bagian penutup tersebut ialah sebagai berikut.

Atas pengertian dan perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Lastri

Dalam membuat surat lamaran kerja, penting bagi Anda untuk mengetahui serta menerapkan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Penulisan surat lamaran kerja yang menerapkan poin-poin tersebut kiranya dapat membuat perekrut sudi mempertimbangkan Anda sebagai kandidat terpilih.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Resign yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Berikut ini kami sajikan contoh surat lamaran kerja kepada para pencari kerja agar lebih mudah dan cepat mengajukan lamaran sesuai dengan posisi jabatan atau pekerjaan yang diinginkan.

 

Contoh surat lamaran kerja Posisi Marketing

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia PT Aksara Sejati

Jl. Gajahmada No.405, Bangunjiwo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT Aksara Sejati yang saya dapatkan dari portal online loker solo raya. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing di perusahaan PT Aksara Sejati. Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                          : Roby  Cahyo Kusuma

Tempat / Tgl. lahir      : Malang, 27/12/1990

Pendidikan Terakhir   : S1 Ekonomi (Manajemen Pemasaran)

Alamat                        : Jl. Glatik 3/16 Ds Gonilan Sukoharjo

Telepon (HP)               :  08573233637/08234598778

Status                         : Lajang

Saya adalah seseorang yang mudah beradaptasi dalam segala situasi, disiplin, kreatif, komunikatif, selalu memperhatikan target kerja, memiliki motivasi kerja tinggi, dan dapat mengambil keputusan dalam situasi terdesak.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Ijazah Terahir
  3. Transkip Nilai
  4. Pas photo yang terbaru
  5. KTP

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamara kerja ini, Saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu personalia.

 

Hormat saya,

Roby  Cahyo Kusuma

 

Contoh surat lamaran kerja Posisi Staff Export

Hal: Lamaran Pekerjaan                                                                        4 Oktober 2019

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu Personalia  PT Ayo Maju Indonesia

Taman Industri Bukit Semarang Baru (BSB), Blok Z1, Kav 100, Kec. Mijen, Jl. Raya Semarang-Boja, Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50519

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT Ayo Maju Indonesia seperti yang termuat di portal online www.—.com. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam tim STAFF EXPORT di PT Ayo Maju Indonesia

Berikut data singkat saya.

Nama                         : Kukuh Jati Cahyo Utomo S,E

TTL                            : Magelang, 28-08-1996

Alamat                       :Jl. Bantul km 19 3/16 Ds Gonilan Sukoharjo

Pendidikan terakhir   : S1 Ekonomi

Nomor Telepon         : 0821344444444 / 08534278798769 (WA)

Email                         : [email protected]

Saya adalah seorang yang mudah beradaptasi, disiplin, bertanggung jawab, komunikatif, aktif, cekatan, dan mampu bekerja secara individu dan tim. Saya suka belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy Ijazah S-1
  3. Transkrip nilai.
  4. Foto copy KTP
  5. SKCK
  6. Pas foto terbaru.
  7. Surat keterangan sehat
  8. Surat keterangan kerja

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

Kukuh Jati Cahyo Utomo S,E

 

Advertisement

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat digunakan untuk referensi dalam melamar pekerjaan. Pastikan dalam membuat surat lamaran pekerjaaan dengan baik dan benar agar surat lamaran tersebut dapat diterima oleh HRD perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *