Pekerjaan

Perhatikan, Cara Membuat Surat Resign Kerja yang Benar

Dalam persoalan pekerjaan, etika dapat dikatakan sebagai suatu hal yang amat penting. Etika diawali sejak Anda melamar pekerjaan, menerimanya dan bekerja hingga...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Surat Resign Kerja
Cara membuat surat resign kerja yang baik dan benar. Image via www.google.com

Dalam persoalan pekerjaan, etika dapat dikatakan sebagai suatu hal yang amat penting. Etika diawali sejak Anda melamar pekerjaan, menerimanya dan bekerja hingga resign atau mengundurkan diri.

Advertisement

Ketika Anda hendak resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan, maka sebaiknya Anda membuat surat resign yang baik dan benar. Untuk itu, penting bagi Anda agar mengetahui cara membuat surat resign kerja.

Cara Membuat Surat Resign Kerja

Hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat resign kerja adalah sebagai berikut :

1. Cantumkan Nama Kota dan Tanggal Resign Anda

Bukan hanya penting dalam surat lamaran kerja saja, di dalam membuat surat pengunduran diri Anda juga perlu mencantumkan nama kota dan tanggal.

Penulisan nama kota maupun tanggal seringkali diletakkan pada pojok kanan atas dalam format surat resign tersebut.Di dalam penulisan nama kota, Anda harus mengawalinya dengan huruf kapital. Jangan lupa untuk memisahkan nama kota dengan tanggal resign Anda.

Pisahkan antara nama kota dan tanggal tersebut menggunakan tanda koma dan akhiri tanpa menggunakan tanda titik. Contohnya seperti ini:

Surakarta, 05 November 2019 atau Surakarta, 05-11-2019

2. Cantumkan Nama dan Alamat yang Dituju

Persis seperti membuat surat lamaran kerja, Anda juga perlu mencantumkan nama serta alamat perusahaan yang dituju. Biasanya surat pengunduran diri tersebut ditujukan kepada bagian perekrut atau HRD.

Di dalam penulisan nama perekrut atau kepala perusahaan, Anda wajib menuliskannya lengkap beserta dengan gelarnya. Terakhir, tuliskan nama kota. Contohnya seperti ini:

Kepada Yth. Morally Ilyas, MBA

Dar                : Siti Maemunah

Jabatan         : Admin Spare Parts

Departemen : Service dan Spare Parts

Hal                : Pengunduran Diri

3. Tulislah Salam Pembuka Dengan Sopan

Usai menuliskan nama dan alamat yang dituju, Anda juga perlu menuliskan salam pembuka dengan sopan. Hal ini penting sebagai etika pengunduran diri.

Contoh salam pembuka yang sopan di antaranya salam sejahtera, hormat saya, selamat pagi dan lain-lain.

4. Sertakan Alasan Pengunduran Diri

Penting bagi Anda untuk menyertakan alasan pengunduran diri di dalam surat resign tersebut. Pastikan Anda menulisnya dengan baik dan jelas.

Sebab, jika Anda tidak menuliskan alasan pengunduran diri Anda maka perusahaan Anda berhak untuk menolak pengajuan pengduran diri tersebut. Contohnya seperti ini:

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri terhitung sejak tanggal 05 November 2019 dengan alasan ingin menikah. Segala hal yang berkaitan dengan tugas maupun tanggung jawab saya sebagai Admin Sales Support PT. Takari Kokoh Sejahtera akan saya laksanakan hingga masa pengunduran diri saya.

5.  Tulislah Ucapan Terimakasih dan Permohonan Maaf

Jangan lupa untuk menuliskan ucapan terimakasih serta permohonan maaf dalam surat pengunduran diri tersebut. Anda bisa mengucapkan terimakasih kepada atasan Anda atau secara global dengan menyebut nama perusahaan Anda dengan tujuan untuk menyanjung.

Anda juga bisa menyertakan ucapan terimakasih karena kesempatan telah bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya seperti ini:

Saya mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada segenap pimpinan dan karaywan PT. Takari Kokoh Sejahtera yang selama ini sudi membantu dan membimbing saya dalam pekerjaan ini. Saya juga ingin meminta maaf apabila memiliki salah serta ketidakbisaan saya dalam meneruskan pekerjaan saya sebagai Admin Sales Support di perusahaan ini.

6. Tulislah Kata Penutup, Nama dan Tanda Tangan

Hal terakhir yang harus Anda tulis dalam surat pengunduran diri ialah kata penutup, nama serta tanda tangan. Tulislah kata penutup yang menyesuaikan dengan salam pembuka.

Setelah itu, lanjutkan dengan menuliskan nama terang dan bubuhkan tanda tangan di bagian akhir surat pengunduran diri Anda. Contohnya seperti ini:

Demikian surat pengunduran diri saya tulis dalam keadaan sehat, sadar dan tanpa paksaan dari pihak lain. Atas pengertiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Agus Satrio Pamungkas

Sama seperti melamar pekerjaan, di dalam mengundurkan diri Anda perlu memiliki etika yang baik yakni dengan membuat surat resign. Untuk itu, informasi terkait cara membuat surat resign kerja tersebut dapat membantu Anda dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Baca juga : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang  Baik dan Benar

Contoh Surat Resign Kerja Yang Benar

Berikut kami sajikan beberapa contoh surat pengunduran diri dari tempat kerja bagi para karyawan.

Contoh Surat Resign 1

Yoyakarta, 13 Mei 2019

Kepada Yth.

HRD PT Maju Prima

Di Semarang

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Iva Akbar Jati kusuma

Alamat   : Jl. patimura 3/69 Tingkir – Salatiga.

Jabatan  : Staff Admin

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT Maju Prima. Saya ucapkan beribu terima kasih kepada pihak PT Maju Prima yang telah menerima saya dan memberikan pengalaman kerja terbaik sampai hari ini. Permohonan pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 13   Mei 2019.

Dan tak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak PT Maju Prima apabila selama menjabat sebagai Staff Admin di perusahaan ini, saya sempat melakukan kesalahan baik yang disenjaga ataupun yang tidak disenjaga.

Harapan saya ke depan,PT Maju Prima akan semakin sejahtera dan maju seiring berkembangnya jaman.

 

Hormat Saya,

 

Iva Akbar Jati kusuma

 

Contoh Surat Resign 2

Semarang, 10 Mei 2020

Kepada

Yth. Pimpinan PT Prima Selaras

Di Semarang

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Suwadi Nasir

Alamat: Jl. Pahlawan, No. 69, Semarang, Jawa Tengah

Jabatan: Branch Manager

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan yang sedang saya pegang, ini terhitung sejak tanggal 10 Mei 2020.

Ucapan terima kasih saya haturkan sebanyak-banyaknya kepada perusahaan yang sudah memberikan kesempatan emas kepada saya untuk belajar serta bekerja dengan professional. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan lantaran telah membimbing saya dan memberikan saya pekerjaan yang terbaik.

Saya juga memohon maaf atas keputusan pengunduran diri ini sehingga mulai hari ini tidak lagi terhitung sebagai bagian dari perusahaan Anda dan membantu pekerjaan Anda. Saya hanya mampu berharap serta berdoa agar perusahan yang Anda pimpin menjadi semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh keinginan dan kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Tebusan: Bagian Informasi serta Kesekretariatan Kabag

 

Hormat Saya

 

Suwadi Nasir

 

Advertisement

Itulah ulasan mengenai contoh surat resign kerja yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda yang ingin resign dari perusahaan. Usahakan untuk membuat surat resign yang tepat dan menggunakan bahasa yang sopan supaya nama baik Anda tetap terjaga dan perusahaan tetap menghargai Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *