Bisnis

Cara Menampilkan Fitur Marketplace di Facebook

Cara menampilkan marketplace di facebook – Hingga sekarang, Facebook masih menjadi platform media sosial yang mendominasi pengguna internet khususnya di Indonesia. Advertisement...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
jual beli di facebook
Facebook marketplace
Sumber Gambar : https://magnetoitsolutions.com/

Cara menampilkan marketplace di facebook – Hingga sekarang, Facebook masih menjadi platform media sosial yang mendominasi pengguna internet khususnya di Indonesia.

Advertisement

Uniknya, pengguna Facebook selalu bertambah banyak dari waktu ke waktu. Mulai dari mencari mencari informasi dan hiburan, hingga dalam hal bisnis.

Selain ajang mencari teman, saat ini facebook merupakan salah satu platform yang wajib dimiliki pelaku usaha untuk mengembangkan usaha dan bisnisnya.

Kehadiran Facebook Marketplace benar-benar menolong para pelaku usaha dalam hal pemasaran produk.

Dalam artikel ini akan di jelaskan cara berjualan di Facebook Marketplace dan panduan optimasinya.

Sebelum membahas cara berjualan di facebook marketplace ada baiknya kita mencari tau dulu, apa itu facebook market place?

Apa itu Facebook Marketplace?

facebook mp
facebook mp

Meski jumlah pengguna facebook terus bertambah, namun masih banyak dari kita yang belum menyadari adanya fitur marketplace di facebook.

Facebook Marketplace ialah media atau wadah untuk melakukan jual beli barang secara online yang dikhususkan untuk para pengguna facebook.

Kamu bisa langsung berkunjung ke marketplace yang ada di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain.

Facebook Marketplace dapat diakses melalui desktop, tablet, ataupun aplikasi Facebook di smartphone.

Sama seperti seperti marketplace lainnya sepert Bukalapak, LazadaShopee, Facebook Marketplace juga memberi kemudahan bagi pelaku usaha yang ingin jual produknya lewat marketplace.

Cukup dengan memiliki akun facebook kamu sudah bisa menjual produkmu.3e2w3vct c

Disini Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain atau membuat akun lain

Keuntungan jualan di facebook marketplace

Banyak keunggulan dan faedah yang kamu dapatkan apabila kamu jualan online di Facebook Marketplace, berikut penjelasannya

Potensi market jauh lebih besar dan luas

Artinya, ini adalah peluang untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Diketahui bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial yang mempunyai banyak pengguna.

Artinya saat kamu mulai jualan di facebook kamu dapat menjangkau calon pembeli yang banyak. Dengan bergabung di Marketplace, Kamu bisa mencapai konsumenlebih luas.

Sistem jualan yang gampang.

Facebook Marketplace memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisninsnya. Kamu hanya perlu memiliki account Facebook untuk bisa mulai jualan.

Hemat perawatan toko online.

Berjualan di Facebook Marketplace tidak di kenakan biaya. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengcustom website toko online. Anda hanya tinggal memanfaatkannya saja untuk berjualan.

Fitur yang ada di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace memiliki 3 feature, yaitu penelusuran pembelian, jual barang dan penelusuran di sekitar Anda.

Sama seperti marketplace lainnya, Facebook juga memberi kemudahan setiap pengguna untuk mencari beragam produk yang dijual oleh orang yang ada di sekitarnya

Penjual maupun pembeli, dapat melakukan proses tawar-menawar harga, menentukan cara pembayaran atau bahkan mengatur jadwal pertemuan untuk proses pembelian.

Tentunya ini menjadikan proses jual beli anda jauh lebih mudah dan cepat. Facebook Marketplace diintegrasikan dengan layanan Facebook Messenger.

Cara berjuala di Facebook Marketplace

jualan di facebook
Sumber Gambar : metodeku.com

Berjualan di Facebook Marketplace sangat mudah, Syaratnya cuman kamu memiliki akun facebook saja. Nah berikut ini tutorial cara berjualan di facebook marketplace :

Cara mengaktifkan marketplace di facebook

Perlu diketahui bahwa fitur marketplace ini belum tentu ada di akun facebookmu, itu semua tergantung penilaian pihak facebook terhadap akunmu. Berikut akan di jelaskan cara menampilkan marketplace di facebook.

  • Pastikan jumlah pertemanan lebih dari 300. Jika kurang, makan fitur marketplace tidak dapat muncul di akunmu. Cara mengatasinya dengan menambah persahabatan dengan add friend lebih banyak. Kerjakan dengan perlahan-lahan untuk menghindar risiko banned dari facebook.
  • Bergabung dan akti di forum jual beli di facebook.

Cara upload foto produk

  • Klik menu utama sebelah kanan atas, menu bergambar garis tiga
  • Masuk di halaman marketplace dan klik “jual”
  • Klik “Item” untuk melanjutkan
  • Pilih kategori produk yang akan di jual, jika tidak ada maka klik “ lain-lain”
  • Pilih produk yang akan di jual danIsi seluruh kolom dengan komplet
  • Setelah semua terisi klik “Selanjutnya”
  • Pilih grup yang akan anda tuju untuk memposting listingprodu. Jika kamu ingin memposting hanya di Marketplace, cukup klik Bersihkan
  • Klik Terbitkan untuk memposting listing Marketplace kamu

Optimasi penjualan di facebook marketplace

Bagaimanakah cara meningkatkan penjualan di facebook? Untuk memenangi kompetisi dalam Facebook Marketplace bukan hal yang sulit untuk yang telah kuasai tekniknya.

Tapi ini tidak dapat di peroleh secara instan, perlu kedisiplinan yang tinggi untuk memenangkan persaingan di marketplace. Berikut penjelasan lengkapnya.

Posting lebih dari 10 kali dalam sehari

Agar produk kita berada di halaman atas dan direferensikan oleh Facebook, minimal kita harus lakukan posting sekurangnya 10 kali satu hari.

Jangan posting foto di satu watu, tapi berikan interval di antara 10-15 menit per posting supaya tidak dipandang seperti spam. Kerjakan secara teratur tiap hari.

Unggah foto yang berbeda di setiap postingan

Apabila kamu memposting file yang sama maka facebook akan menilai sebagai duplikasi content.

Solusinya, terus unggah gambar yang berbeda cukup di covernya saja. Gambar seterusnya bisa dengan photo yang serupa.

Beri judul yang berbeda di setiap postingan, info produk sisa Sama

Sama seperti saat unggah cover, unggah judul produkpun harus juga berlainan pada tiap posting.

Siapkan 10 judul cadangan, saat telah usai lakukan posting yang ke sepuluh, posting yang ke 11 dan sebagainya dapat kembali lagi memakai judul yang pertama.

Advertisement

Itulah beberapa informasi mengenai cara menampilkan marketplace di facebook beserta cara berjualan dan optimasi penjualan, Kamu bisa berjualan dan meningkatkan penjualan kamu dengan memanfaatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *