Gaya Hidup

13 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Cara mengatasi rambut rontok – Rambut rontok bukan hanya bisa merusak penampilan, tapi juga menjadi tanda terjadinya beragam kondisi gangguan kesehatan, seperti...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
cara mengatasi rambut rontok
rambut rontok
Sumber Gambar : genpi.co

Cara mengatasi rambut rontok – Rambut rontok bukan hanya bisa merusak penampilan, tapi juga menjadi tanda terjadinya beragam kondisi gangguan kesehatan, seperti kekurangan asupan gizi, stres, pola hidup tidak sehat, dsb.

Oleh karena itu, tidak heran jika cara mengatasi rambut rontok alami selalu diminati oleh banyak orang.

Mengalami rambut rontok adalah sesuatu yang wajar, tapi apabila rontok secara berlebihan maka bisa mengakibatkan sesuatu lebih serius.

Kerontokan dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan rambut tertentu, maupun memanfaatkan bahan alami yang tidak memiliki efek samping.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

1. Aloe Vera

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk menyuburkan rambut. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan zat besi, vitamin A, vitamin D, dan protein, yang berkhasiat untuk mencegah kerontokan rambut, dengan cara memproteksi kulit kepala dari berbagai penyakit.

Cara penggunaannya mudah, cukup oleskan produk gel aloe vera atau lidah buaya segar secara merata di rambut dan kulit kepala. Kemudian biarkan 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk hasil optimal, lakukan treatment ini secara teratur.

2. Santan Kelapa

Perawatan rambut dari santan buah kelapa sudah diterapkan sejak zaman nenek moyang.

Di dalam santan terkandung protein yang efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut, mencegah terjadinya kerontokan rambut, dan membuat rambut semakin halus.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda tinggal mengoleskan santan segar ke semua permukaan rambut sampai membasahi kulit kepala, lalu diamkan 20 menit.

Setelah itu, keramas menggunakan shampo seperti biasa, dan rasakan bagaimana hasilnya.

3. Olive Oil

Dalam minyak zaitun terkandung vitamin A, C, D, E, K, kalsium, mineral, dan zinc yang berkhasiat dalam mengurangi kerontokan rambut.

Jadi, bagi Anda yang merasa frustasi karena mengalami rambut rontok akut, maka bisa menjadikan olive oil sebagai solusi.

Cara pemakaiannya gampang, oleskan saja minyak zaitun di rambut dan kulit kepala secara menyeluruh sambil dipijat lembut.

Setelahnya, diamkan sekitar 30 menit dan keramas dengan shampo seperti biasa. Untuk hasil lebih cepat, maka lakukan treatment setiap hari.

4. Yoghurt

Selain dijadikan minuman dan makanan konsumsi yang lezat serta sehat, produk turunan susu ini juga memiliki khasiat lain, salah satunya adalah mengatasi rambut yang rontok.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin D, kalium, kalsium, dan protein untuk menutrisi rambut.

Mengatasi kerontokan dengan yoghurt terbilang mudah. Anda bisa mengoleskan yoghurt tawar di permukaan rambut diikuti memijat kepala.

Setelahnya, tunggulah sekitar 15 menit, lalu bersihkan rambut menggunakan air bersih dan shampo.

5. Alpukat

Buah alpukat mengandung protein tinggi yang berkhasiat menguatkan  akar rambut dan menyehatkan kulit kepala. Alpukat dapat dimanfaatkan sebagai masker.

Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa menggunakan masker tersebut setidaknya 3 kali seminggu.

Membuat masker alpukat tidak begitu sulit, Anda tinggal menghaluskan buah alpukat hingga teksturnya mengental.

Nah, kemudian aplikasikan pada seluruh permukaan rambut selama 10 – 15 menit, setelahnya bilas rambut dengan air bersih.

6. Green Tea

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teh hijau Jepang. Dalam daun teh hijau terkandung antioksidan tinggi yang berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, green tea terkenal ampuh mengatasi kerontokan rambut.

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup seduh 2 kantong green tea menggunakan air panas, kemudian diamkan sampai air jadi hangat.

Setelahnya, oleskan air pada kulit kepala serta akar rambut dan biarkan sekitar 1 jam. Terakhir, bilas rambut sampai bersih.

7. Pisang

Selain memiliki rasa manis yang membuat ketagihan, ternyata buah pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif mengatasi rambut kusam dan rontok.

Sedangkan jenis pisang yang boleh digunakan bebas. Jadi, pisang apa saja bisa dipakai.

Pisang kaya akan vitamin yang bagus untuk kesehatan rambut. Supaya hasil lebih optimal, maka bisa membuat masker pisang ditambah madu, olive oil, dan santan.

Setelah masker selesai, tinggal diaplikasikan di kulit kepala dan rambut sebagaimana masker rambut biasa.

8. Putih Telur

Bagian putih telur mengandung protein dan sulfur yang dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut, serta mengatasi kerontokan.

Jadi, bagi Anda yang mengalami masalah rambut rontok, maka bisa membuat masker telur dengan tambahan madu dan minyak zaitun.

Semua bahan tersebut dimasukkan dalam sebuah wadah dan diaduk merata. Setelah itu, oleskan masker tersebut ke area kulit kepala dan rambut. Biarkan sampai kering, barulah keramas dengan shampo hingga hilang baunya.

9. Jambu Biji

Di samping memiliki rasa manis dan lezat, buah jambu biji juga kaya akan vitamin B3, B5, B6, dan vitamin C yang ampuh dalam memperbaiki kerusakan rambut, menghentikan kerontokan rambut, serta membersihkan area kulit kepala dari berbagai macam penyakit.

Buah jambu biji segar bisa diolah manual menjadi masker, dengan cara menghancurkan buah hingga lembut, kemudian tambah 1 putih telur.

Setelah kedua bahan tercampur sempurna, tinggal dioleskan pada  rambut, diamkan 30 menit, dan terakhir keramas.

10. Lemon

Air perasan buah lemon segar bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi cara mengatasi rambut rontok.

Sebuah riset menyebutkan, bahwa air lemon berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampak lebih sehat.

Guna mendapat manfaatnya, Anda tinggal memeras 1 – 2 buah lemon segar, lalu oleskan pada kulit kepala serta rambut sekitar 15 menit. Setelahnya, keramas seperti biasa.

11. Bawang Putih dan Bawang Merah

Sejak zaman dahulu, jus bawang putih dicampur bawang merah memang dikenal ampuh dalam mengatasi kerontokan pada rambut.

Dilansir di The Journal of Dermatology, disebutkan kalau rambut rontok bisa dicegah dengan memakai masker bawang.

Bawang mengandung sulfur tinggi dan terbukti efektif dalam mengurangi rambut yang rontok parah. Supaya hasil lebih maksimal, usahakan Anda melakukan treatment ini setidaknya 2 – 3 kali seminggu.

12. Daun Bit

Selain buahnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, daun bit juga kaya dengan vitamin B6, vitamin C, asam folat, betaine, kalium, dan mangan.

Semua kandungan di dalam daunnya sangat penting untuk menjaga pertumbuhan serta kesehatan rambut.

Supaya mendapatkan manfaatnya, cukup rebus beberapa lembar daun bit segar, lalu dihaluskan dengan tambahan beberapa lembar daun henna.

Setelah berbentuk pasta, tinggal gunakan sebagai masker rambut, biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

13. Mengkonsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Dilansir dari Medical News Today, riset yang dilakukan pada tahun 2017 silam menemukan apabila beberapa partisipan yang memiliki rambut rontok ternyata kekurangan asupan protein, serta asam amino. Oleh sebab itu, konsumsi makanan berprotein sangat dianjurkan.

Beberapa makanan yang kaya akan protein, di antaranya adalah, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dada ayam, keju cottage, oatmeal,  greek yoghurt, susu, daging tanpa lemak, brokoli, ikan tuna, quinoa, udang, dan lain sebagainya.

Selain mengaplikasikan beberapa cara mengatasi rambut rontok dari luar seperti menggunakan masker dari bahan alami, sebaiknya juga diikuti dengan mengkonsumsi makanan sehat, terutama yang kaya akan kandungan protein. Dengan begitu, maka hasilnya bisa lebih cepat terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *