Gaya Hidup

7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari

Sering susah tidur atau insomnia di malam hari, pastinya pernah dialami oleh siapa saja. Tentunya kondisi ini akan menurunkan kualitas tidur. Bagi...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
insomnia
susah tidur
Sumber Gambar : https://blog.regopantes.com/

Sering susah tidur atau insomnia di malam hari, pastinya pernah dialami oleh siapa saja. Tentunya kondisi ini akan menurunkan kualitas tidur.

Bagi kamu yang sering mengalami insomnia, berikut beberapa tips mengatasi susah tidur secara sehat yang bisa mulai kamu lakukan!

Cara Mengatasi Susah Tidur

Penting untuk diketahui, kualitas tidur yang cukup juga menunjang kualitas hidup yang lebih baik. Untuk itu, kamu bisa mengatasi susah tidur dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

Membuat Jam Tidur dan Bangun Tidur Secara Teratur

tidur tepat waktu
Sumber Gambar : https://infozauk.com/

Mengatur pola tidur yang baik adalah langkah awal untuk mengatasi insomnia. Pastikan kamu tidur dan bangun di jam yang udah kamu tentukan. Tujuannya, agar tubuh terbiasa dengan jadwal tersebut.

Membuat suasana kamar Tidur Lebih Nyaman

tidur nyaman
Sumber Gambar : https://cdn-brilio-net.akamaized.net/

Suasana kamar sangat mempengaruhi kualitas tidur. Kamar yang terlalu bising, panas dan terang bisa membuat Kamu jadi susah tidur.

Pastikan kamar kamu sunyi dan sejuk, sehingga otak akan mengirim sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur. Kenyamanan tempat tidur sangat mempengaruhi kualitas tidurmu.

Relaksasi Sebelum Tidur.

relaksasi sebelum tidur
Sumber Gambar : https://cdn.idntimes.com/

Sempatkan waktu sebelum tidur untuk melakukan relaksasi agar tubuh dan pikiran lebih santai. Lakukan Meditasi, cara ini dapat membantu menenangkan pikiranmu dan membuat tubuh lebih rileks sembari mengistirahatkan otak setelah menjalani hari-hari panjang.

Sugestikan ke diri bahwa sekarang saatnya istirahat agar besok bisa beraktivitas maksimal. Ulangi ini sampai tubuh benar-benar rileks

Mandi Dengan Air Hangat.

mandi air hangat
Sumber Gambar : https://hamarawarangal.in/

Cara mengatasi susah tidur yang efektif yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur. Air hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan Anda lebih rileks dan segar. Dengan begitu tubuh akan lebih rileks dan mata cepat ngantuk.

Minum Susu Hangat

susu hangat
Sumber Gambar : https://www.holamigo.id/

Setelah Anda mandi dengan air hangat minum susu hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh anda lebih rileks lagi.

Rasa hangat dari susu yang Anda minumt akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Batasi konsumsi yang Mengandung kafein

drink-coffee
Sumber Gambar : https://majalah.ottencoffee.co.id/

Seperti yang kita tahu kandungan kafein bisa membuat seseorang terjaga dan susah tidur. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga teh, minuman bersoda dan minuman penambah energi.

Sebagai pengganti, Anda bisa minum susu hangat sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif.

Kurangi Penggunaan Gadget Saat Hendak Tidur.

main gadget
Sumber Gambar : https://suluh.co/

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah kurangi aktivitas yang membuat Anda semakin terjaga dan aktif, seperti menonton televisi, aktif sosial media dan bermain game di smartphone.

Perlu di ketahui, cahaya biru dari ponsel dapat memengaruhi produksi melatonin, yakni salah satu hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga : 7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *