Keuangan

4 Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Terbebas Dari Hutang

Dengan mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga secara baik. Seluruh kebutuhan akan terpenuhi dengan lancar, hidup tenang tanpa bayang-bayang utang. Advertisement Pengelolaan...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
Cara mengatur keungan
Cara mengatur keungan
Sumber : www.achematlistrik.id

Dengan mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga secara baik. Seluruh kebutuhan akan terpenuhi dengan lancar, hidup tenang tanpa bayang-bayang utang.

Advertisement

Pengelolaan uang keluarga tidak terlalu berbeda dengan mengelola anggaran sebagai satu orang atau bahkan sebagai pasangan.

Hal terbesar yang perlu Anda pikirkan adalah di mana pengeluaran Anda, dan jika Anda perlu memikirkan kembali pengeluaran Anda.

Sebab itu, berikut ini adalah cara mengatur keuangan rumah tangga yang mungkin perlu Anda pelajari lebih lanjut dengan seksama.

Cara Membuat Anggaran Keuangan Keluarga

Lihatlah laporan bank Anda untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak uang yang disetorkan setiap bulan dan letakkan angka itu di atas.

Kemudian lihat laporan-laporan itu dan laporan kartu kredit Anda untuk membuat daftar apa yang Anda belanjakan setiap bulan.

Lakukan ini selama beberapa bulan untuk melihat apakah Anda dapat mengidentifikasi pola pengeluaran biaya bulanan untuk item pada anggaran yang berbeda-beda.

Setelah Anda memiliki anggaran keluarga selama sebulan, Anda dapat mengetahui rencana anggaran Anda untuk tahun itu dengan memperkirakan biaya dan pengeluaran Anda serta berapa banyak yang berpotensi Anda simpan.

Anda dapat menetapkan target pengeluaran dengan dua cara:

  • Ambil rata-rata 3 bulan pengeluaran secara khusus dan tetapkan rata-rata sebagai jumlah pengeluaran target Anda.
  • Untuk tagihan yang berfluktuasi secara musiman, tinjau tagihan dari tahun lalu untuk menemukan bulan paling mahal. Kemudian tetapkan itu sebagai target Anda.

Anda juga akan melihat pada perencana anggaran keluarga bahwa tabungan dimasukkan sebagai item baris yang dianggarkan.

Termasuk target penghematan dalam anggaran Anda terbukti membantu keluarga menghemat uang, daripada meninggalkan tabungan untuk apa yang tersisa di akhir bulan.

Tentukan berapa banyak yang mampu Anda tabung setiap bulan, lalu jadikan item baris dalam anggaran Anda.

Manajemen Uang untuk Keluarga

Menjalankan sebuah keluarga lebih dari sekadar pengeluaran bulanan. Ini juga kegiatan ekstrakurikuler, pengasuh anak, belanja sekolah, liburan keluarga, dan pengeluaran liburan, maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik

Mengelola uang Anda secara bertanggung jawab adalah salah satu aspek terpenting dari penganggaran. Keluarga harus selalu mengutamakan biaya menjalankan rumah tangga.

1. Kembali ke Pengeluaran Sekolah dan Liburan

Keuangan pendidikan
Sumber : www.radartasikmalaya.com

Penting untuk memikirkan acara pengeluaran besar lainnya yang terjadi setiap tahun dan pastikan Anda mempersiapkannya terlebih dahulu.

Jika Anda tahu Anda perlu membeli pakaian baru, sepatu dan perlengkapan sekolah untuk anak-anak Anda jatuh, perencanaan enam bulan ke depan harus memberi Anda cukup simpanan untuk membeli apa yang Anda butuhkan tanpa merasakan kesulitan keuangan.

Itu sama untuk belanja liburan. Akan sangat membantu jika membeli hadiah sepanjang tahun, jika Anda mampu.

Dengan cara ini ketika liburan tiba, Anda sudah memiliki simpanan hadiah yang disingkirkan dan tidak meraup sedikit uang atau stres karena tidak bisa mendapatkan hadiah yang sempurna untuk orang yang Anda cintai.

2. Jangan Lupa Perencanaan Liburan!

perencanaan liburan
Sumber : thejuliahotel.com

Setelah Anda merasa semuanya telah dianggarkan dan diperhitungkan, maka sebuah keluarga dapat memulai perencanaan anggaran untuk hal-hal seperti kegiatan ekstrakurikuler dan liburan.

Pengeluaran semacam itu seringkali membutuhkan teknik menabung yang rajin dan perencanaan terlebih dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik untuk uang Anda.

Merencanakan liburan keluarga dengan anggaran memungkinkan Anda untuk benar-benar melihat semua biaya yang dikeluarkan untuk pergi ke suatu tempat dan mengantisipasi biaya Anda.

Ini membantu Anda mengetahui berapa banyak yang harus Anda hemat untuk melakukan perjalanan ke, Disney World, misalnya.

Mengambil liburan keluarga dapat menjadi alat ikatan yang penting bagi keluarga dan yang harus dimasukkan ke dalam anggaran di awal setiap tahun, atau kapan pun keluarga Anda memodifikasi anggaran mereka. Ini benar bahkan jika keluarga Anda berhadapan dengan hutang.

3. Manajemen Hutang Keluarga

Hutang
Sumber : files.diarioextra.com

Mungkin sulit mengelola kebutuhan keluarga ketika ada hutang. Tetapi penting untuk membuat anggaran untuk memprioritaskan pengeluaran dan hutang terpenting Anda sehingga Anda dapat bekerja untuk keluar dari hutang.

Mengelola utang secara efektif sangat penting agar Anda dapat fokus menabung untuk hal-hal seperti pendidikan anak-anak Anda dan pensiun Anda sendiri.

Penganggaran penting ketika mencari cara untuk mengeluarkan keluarga Anda dari hutang. Lihat di mana Anda berpotensi mengurangi pengeluaran.

Seringkali, Anda dapat menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran yang diperlukan, seperti makanan, untuk membebaskan uang untuk melunasi hutang.

 Cara Manajamen Hutang Keluarga

  • Langkah 1: Temukan Cara Untuk Mengurangi Anggaran Anda

Menurut data terbaru dari USDA, rencana belanja bahan makanan moderat untuk keluarga dengan empat biaya antara $ 203,90 dan $ 243,40 tergantung pada usia anak-anak.

Bulanan yang bisa berjalan lebih dari $ 1.000 sebulan, dan itu tidak termasuk makan di luar. Memahami sesuatu yang sederhana seperti apa yang Anda beli dapat membuat keajaiban.

Kemudian Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kupon atau berpindah merek untuk membantu Anda menghemat.

Biaya bulanan lainnya dapat dinegosiasikan seperti asuransi mobil, telepon atau kabel. Anda juga dapat menghemat listrik dan membantu lingkungan dengan mengganti beberapa bola lampu.

Cara lain untuk menambah uang ke anggaran Anda jika ada waktu dalam jadwal Anda, bisa mengambil pekerjaan kedua untuk uang tunai tambahan.

Jika ini tidak memungkinkan, pikirkan tentang menjual barang-barang di rumah Anda yang tidak lagi Anda gunakan untuk biaya tambahan. Anda bahkan dapat mengubah hobi seperti merajut atau hasil karya menjadi bisnis sampingan.

Baca Juga : Lakukan 4 Cara Ini Agar Rumah Tanggamu Terhindar Dari Masalah Keuangan

  • Langkah 2: Prioritaskan Utang Anda Untuk Pembayaran Kembali

Setelah Anda menemukan cara untuk mendapatkan uang tunai tambahan dalam anggaran Anda, cari tahu ke mana harus pergi.

Apakah akan digunakan untuk membayar hutang kartu kredit lama atau pinjaman mahasiswa? Atau mungkin Anda dapat meningkatkan pembayaran sedikit pada kartu kredit Anda dan mengatur untuk keluar dari uang tambahan.

Dengan begitu, Anda dapat menghindari biaya tambahan dan suku bunga dari meletakkan biaya liburan Anda pada kartu kredit.

Saat mengelola utang keluarga, penting untuk memikirkan kebutuhan Anda versus keinginan dan memprioritaskan secara efektif. Kadang-kadang hutang bisa sangat besar dan membuat Anda merasa ingin menyerah.

Untungnya ada banyak alat penganggaran yang tersedia, dari metode sederhana seperti menuliskannya atau menggunakan amplop uang tunai, hingga aplikasi dan spreadsheet penganggaran.

4. Mengelola Hutang Pinjaman Siswa

biaya pendidikan
Sumber : www.termometrosocial.es

Saat membesarkan keluarga, mudah untuk mengabaikan hal-hal yang belum terjadi, seperti semua biaya kuliah. Tetapi sebuah keluarga juga tidak ingin dipukul dengan biaya-biaya ini, berjuang selama tahun kedua anak Anda untuk menutupi biaya kamar asrama, serta hipotek rumah.

Menurut data 2016 dari TICAS, The Institute for College Access and Success, lulusan meninggalkan perguruan tinggi dengan utang antara $ 25.000 dan lebih dari $ 36.000, tergantung pada keadaan di mana mereka pergi ke sekolah.

Jika Anda dapat mengelolanya dalam anggaran Anda, cobalah menabung untuk pendidikan anak-anak Anda sekarang.

Bahkan sejumlah kecil dapat membantu mengimbangi biaya ketika tiba saatnya untuk mengirim Junior ke universitas.

Pemikiran seperti ini akan berguna di telepon, membantu memotong biaya untuk orang tua, serta menjaga siswa Anda dari terlalu banyak hutang kuliah. Pengajuan beasiswa juga dapat membantu meringankan sebagian beban keuangan.

Mengajari anak-anak Anda kebiasaan uang yang tepat sejak dini dapat membantu mereka keluar dari kesulitan keuangan di kemudian hari.

Advertisement

Dan ingat, anggaran yang baik hanya sebaik orang yang mengikutinya. Jadi, cerdaslah untuk tetap pada rencana yang Anda buat untuk Anda dan keluarga Anda. Itulah cara mengatur keuangan keluarga yang benar-benar worth-a-try.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *