Keuangan

Gaji 5 Juta/Bulan, Bagaimana Cara Mengatur Keuangan yang Benar?

Mengatur keuangan mungkin sulit bagi beberapa orang, mungkin termasuk Anda yang sedang membaca ini. Mengatur gaji di bawah 5 juta di era millenial...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan. Image via www.google.com

Mengatur keuangan mungkin sulit bagi beberapa orang, mungkin termasuk Anda yang sedang membaca ini. Mengatur gaji di bawah 5 juta di era millenial seperti sekarang ini menjadi sebuah tantangan. Sebab banyak hal yang membuat kita semakin mudah dalam membelanjakan uang kita. Dari online shop dan berbagai aplikasi e-money lainnya.

Advertisement

Oleh karena itu wajib bagi Anda untuk memperhatikan keuangan dengan cermat. Bahkan tidak jarang diantara Anda sudah kehabisan uang di pertengahan bulan. Hal tersebut bisa terjadi karena pengeluaran yang tidak dikelola dengan baik.

Tips Mengatur Gaji di Bawah 5 Juta

Mengatur keuangan sebenarnya cukup mudah jika dilakukan secara konsisten, bahkan sekarang sudah tersedia aplikasi di smartphone untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Mengelola keuangan akan semakin mudah dengan tips berikut:

1. Buatlah Anggaran

Rencanakan semua kebutuhan bulanan Anda. Buatlah daftar pengeluaran  menjadi dua bagian, primer dan sekunder. Kebutuhan primer seperti makan, tagihan listrik, cicilan rumah, uang bensin, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan sekunder dapat berupa travelling, liburan, hingga biaya hangout bersama teman atau rekan kerja Anda.

2. Utamakan Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji utamakan untuk membayar segala jenis tagihan Anda. Hal tersebut penting agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Pisahkan antara kewajiban dan kebutuhan sehari-hari, dengan itu akan membuat anda lebih tenang untuk pengeluaran kebutuhan lainnya.

3. Sisihkan Untuk Ditabung

Sebelum menggunakan gaji untuk pengeluaran sehari-hari, sisihkan sebagian untuk ditabung. Hal tersebut guna menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting. Selain menekan pengeluaran, Anda sudah berinvestasi untuk masa depan dengan tabungan yang dimiliki.

4. Buatlah Dua Rekening Bank

Dengan memiliki dua rekening bank yang berbeda, Anda bisa memilih salah satunya hanya sebagai tabungan saja dan yang lain sebagai menyimpan gaji dan pengeluaran sehari-hari. Menabunglah seakan itu menjadi suatu pengeluaran yang wajib di setiap bulannya.

5. Buatlah Laporan Keuangan Harian

Jika Anda belanja atau sekedar hangout bersama rekan kerja, simpanlah semua struk pembelian. Catat semua pengeluaran pada hari itu agar dapat mengetahui kemana saja uang tersebut Anda belanjakan. Membantu Anda menganalisa barang dan hal tersebut apakah harus dibeli atau tidak pada bulan depan.

Baca Juga : Lakukan 4 Cara ini Agar Rumah Tanggamu Terhindar dari Masalah Keuangan

6. Investasi

Setelah menyisihkan untuk pengeluaran sehari-hari dan tabungan tetapi masih memiliki cukup uang, hendaklah berinvestasi dengan mengikuti Reksadana, Asuransi, maupun membeli emas dan perhiasan yang bernilai jual tinggi.

Investasi berbeda dengan menabung, jika menabung uang bisa Anda ambil kapanpun kalau Investasi adalah menyimpan uang dengan bentuk lain dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu, akan tetapi akan menguntungkan di masa depan.

7. Bijaklah Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, jika dalam menggunakannya sesuai kebutuhan dan cerdas mengambil keputusan. Misal kartu kredit Anda mendapatkan harga promo dalam membeli suatu produk, maka hendaklah gunakan kesempatan tersebut untuk berbelanja.

8. Buatlah Perbandingan

Perbandingan antara pengeluaran dan anggaran harus seimbang. Jika pengeluaran malah melebihi anggaran bulanan, maka ada hal yang harus Anda perbaiki, baik dari segi Anggaran maupun pengeluaran bulanan.

Advertisement

Beberapa cara mengatur keuangan dan gaji diatas adalah sebagai salah satu usaha dalam menekan pengeluaran. Bijaklah menggunakan gaji Anda dengan memikirkan matang-matang sebelum membelanjakannya. Anda juga harus membiasakan diri dengan mencatat segala pendapatan dan pengeluaran. Dengan begitu Anda sudah bisa mengatur gaji di bawah 5 juta dalam satu bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *