Gaya Hidup

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olahraga.

Ada berbagai macam cara mengecilkan perut buncit mulai dari rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan menjalani gaya hidup sehat. Olahraga merupakan cara...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
mengecilkan perut
Sumber Gamar : https://drkristinsfitnessrx.com/

Ada berbagai macam cara mengecilkan perut buncit mulai dari rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan menjalani gaya hidup sehat.

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengecilkan perut buncit. Selain dapat membakar lemak di perut, olahraga juga mampu membentuk otot pada perut sehingga perut dapat terlihat lebih indah.

Nah, untuk kamu yang ingin mengecilkan perut, berikut beberapa tips olahraga yang perlu kamu lakukan.

Olahraga yang Dapat Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat.

Dengan berolahraga secara teratur maka kamu akan terhindar dari penumpukan lemak di bagian perut. Berikut 10 olahraga yang di yakini mampu mengecilkan perut buncit, jika di lakukan secara teratur.

Sit Up

sit up
Sumber Gambar : https://kto-chto-gde.ru/

Sit up merupakan salah satu gerakan olahraga yang dapat menguatkan dan mengencangkan otot perut. Cukup lakukan push up selama 10-15 kali dan ulangi sebanyak 3 set.

Lying Leg Raise

lying leg raises
Sumber Gambar : https://hips.hearstapps.com/

Gerakan leg raise berpusat pada otot perut bawah. Gerakan ini dilakukan sambil berbaring terlentang, Anda harus menaikkan kaki ke atas, lurus tanpa ditekuk sama sekali.

Meskipun terbilang cukup mudah, dengan melakukan gerakan ini beberapa set, otot perut terasa panas karena pembakaran lemak yang terjadi. Untuk melalukannya ikuti tahapan berikut:

  • Baringkan tubuhmu di lantaiatau matras.
  • Letakkan kedua tanganmu di samping
  • Rapatkan kedua kaki dan angkat hingga membentuk sudut siku-siku
  • Turunkan kaki tanpa menyentuh lantai
  • Ulangi gerakan ini hingga 2-3 set, masing-masing 10 hitungan.

Bicycle Crunch

BICYCLES
Sumber Gambar : https://media.self.com/

Bicycle crunch hampir mirip dengan gerakan mengayuh sepeda, olaraga ini dilakukan sembari terlentang dan mengayunkan kedua kaki.

Bicycle Crunches berfokus pada otot perut secara keseluruhan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Bila kamu melakukan gerakan ini secara teratur maka kamu akan mendapatkan perut ramping yang sehat. Caranya cukup mudah, ikut langkah berikut:

  • Baringkan tubuhmu di lantai
  • Topang kepalamu dengan kedua telapak tangan
  • Angkat kedua kaki secara bersamaan dan gerakkan kakimu seolah kamu sedang mengayuh sepeda
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali.
  • Ulangi gerakan sebanyak 3 set

Cross crunch

Cross crunch1
Sumber Gambar : https://www.verywellfit.com/

Selain membuang lemak, Gerakan cross crunch juga dapat membuat otot paha dan punggung Anda jadi semakin kuat.

Gerakan ini harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, apabila caranya salah, Anda rentan cedera. Untuk melalukannya ikuti tahapan berikut:

  • Berbaring telentang di matras dengan tangan dan kaki diagonal keluar, sehingga tubuh Anda membentuk huruf “X”.
  • Angkat tangan dan bahu kanan untuk menyentuh kaki kiri yang juga diangkat keatas.
  • Kembali ke posisi semula, dan lakukan juga gerakan yang sama pada tangan dan bahu kiri untuk menyentuh kaki kanan.
  • Ulangi gerakan sebanyak 2-3 set, masing-masing 8 -12 hitungan

Elbow Plank

leg raise
Sumber Gambar : https://i.ytimg.com/

Gerakan ini adalah cara mengecilkan perut yang sederhana dan sangat efektif untuk menghancurkan lemak perut.

Elbow Plank tidak hanya membakar lemak tapi juga membuat mengencangkan oto perut, kaki lengan dan pinggul. Untuk melalukannya ikuti tahapan berikut:

  • Posisikan tubuh menghadap ke lantai ( posisi push-up )
  • Angkatlah badan hingga posisi siku membentuk suduk siku-siku, jaga posisi punggung kamu agar tetap lurus, dan tahan badanmu
  • Cobalah untuk menstabilkan tubuh saat posisi plank selama mungkin sembari mengambil napas lambat.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3 kali.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Perut Buncit Secara Alami danTanpa Olahraga

Side Plank

side plank
Sumber Gambar : https://hips.hearstapps.com/

Berbeda dengan gerakan plank sebelumnya, olahraga mengecilkan perut ini mengharuskan Anda menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Gerakan ini berfokus pada otot inti tubuh, yang selama latihan bekerja keras menopang postur tubuh agar tetap stabil. Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  • Mulai dari salah satu sisi Anda seperti gambar di atas.
  • Pertahankan posis pinggul di atas selama 30-45 detik.
  • Kemudian turunkan kembali, tapi tetap berada di udara dan tidak menyentuh lantai.
  • Ulangi gerakan tersebut hingga 2-3 set, masing-masing 10 hitungan.
  • Lakukan gerakan yang sama di sisi tubuh sebaliknya

Jogging

hidup sehat
Sumber : i.tv100.com

Jogging merupakan olah raga paling mudah untuk mengecilkan perut buncit yang bisa kamu lakukan.  kamu cukup mengenakan baju dan sepatu olahragamu dan kamu telah siap untuk jongging.

Prinsip olahraga ini yang terpenting adalah tetap bergerak karena kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar secara bertahap.

Cukup dengan melakukan jogging minimal 30 menit sehari dapat membakar 500-900 kalori tubuh.

Bersepeda

Bersepeda
Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengecilkan perut buncit. Apabila kamu hobi bersepeda, kamu dapat menjadikan hobimu sebagai cara untuk mengecilkan perut.

Pada saat kamu bersepeda, tidak hanya oto paha dan kaki saja yang bekerja, melainkan juga beberapa otot tubuh lannya.

Cukup dengan bersepeda rutin minimal selama 30 menit dan kalori dalam tubuh sudah terbakar sekitar 300 kalori dan kamu akan mendapatkan perut ideal yang diidamkan banyak orang.

Sebaiknya lakukan bersepeda di pagi atau sore hari secara rutin dan mencari rute yang syahdu supaya bisa menghirup udara segar.

Renang

berenang
Sumber Gambar : https://www.honestdocs.id/

Berenang adalah salah satu latihan kardio terbaik untuk mengecilkan perut. Saat berenang, banyak sekali anggota tubuh yang bergerak.

Setiap gerakan ini pun akan turut mempengaruhi otot-otot yang berada di sekitar perut, sehingga dapat juga menghilangkan perut buncit.

Bermain Hola Hoop

holahop
Sumber Gambar : https://s1.bukalapak.com/

Hula hoop memang terkesan seperti permainan, namun bermain hula hoop selama 30 menit dapat membakar sebanyak 150 hingga 200 kalori.

Gerakan hula hoop cukup efektif dalam membakar kalori terutama area perut dan pinggang.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa di lakukan untuk menghilangkan lemak di perut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga : 7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *