Multimedia

8 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Di jaman serba digital tidak seikit orang yang menghasilkan uang dari internet, terutama Blog. Blog bukan...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
blog-1

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Di jaman serba digital tidak seikit orang yang menghasilkan uang dari internet, terutama Blog. Blog bukan hanya tempat untuk menulis artikel saja, melainkan blog juga bisa menjadi salah satu cara Anda menghasilkan uang.

Advertisement

Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, mulai dari berjualan produk hingga Google AdSense.

Blog seperti apa yang berkualitas dan bisa menghasilkan uang? Selengkapnya dapat Anda baca di artikel ini.

1. Membeli Domain Hosting.

domain hosting
Sumber Gambar : https://www.altushost.com/

Langkah pertama untuk memulai membangun blog adalah dengan membeli domain hosting terlebih dulu.

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat server komputer agar lebih mudah dalam mengingat, aslinya domain adalah alamat IP Address yang yang rumit.

Sedangkan hosting adalah tempat menyimpan file dan data website sehingga dapat diakses melalui jaringan internet.

2. Tentukan Platform Blog.

platform blog
Sumber Gambar : https://www.weblinkindia.net/

Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress. Setiap masing-masing platform blog mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dari semua itu menurut data yang didapat WordPress adalah platform blog yang paling banyak pengguna, karena support dan ketersediaan plugin lebih lengkap. WordPress sangat cocok untuk Anda jika ingin membuat blog yang berkualitas.

3. Riset Keyword.

Ubersuggest-by-Neil-Patel
Sumber Gambar : https://qwords.com/

Keyword adalah kata kunci yang sering diketikan dalam mesin pencari di Google. Tujuan utama riset keyword adalah untuk mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari orang di mesin pencari Google.

Semakin banyak pencarian berarti akan semakin besar pula potensi pengunjung yang akan datang menuju blog Anda.

Tetapi perlu diketahui juga semakin banyak pencarian terhadap keyword tertentu biasanya dari segi optimasinya akan lebih sulit. Untuk pemula mulailah dengan mencari keyword yang persaingannya ringan terlebih dahulu.

4. Buat Konten yang Menarik dan Bermanfaat.

Setelah Anda melakukan riset keyword langkah selanjutnya adalah adalah membuat konten blog yang menarik. Kunci keberhasilan blog agar banyak pengunjungnya adalah  menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik sehingga pengunjung blog Anda betah berlama-lama di blog.

5. Gunakan Teknik SEO Untuk Meningkatkan Kualitas Blog.

seo
Sumber Gambar ; https://www.seotesteronline.com/

Melakukan optimasi konten dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) sangat penting. Agar Konten-konten yang Anda tulis muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Ada 2 teknik SEO yang banyak digunakan para blogger saat ini yaitu Off Page SEO dan On Page SEO. Keduanya jika dikombinasikan dengan benar untuk bisa mendapatkan peringkat 1 halaman Google adalah hal yang mudah.

6. Promosikan Blog Anda di Social Media.

Langkah enam adalah dengan membagikannya ke beberapa social media. Ada berbagai macam media sosial yang bisa Anda manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi.Tujuannya promosi konten di media sosial ini adalah untuk mendatangkan traffic website Anda.

7. Jaga Kepercayaan Pengunjung.

Jika blog Anda sudah memiliki traffic harian yang stabil dan pembaca yang setia, Anda harus menjaga konsistensi kualitas blog agar tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca.

Cobalah untuk menjaga kepercayaan pengunjung dengan melakukan update konten harian yang rutin. Dengan begitu pembaca akan semakin setia dengan blog Anda.

Dan bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan atau merekomendasikan blog Anda kepada teman-temannya.

Baca Juga : Ingin Memulai Bisnis? Coba 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Ini!

8. Pilih Cara Monetasi.

adsense
Sumber Gambar : https://miro.medium.com/

Langkah terakhir adalah cara monetasi blog. Sekarang saatnya Anda mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Pastikan Blog Anda sudah berkualitas, karena tanpa blog berkualitas, Anda tidak bisa mendapatkan uang dari blog.

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang dari blog dengan cepat.

a. Google AdSense.

Google AdSense adalah program PPC (pay-per-click) milik Google paling populer sampai saat ini. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik website menayangkan iklan.

Anda akan mendapatkan bayaran saat terjadi klik dari pengunjung website. Layanan ini hanya bisa dinikmati bagi para pemilik blog yang sudah Mendaftar Google AdSense.

Baca Juga : Cara Daftar Google AdSense dan Cara Menambahkan AdSense ke WordPress

b. Affiliate Marketing.

Cara kerja affiliate marketing adalah penjualan berbasis komisi. Affiliate Marketing adalah model internet marketing paling populer saat ini.

Afiliasi adalah program kerja sama penawaran produk atau jasa orang lain, jika konsumen membeli barang melalui link Anda, maka Anda juga akan mendapatkan imbalan berupa komisi.

c. Berjualan Produk.

Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, bisa berupa produk digital atau produk fisik.

Jika Anda sudah memiliki pengunjung website yang loyal pasti tidaklah sulit untuk menjual produk-produk kepada mereka.

d. Berjualan Jasa atau Layanan.

Melalui blog, Anda juga bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog, seperti jasa optimasi website SEO, Digital Marketing, pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel dan lainnya. Agar pengunjung blog Anda merasa nyaman gunakan konten-konten softselling,

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghasilkan uang dari blog. Semoga artikel ini cukup membantu Anda memahami cara dapat uang dari blog secara lengkap.

Advertisement

Baca Juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Lagi Populer Saat Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *