Jelajah

12 Cara Menghilangkan Bau Badan Agar Kembali Percaya Diri

Bau badan seringkali menjadi hal yang membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Bau badan sendiri merupakan salah satu ciri sudah pubertasnya seseorang....

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
bau badan
bau badan
Sumber Gambar : medium.com

Bau badan seringkali menjadi hal yang membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Bau badan sendiri merupakan salah satu ciri sudah pubertasnya seseorang.

Advertisement

Meskipun seringkali menjadi masalah, sebenarnya ada cara menghilangkan bau badan yang mudah untuk Anda terapkan.

Dengan menerapkan beberapa cara ini, tentunya bau badan Anda bisa terkontrol dengan baik.

Saat bau badan bisa terkontrol dengan baik, maka tentu Anda akan menjadi lebih percaya diri saat berdekatan dengan orang lain.

Beberapa cara menghilangkan bau badan dengan mudah

cara menghilangkan bau badan
Sumber Gambar : cloudfront.net

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau badan.

Anda juga bisa mencegah kembalinya bau badan dengan beberapa cara ini. langsung saja, berikut ini beberapa caranya:

1. Mandi teratur

Mandi adalah cara pertama untuk menjaga kebersihan diri sekaligus menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri jahat.

Setidaknya, mandilah 2 kali dalam satu hari menggunakan air yang bersih dan sabun yang wangi.

Anda juga bisa menggunakan sabun khusus antibakteri. Sabun jenis ini, biasanya akan lebih tahan lama melindungi Anda dari bau badan tidak sedap akibat bakteri.

Pastikan Anda juga menggosok ketiak dan bagian-bagian lipatan tubuh lainnya yang menjadi sumber bau badan.

Jangan lupa untuk menjangkau bagian-bagian tubuh yang mungkin telah ditumbuhi daki. Hal ini karena daki juga menjadi sumber bau badan Anda.

2. Mencukur bulu ketiak

Ternyata pertumbuhan bulu ketiak juga bisa memperparah bau badan. Bulu ketiak yang lebat akan menghambat penguapan keringat yang keluar.

Ketiak pun jadi lebih lembab dan di situlah bakteri penyebab bau badan bisa berkembang lebih cepat.

Agar ketiak tidak menjadi hitam akibat pencukuran, Anda bisa gunakan krim khusus untuk memudahkan pencukuran bulu ketiak dan menghindari bekas hitam pada ketiak akibat cukuran. Setidaknya, lakukan pencukuran bulu ketiak ini 2 kali dalam satu bulan.

3. Rajin minum air putih

Minum air putih adalah cara menghilangkan bau badan paling mudah. Banyak orang meremehkan rutinitas minum air putih secara cukup. Padahal, minum air putih secara rutin ternyata dapat menghilangkan bau badan.

Air putih yang Anda minum akan diproses dalam tubuh, kemudian akan mengeluarkan segala racun dan bakteri dalam tubuh.

Termasuk bakteri yang menyebabkan bau badan. Racun dan bakteri akan dikeluarkan dalam bentuk urine, sehingga keringat yang menjadi sumber bau badan bisa diminimalisir dengan baik. Ketahui kebutuhan air putih Anda dengan baik agar proses ini bisa bekerja secara optimal.

4. Gunakan deodoran

Saat ini, sudah banyak sekali produk deodoran. Ada beragam jenis aroma harum deodoran untuk ketiak.

Dengan menggunakan deodoran, keringat pada ketiak bisa terkontrol dengan baik. Wanginya juga bisa merubah bau badan jadi lebih wangi.

Namun, penggunaan deodoran secara berlebihan juga tidak baik. Gunakan saat memang benar-benar dibutuhkan, seperti saat Anda akan menghadiri kegiatan di luar ruangan.

5. Gunakan bedak bayi

Selain deodoran, bedak bayi juga mampu memberikan aroma yang harum untuk ketiak yang menjadi sumber bau badan Anda. Namun secara umum, bedak bayi ini tidak akan bertahan lama layaknya deodoran.

Anda bisa menggunakan bedak bayi ini saat berada di dalam ruangan saja, agar bau badan bisa sedikit terkontrol dengan baik. Bedak bayi mungkin tidak bisa mengontrol keluarnya keringat penyebab bau badan dari ketiak.

Namun, aromanya yang harum bisa mempengaruhi bau keringat yang keluar dari ketiak Anda, sehingga bau badan tidak sedap bisa terminimalisir.

6. Oleskan cuka apel

Selain dipercaya mampu merawat kesehatan kulit, ternyata cuka apel juga mampu menumpas bakteri yang menyebabkan bau badan.

Anda bisa gunakan kapas yang diolesi cuka apel, kemudian tempel pada kedua bagian ketiak.

Diamkan hingga kurang lebih 15 menit, dan bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Jika terjadi iritasi pada ketiak, sebaiknya jangan gunakan cara ini lagi dan beralihlah menggunakan cara lain yang lebih cocok.

7. Berhenti konsumsi makan penyebab bau badan

Salah satu hal yang bisa membuat bau badan tidak sedap adalah dari apa yang Anda konsumsi. Semakin sehat makanan yang Anda konsumsi, maka bau badan tidak sedap bisa semakin terkontrol.

Karenanya, jagalah pola makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Contoh beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan aroma bau badan tidak sedap adalah bawang-bawangan, gorengan, junk food, makanan tepung-tepungan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk bisa mengontrol bau badan Anda. Pastikan Anda juga menyeimbangkan dengan minum air putih yang cukup.

8. Konsumsi daun kemangi

Anda tentu sudah tahu bahwa daun kemangi memang dikenal punya aroma yang sedap dan segar.

Hal ini juga karena daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak inilah yang menjadi sumber aroma sedap pada daun kemangi.

Konsumsi daun kemangi yang banyak, ternyata bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Anda bisa menjadikan daun kemangi ini sebagai lalapan makan. Jika ingin yang lebih optimal, Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi jus untuk diminum secara rutin.

9. Rajin konsumsi tomat

Selain tomat, Anda juga bisa memanfaatkan tomat untuk menghilangkan bau badan. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yakni dengan mengkonsumsinya langsung atau dengan melaburkan tumbukan tomat pada bagian sumber bau badan.

Tomat punya kandungan antiseptik yang sangat bagus untuk menghambat pertumbuhan bakteri bau badan.

Agar lebih optimal, Anda bisa gunakan cara langsung mengkonsumsinya. Anda bisa jadikan tomat sebagai campuran salad atau jus. Konsumsi secara teratur untuk hasil terbaik.

10. Rajin olahraga

Mungkin Anda berpikir bahwa olahraga akan menyebabkan Anda mengeluarkan banyak keringat.

Nah, itu justru akan membuat Anda mengeluarkan bau badan yang tidak sedap. Jangan salah, memang berolahraga akan menyebabkan keringat keluar secara berlebih.

Namun Anda harus tahu, bahwa keringat yang keluar karena berolahraga akan membawa serta bakteri yang menyebabkan bau badan.

Sehingga dengan olahraga yang teratur dilakukan, bau badan tidak sedap bisa sedikit demi sedikit hilang.

11. Kenakan pakaian longgar dan menyerap keringat

Pakaian juga dapat mempengaruhi munculnya bau badan yang tidak sedap. Bakteri yang muncul akibat keringat, bisa berkembang dengan cepat jika pakaian yang Anda kenakan tidak menyerap keringat dan ketat.

Pakaian yang longgar akan memberikan kulit lebih bisa bernafas dan memperoleh udara dari luar. Kondisi kulit pun jadi tidak pengap.

Selain itu, gantilah pakaian yang sekiranya sudah dibasahi oleh keringat. Hal ini dilakukan agar bakteri tidak lantas tumbuh dengan cepat.

12. Relaksasi

Relaksasi biasanya diterapkan saat seseorang mengalami stress. Stress bisa menyebabkan keringat yang keluar menjadi berlebihan, dan keringat tersebut bisa memicu bakteri yang menimbulkan bau badan tidak sedap.

Dengan melakukan relaksasi, maka gejala stress bisa terminimalisir. Pola hidup juga jadi lebih sehat, karena pola hidup yang sehat akan menghindarkan bau badan.

Cara menghilangkan bau badan di atas, bisa menjadi referensi untuk Anda yang masih diliputi dengan masalah bau badan.

Aroma bau badan yang tidak sedap bisa beresiko dijauhi oleh orang-orang sekitar. Karenanya, menjaga bau badan itu penting.

Advertisement

Demikianlah informasi yang dapat Kami sajikan mengenai cara menghilangkan bau badan secara alami. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *