Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Medis dan Alami

Cara menghilangkan bau mulut – Bau mulut seringkali menjadi masalah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Advertisement Mulut memanglah sarang bakteri. Namun jika...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
Cara mengatasi bau mulut
Sumber Gambar : lifehacker.com

Cara menghilangkan bau mulut – Bau mulut seringkali menjadi masalah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Advertisement

Mulut memanglah sarang bakteri. Namun jika dirawat dengan baik, mulut tentu tidak akan mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Jika Anda mengalaminya, ada cara menghilangkan bau mulutyang bisa diterapkan.

Masalah bau mulut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini karena bakteri dalam mulut akan terus berkembang jika tidak segera dibasmi.

Selain warna gigi yang kuning, bau mulut juga bisa menjauhkan Anda dari banyak teman karena tidak percaya diri saat berbicara dengan mereka.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dalam Ilmu Medis

Penyebab bau mulut ada banyak sekali. Jika dari penyebabnya saja tidak ditumpas, maka akan sulit menumpaskan aroma tak sedap dalam mulut tersebut.

menangani bau mulut
Sumber Gambar : medkomtek.com

Dalam dunia medis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau pada mulut. Di antaranya adalah:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Salah satu penyebab munculnya bau mulut adalah karena penderita tidak menjaga kebersihan mulutnya.

Mulai dari kebersihan gigi, gusi, hingga lidahnya. Semua bagian mulut tersebut sangat rentan terhadap bakteri.

Bakteri akan sangat mudah berkembang biak jika kondisi mulut tidak dijaga kebersihan. Menjaga kebersihan mulut bisa Anda lakukan dengan rajin menggosok gigi.

Minimal gosoklah gigi dua kali sehari serta pastikan Anda menggosok bagian gusi dan lidah juga saat membersihkan gigi.

2. Kurangi Asupan Manis

Bakteri yang bersarang di mulut, biasanya sangat menyukai sisa-sisa makanan yang manis.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, akan mengundang bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau tak sedap.

Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman manis, namun pastikan setelahnya Anda menggosok gigi atau membersihkan mulut dengan tepat. Sehingga tidak ada sisa makanan yang mengundang bakteri.

3. Mengimbangi Diet dengan Minum Air Secara Cukup

Saat melakukan diet, seseorang akan mengurangi asupan karbohidrat. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keton.

Keton ini punya aroma yang tidak sedap saat dikeluarkan melalui napas. Keton bisa diminimalisir dengan minum air putih secara cukup.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Sisa pembakaran tembakau akan menyisakan bau yang tidak sedap dalam mulut. Ditambah lagi, efek dari seringnya merokok akan membuat mulut kering.

Saat mulut dalam kondisi kering, bakteri penyebab bau mulut akan bersarang dan berkembang.

5. Mengatasi Masalah Asam Lambung

Saat asam lambung seseorang naik, maka hal itu akan membuat aroma mulut jadi bau.

Karenanya, jika Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya atasi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan mulut.

6. Menjaga Pola Makanan dan Minuman

Segala apapun yang Anda makan dan minum, pasti punya pengaruh terhadap bau mulut Anda.

semakin baik jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi, maka bau mulut bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Anda bisa memulai dengan secara rutin konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa untuk rajin minum air putih sesuai kadarnya.

Bila perlu, Anda bisa konsumsi susu segar setiap pagi. Pastikan Anda juga menghindari konsumsi makanan dan minuman dengan yang punya aroma menyengat, seperti pete atau jengkol.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Mulut

mengatasi bau mulut
Sumber Gambar : medkomtek.com

Selain melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut di atas, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk membantu mengurangi bau mulut tak sedap. Beberapa bahan alami tersebut adalah seperti berikut:

1. Permen Karet Rasa Mint

Permen karet ternyata punya khasiat yang luar biasa untuk menghilangkan bau mulut. Saat mengunyah permen karet, mulut akan memproduksi lebih banyak air liur. Air liur yang diproduksi tersebut lantas bisa membantu membersihkan sisa plak gigi.

Selain membantu menetralkan bau mulut, permen karet juga bisa jadi solusi cerdas saat kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menggosok gigi. Hal ini karena permen karet bisa membantu membersihkan mulut secara alami.

Kombinasi rasa mint yang ada pada permen karet akan membantu membuat nafas jadi lebih segar. Sehingga pilihan permen karet rasa mint adalah hal yang tepat untuk Anda coba.

2. Konsumsi Buah Apel

Buah apel dikenal sebagai salah satu buah yang punya kandungan polifenol. Kandungan polifenol ini bisa berfungsi menghilangkan aroma gas dalam mulut yang tidak sedap.

Selain itu, kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghambat perkembangan aktivitas bakteri dalam mulut.

Tekstur apel yang renyah dan segar dikunyah pun dapat membantu membersihkan mulut dari sisa plak, dan memproduksi lebih banyak air liur. Tidak heran jika buah apel sering dijadikan sebagai buah penyegar mulut saat pagi hari.

3. Yoghurt

Makan yang satu ini memang dikenal kaya akan probiotik. Probiotik yang ada dalam yoghurt ini ternyata punya kemampuan mengendalikan hidrogen sulfida yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hidrogen sulfida ini diproduksi oleh bakteri yang bersarang dalam mulut.

Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi yoghurt, maka sebaiknya pilih plain yoghurt atau tanpa rasa.

Yoghurt ini jelas lebih optimal digunakan untuk melawan bakteri jahat penyebab bau mulut.

4. Rajin Minum Susu

Susu adalah minuman penetral rasa dan bau. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa susu memang merupakan minuman penetral bau mulut.

Saat Anda mengkonsumsi makanan dengan bau yang menyengat, susu bisa jadi solusi untuk menghilangkan aroma menyengat tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya minum susu murni yang masih segar tanpa tambahan gula sebagai pemanis rasa.

Dengan tidak menggunakan gula, Anda juga bisa menekan potensi berkembangnya bakteri dalam mulut.

5. Perbanyak Asupan Vitamin C

Ada banyak sekali sumber vitamin C. Anda bisa mencoba untuk secara rutin konsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, dan lain sebagainya.

Konsumsi vitamin C akan membantu mulut memproduksi air liur lebih banyak.

Dari air liur inilah bakteri jahat penyebab bau mulut bisa dibuang secara alami. Konsumsi vitamin C juga bisa mencegah timbulnya sariawan yang merupakan hasil perkembangan bakteri jahat dalam mulut.

6. Daun Sirih

Mungkin Anda masih banyak menemui orang-orang tua yang mengunyah daun sirih. Ternyata hal tersebut membawa khasiat yang bagus untuk kesehatan mulut.

Daun sirih punya kandungan anti bakteri. Sehingga saat dikunyah, ia mampu melawan bakteri mulut.

Selain itu, daun sirih juga bisa menyehatkan mulut dan gigi. Jika Anda enggan mengunyah daun sirih, Anda bisa menggunakan cara lain. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air rendaman daun sirih.

7. Daun Saga

Selain daun sirih, salah satu daun alam yang juga bermanfaat menghilangkan bau mulut adalah daun saga.

Daun ini mampu mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada gigi dan gusi. Kandungannya dipercaya mampu melawan bakteri mulut.

8. Kumur dengan Soda Kue

Soda kue dipercaya punya kandungan alami yang dapat membersihkan sisa-sisa plak dalam mulut. Fungsinya hampir sama dengan mouthwash atau obat kumur.

Namun demi keamanan, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dulu dengan dokter soal penggunaan soda kue ini.

Dengan menerapkan beberapa cara menghilangkan bau mulut secara sehat dengan bahan-bahan alami di atas, bau mulut bisa Anda hindari dengan baik dan tepat.

Senantiasa jagalah kesehatan mulut agar bakteri jahat tidak mengeluarkan senyawa penyebab bau mulut.

Advertisement

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *