Gaya Hidup

Cek 15+ Cara Alami Menghilangkan Ketombe yang Membandal

 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang mendapat julukan “penyakit sejuta umat”, sebab semua orang berpotensi besar...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
cara mengatasi ketombe
Sumber Gambar : amazonaws.com

 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang mendapat julukan “penyakit sejuta umat”, sebab semua orang berpotensi besar terserang ketombe.

Advertisement

Meskipun bukan gangguan kesehatan serius, tapi kehadiran ketombe cukup mengganggu. Wajar apabila cara menghilangkan ketombe begitu diburu.

Selain dapat mengganggu penampilan, ketombe juga akan menimbulkan rasa gatal dan tidak jarang membuat kulit kepala jadi bersisik.

Penyebab ketombe sendiri ada banyak, begitu pula dengan cara mengatasinya, mulai dari menggunakan produk hair treatment, hingga penggunaan bahan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

1. Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil

tea tree oil
Sumber Gambar : amazonaws.com

Minyak daun teh memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satunya adalah mengatasi ketombe yang membandel.

Tea tree oil dapat membantu mengurangi tingkat pertumbuhan jamur penyebab ketombe, serta meredakan gatal akibat ketombe.

Cara penggunaannya sangat mudah, campurkan sekitar lima tetes tea tree oil ke dalam shampo yang biasa digunakan keramas, semudian keramas seperti biasanya. Sebelum menggunakannya, pastikan kalau Anda tidak memiliki alergi terhadap tea tree oil.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa

minyak kelapa
Sumber Gambar : grid.id

Untuk menghilangkan ketombe secara alami, maka Anda bisa menggunakan minyak kelapa.

Riset menyebutkan, jika manfaat minyak kelapa untuk rambut yaitu dapat menjaga kelembaban kulit kepala dan bersifat antimikroba, yang berfungsi mencegah tumbuhnya jamur yang jadi penyebab ketombe.

Dalam menggunakannya, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa murni ke permukaan kulit kepala secara merata, lalu biarkan 15 menit.

Langkah terakhir, bilas sampai bersih. Penggunaan secara rutin juga akan memperkuat akar rambut.

3. Cara alami mengatasi ketombe yang membandal dengan baking soda

baking soda
Sumber Gambar : wp.com

Selain dijadikan bahan tambahan dalam memasak adonan kue, baking soda juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi ketombe yang terlanjur parah.

Cara kerja baking soda adalah mengelupas sel-sel kulit mati, serta mengurangi minyak berlebih di kulit kepala.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencampurkan baking soda secukupnya dengan sedikit air, kemudian digosok ke kulit kepala secara merata.

Setelah itu, keramas tanpa shampo hingga bersih. Supaya hasilnya maksimal, ulangi treatment ini secara rutin.

4. Gunakan minyak serai untuk atasi ketombe di kepala

minyak serai
Sumber Gambar : appreciategoods.com

Dalam minyak serai terkandung sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang terkenal ampuh dalam mengusir ketombe.

Menurut sebuah riset yang diterbitkan pada tahun 2015, tonik rambut dengan kandungan minyak serai 10% bisa mengurangi ketombe hingga 81%.

Khususnya setelah pemakaian rutin selama 2 minggu. Supaya lebih aman digunakan, terutama jika Anda memiliki kulit kepala sensitif.

Sebaiknya campurkan minyak serai dengan air, shampo, maupun kondisioner supaya lebih friendly saat digunakan.

5. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel

cuka apel
Sumber Gambar : amazonaws.com/

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah menggunakan apple cider vinegar. Cuka sari apel mengandung enzim yang bisa memusnahkan bakteri dan jamur.

Zat asamnya juga berperan penting dalam menyeimbangankan pH, dan menghilangkan sumbatan pori-pori.

Menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan sangat mudah. Namun, harus terlebih dahulu mencampur 60 ml cuka dan 60 ml air, lalu dimasukkan dalam botol spray.

Setelahnya, tinggal semprotkan liquid ke seluruh kulit kepala dan tutup menggunakan handuk.

6. Usir ketombe dengan daun sirsak

Di dalam daun sirsak terkandung zat bernama acetogenin yang dapat membunuh racun dalam tubuh.

Di samping memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, acetogenin juga bisa membantu membasmi ketombe membandel.

Cara menghilangkan ketombe dengan daun sirsak tidaklah sulit, cukup menghaluskan beberapa lembar daun sirsak dengan sedikit air, lalu gunakan menjadi masker rambut dan diamkan selama 25 menit. Terakhir, bilas bagian rambut dan kulit kepala hingga bersih.

7. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

jeruk nipis
jeruk nipis

Buah jeruk nipis bukan hanya kaya akan kandungan vitamin C, namun juga vitamin B1, B2, B3, B5, protein, serat, karbohidrat, kalsium, zinc, fosfor, kalium, magnesium, asam sitrat, dsb, yang dapat membantu mendorong pertumbuhan bagian akar rambut.

Mengaplikasikan air perasan jeruk nipis secara teratur pada bagian kulit kepala dapat menjadi trik ampuh dalam menghilangkan ketombe secara alami.

Selain itu, jeruk nipis juga akan membuat rambut jadi lebih tebal dan Anda terhindarkan dari masalah kebotakan.

8. Mengatasi ketombe dengan minyak zaitun

minyak zaitun
Sumber : https://i.ytimg.com/

Minyak zaitun merupakan salah satu obat alami dalam mengatasi ketombe secara permanen.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah, yaitu tinggal oleskan saja pada kulit kepala dengan merata, sembari memberikan pijatan ringan supaya minyak meresap.

Setelahnya, Anda diamkan selama 25 – 30 menit, kemudian membilasnya menggunakan air hangat lalu air dingin bersih. Sebaiknya tidak menggunakan shampo saat membilas.

9. Cara alami atasi ketombe dengan bawang merah

bawang merah
Sumber Gambar : media.suara.com

Siapa sangka jika ternyata bawang merah bisa menjadi solusi cara menghilangkan ketombe?

Bumbu dapur ini ternyata sudah lama dijadikan sebagai alternatif mengatasi berbagai macam masalah rambut, termasuk juga ketombe yang bandel dan tidak mau hilang.

Cara menggunakannya cukup simple, ambil beberapa buah bawang merah, lalu kupas, dan haluskan.

Setelah itu, oles merata di kulit kepala, biarkan 10 – 15 menit, kemudian bilas bersih.

Supaya mendapatkan hasil optimal, lakukan treatment ini setidaknya 1 kali seminggu.

10. Cara ampuh usir ketombe pakai garam

Bumbu dapur dengan karakteristik rasa asin satu ini mempunyai sifat scrub yang dapat mengangkat kulit mati di kepala.

Untuk menggunakannya, tinggal gosokkan garam pada permukaan kulit, lalu diamkan 10 menit, dan terakhir bilas dengan air hangat.

11. Manfaat minyak kemiri untuk usir ketombe

Di samping berfungsi sebagai penyubur rambut, minyak kemiri juga dipercaya dapat membasmi ketombe.

Anda hanya perlu mengaplikasikannya di rambut serta kulit kepala secara merata sebelum keramas, lalu biarkan 20 menit, dan bilas menggunakan air bersih.

12. Khasiat minyak almond untuk atasi ketombe

minyak almond
Sumber Gambar : medkomtek.com

Tidak jauh berbeda seperti menggunakan minyak kemiri, Anda juga hanya perlu mengoleskan produk minyak almond murni ke seluruh bagian kulit kepala, kemudian pijat perlahan. Setelahnya, diamkan 25 menit dan keramas tanpa memakai shampo.

13. Cara alami usir ketombe dengan Cuka

Zat asam pada cuka diyakini dapat membunuh ketombe dalam waktu singkat. Caranya gampang, siapkan 1 sendok teh cuka lalu campur dengan beberapa tetes air, dan langsung saja oleskan di kulit kepala secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu keramas.

14. Gunakan shampo anti ketombe

Sumber Gambar : says.com

Menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung asam salisilat, zinc pyrithione, ketoconazole, atau selenium sulfida bisa menjadi penanganan awal dalam mengatasi ketombe. Namun, jangan lupa memijat ringan kulit kepala saat sedang keramas.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya diamkan selama beberapa menit seperti saat mengaplikasikan conditioner lalu bilas sampai bersih.

Gunakan shampo secara teratur dengan tetap mematuhi petunjuk pemakaian supaya tidak mengakibatkan kerusakan rambut.

15. Mengkonsumsi Makanan Kaya Omega-3

omega 3
Sumber : https://d50-a.sdn.cz/

Medical News Today menyebutkan, apabila kekurangan asupan asam lemak atau Omega-3 dapat menjadi penyebab kulit kering, ketombe, dan kuku mudah patah.

Jadi, jika Anda mengalami masalah ketombe berlarut, mungkin penyebabnya adalah kurang omega-3.

Oleh sebab itu, selain fokus mengaplikasikan produk atau bahan alami untuk mengatasi ketombe dari luar.

Sebaiknya treatment juga dibarengi dengan menerapkan pola makan sehat, seperti mengkonsumsi makanan kaya akan asam lemak, misalnya salmon, dsb.

Bukan hanya murah dan mudah, cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami juga jauh lebih aman, karena tidak akan menimbulkan efek samping.

Advertisement

Namun, sebaiknya ketahui tipe kulit kepala Anda terlebih dahulu, karena beberapa bahan dapat menyebabkan iritasi dan alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *