Gaya Hidup

10 Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Perut yang buncit merupakan salah satu masalah yang banyak dialami sebagian besar orang. Advertisement Untuk mengecilkan perut buncit secara alami, dibutuhkan proses...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
penyebab-berat-badan
cewek Buncit
Sumber Gambar : https://cdn-cas.orami.co.id/

Perut yang buncit merupakan salah satu masalah yang banyak dialami sebagian besar orang.

Advertisement

Untuk mengecilkan perut buncit secara alami, dibutuhkan proses yang tidak mudah, seperti olahraga teratur, dan mengatur pola hidup yang sehat.

Tapi, untuk kamu yang tidak suka berolahraga tak perlu khawatir.  Ada cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk memangkas sedikit demi sedikit lemak yang menumpuk di perut.

Berikut ini cara mengecilkan perut buncit secara alam dan tanpa olahraga yang bisa Anda coba di rumah.

konsumsi Buah dan Sayur yang Kaya Serat

makan-normal
Sumber Gambar : https://www.cantikalamiah.com/

Cara menghilangkan perut buncit yang pertama adalah dengan membiasakan mengonsumsi makan berserat tinggi seperti, jagung, alpukat, brokoli, tomat kacang-kacangan dll.

Kandungan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk melahap makanan lebih banyak atau ngemil akan berkurang.

Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Dengan Kadar Gula yang Tinggi

mengkonsumsi gula
Sumber Gambar : https://blogs-insanmedika.b-cdn.net/

Asupan gula yang berlebih merupakan salah satu faktor seseorang memiliki perut buncit. Gula mengandung komposisi setengah glukosa dan setengah fruktosa.

Apabila fruktosa dalam tubuh terlalu banyak,bisa memicu penimbunan lemak di area perut. Tentu saja, ini bukan kabar baik untuk orang yang inginmenghilangkan perut buncit.

Mulailah untuk mengurangi makanan atau minuman mengandung gula. Jika perlu, hindari makanan dan minuman itu agar proses mengecilkan perut bisa berjalan sempurna.

Mengonsumsi Air Putih Secukupnya

minum air putih
Sumber Gambar : https://www.idskinexpert.com/

Megecilkan perut buncit dengan minum air putih? Meski tak masuk akal, tapi faktanya dengan meminum air putih 2 liter setiap hari dapat membakar kurang lebih 95 kalori.

Minum air putih secara rutin juga penting untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal. Selain itu, mengonsumsi air putih juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan juga membantu detoksifikasi dalam tubuh.

Mengonsumsi Teh Hijau Secara Rutin

teh hijau
Sumber Gamar : https://umroh.com/

Rutin minum teh hijau 3-4 kali sehari dipercaya dapat mengecilkan perut buncit. Agar manfaatnya bisa didapat, sebaiknya minum seduhan daun teh hijau tanpa mencampurkan apapun ke dalam teh hijau yang akan di minum.

Jika kamu menyeduh langsung daun teh hijau murni, sebaiknya nikmati teh hijau dalam keadaan hangat.

Baca Juga : Rutin Minum Teh Hijau Tiap Pagi, Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Mengonsumsi Probiotik.

Konsumsi-Probiotik
Sumber Gambar : https://image-cdn.medkomtek.com/

Probiotik adalah jenis bakteri baik yang membantu berbagai fungsi di tubuh, termasuk dalam pembakaran dan distribusi lemak.

Cara kerja bakteri ini adalah dengan memakan serat. Kemudian, serat tersebut diubah menjadi senyawa yang bermanfaat untuk tubuh.

Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan ataupun minuman yang difermentasi seperti tempe,susu, yogurt, atau kimchi.

Menambah Asupan Protein.

makanan sehat
Sumber Gambar : https://www.sarihusada.co.id/

Protein adalah nutrisi terbaik bagi manusia. Mengonsumsi protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Protein dinilai dapat membantu seseorang untuk mengurangi asupan makanan tinggi kalori.

Seperti yang sudah kita ketahui kalori adalah zat penyebab perut buncit. Kalori yang tidak terbakar pada proses pembakaran bisa menyebabkan kegemukan.

Asupan protein yang cukup bisa membantu menurunkan berat badandan mengurangi resiko terjadinya kenaikan bobot.

Orang yang lebih banyak makan protein memiliki lemak di perut lebih sedikit ketimbang yang jarang mengonsumsinya.

Tidur yang Berkualitas dan Cukup

tidur nyaman
Sumber Gambar : https://cdn-brilio-net.akamaized.net/

Meskipun terlihat sepele, kurangnya jam tidur dapat meningkatkan hormon grelin atau rasa lapar sehingga membuatmu cenderung makan secara berlebih.

kurang tidur juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut karena meningkatnya hormon kartisol dalam tubuh yang salah satu fungsinya adalah meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat. Jadi, sebisa mungkin tidurlah dengan waktu yang cukup setiap harinya.

Baca Juga : 7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari Agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Mengurangi Stres

Woman breathing fresh air relaxed on vacation
Woman breathing fresh air relaxed on vacation

Orang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Kebanyakan orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen stres yang bisa membantu kamu mengelola dan mengatasi stres secara tepat.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat.

Baca Juga : Pentingnya Manajemen Stress Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Memperhatikan Porsi Makan

mengurangi-porsi-makan
Sumber Gambar : https://hellosehat.com/

Untuk menghilangkan perut yang buncit, Anda harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi.

Kurangilah porsi makan secara perlahan agar Anda mudah menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Makanlah secukupnya dan pastikan menu yang disantap adalah makanan sehat.

Anda dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Melakukan Diet Karbo

makanan berserat
Sumber Gambar : https://kabarwanita.id/

Diet karbohidrat bukan berarti tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, tapi mengurangi porsi yang lebih sedikit untuk di konsumsi.

Konsumsi karbohidrat yang berlebihan bisa memicu berkembangnya lemak jahat. Mulailah diet karbo dengan mengkonsumsi kentang, gandum, dan roti sebagai pengganti nasi.

Diet karbo di yakini mampu menurunkan berat badan hingga tiga kali lebih banyak dibanding diet rendah lemak.

Nah, itulah 10 cara untuk menghilangkan perut buncit yang bisa kamu praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement

Baca Juga : 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *