Gaya Hidup

Cara Kekinian Menghilangkan Rasa Stress dan Cemas Dengan Metode Mindfulness

Mindfulness adalah memusatkan perhatian dan konsentrasi, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan apapun. Baru-baru ini istilah mindfulness sangat populer di...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
relaksasi diri
mindfulness kelola stress
Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/

Mindfulness adalah memusatkan perhatian dan konsentrasi, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan apapun.

Baru-baru ini istilah mindfulness sangat populer di era modern. Salah satu tujuan mindfulness adalah untuk menghindari rasa stres dan cemas. Penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan stress agar lebih produktif dalam menjani hari-hari.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa praktek tersebut dapat mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Pada tahun 2004 dilakukan penelitian oleh Ramel terhadap veteran perang.

Hasilnya menunjukkan bahwa mindfulness efektif dalam menurunkan pikiran-pikiran negatif, simtom afektif, dan keyakinan disfungsional pada pengidap depresi. Mindfulness merupakan salah satu cara menghilangkan stress

Tujuan Minfulness dan Cara Mempraktekkannya

tenang
Sumber Gambar : https://www.workplacetesting.com/

Mindfulness bisa disebut metode cara menghilangkan stress karena salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan stres, kecemasan, depresi, dan pikiran negatif pada seseorang pengidap depresi.

Sebagai manusia pastilah ingin hidup bahagia dan tenang dalam menghadapi kehidupan. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut dengan praktek mindfulness. Mindfulness adalah meditasi yang bisa Anda lakukan pada rutinitas sehari-hari, berikut caranya:

1.  Praktekkan mindfulness dalam segala aktivitas sehari-hari. Anda bisa melakukannya saat makan, mandi, jalan ke kantor, dan lain sebagainya. Seorang penulis mengatakan bahwa bisa merasakan rutinitas sehari-hari lebih menarik dan menyenangkan.

2.  Buatlah pikiran dan tubuh rileks. Dalam sebuah mindfulness kuncinya kesadaran, relaksasi, melepaskan, dan melepaskan. Rilekslah ke dalam sensasi, bukan untuk menjadi sesuatu, tapi tentang perasaan hidup. Anda hanya perlu melepaskan kontrol terhadap pikiran Anda sendiri. Biarkan pikiran-pikiran tersebut datang dan pergi semaunya.

Baca Juga : Cara Ampuh Memotivasi Diri Sendiri Agar Kembali Bersemangat

3.  Jangan pikirkan apapun, biarkan semuanya mengalir seperti air. Jika mengalami kesulitan segera cari solusinya, bisa menemukan solusi sendiri maupun dengan bantuan orang lain, jangan berlarut dalam kesedihan terlalu lama. Jika mendapatkan sebuah kebahagiaan segera bersyukur dan nikmati, jangan terlalu terlena oleh kebahagiaan tersebut.

4.  Gunakan semua indera, sebab mindfulness adalah merasakan apa yang sedang terjadi. Anda dapat mendengar apa suaranya, mencium bau aromanya, menyentuh bagaimana teksturnya, merasakan bagaimana rasanya, dan melihat seperti apa wujudnya.

5.  Cari sebuah benda yang dapat mengingatkan Anda kepada mode mindfulness. Misal saat minum teh membuat Anda rileks.

Saat itulah tubuh dan pikiran kembali menjadi mode mindfulness setalah seharian sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Baca Juga : Praktik Mindfulness Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat Mindfulness

relaksasi diri
Sumber Gambar : https://www.regus.co.uk/

Mindfulness terbukti dapat memberikan berbagai manfaat emosional dan kognitif, serta mengajarkan untuk merespon dan tidak bereaksi terhadap situasi. Adapun manfaat mindfulness sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepekaan

Karena dalam praktek mindfulness adalah secara sadar dapat merasakan apa yang sedang terjadi pada saat itu juga, dapat membuat tubuh dan pikiran lebih peka terhadap sesuatu.

Misal ada seorang teman yang mimik mukanya murung, maka Anda segera menghampirinya dan segera menghibur.

2. Menjadi Lebih Produktif

Ketika fokus dan kesehatan mental meningkat, maka Anda dapat menghadapi segala sesuatu lebih tenang dan dapat menyelesaikannya dengan cepat. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih cepat berganti tugas dari satu ke yang lain.

3. Belajar Mengelola Waktu

Lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas, maka mindfulness mengajarkan bahwa harus fokus dalam mengerjakan satu per satu pekerjaan.

Umumnya orang banyak membuang waktu dengan melakukan kesalahan yang sama karena melakukan hal secara bersama-sama, maka fokus akan terpecah.

4. Belajar Mengelola Stress

Dalam kehidupan yang serba cepat meningkatkan stres seseorang. Mindfulness sebagai kebutuhan dalam menghadapi tantangan tersebut. Merespon dan menanggapi segala masalah dengan cepat dan tepat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup di era modern saat ini tingkat kecemasan dan stes meningkat, khususnya yang hidup di kota-kota besar.

Tujuan mindfulness dan beberapa manfaat minfulness diatas dapat menjadi salah satu cara menghadapi tantangan tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Manajemen Stress Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *