Pekerjaan

5 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Agar Dibaca HRD

Di era modern seperti saat ini, cara mengirim lamaran lewat email lebih banyak diminati oleh para pencari kerja. Lewat email, para pencari...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
email gmail
kirim lamaran via email
Cara mengirim lamaran lewat email, Sumber : daily.oktagon.co.id

Di era modern seperti saat ini, cara mengirim lamaran lewat email lebih banyak diminati oleh para pencari kerja.

Lewat email, para pencari kerja bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan dengan lebih mudah, tanpa perlu membeli amplop, perangko, dan keperluan surat-menyurat lainnya.

Lantas bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar? Berikut penjelasannya

Point Utama Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

1. Siapkan Seluruh Dokumen Persyaratan.

Pastikan agar dokumen yang diminta oleh perusahaan anda persiapkan dengan benar susuai dengan apa yang perusahaan butuhkan seperti :

  • Surat Lamaran Kerja
  • CV yang baik dan menarik
  • Ijazah (Scan)
  • Daftar Nilai ( Scan)
  • KTP  (Scan)
  • Pas Photo Sesuai dengan yang diperlukan Perusahaan
  • Scan Sertifikat yang diminta oleh perusahaan seperti ( Toelf, ISO, dan lain sebagainya)

Agar cara mengirim lamaran lewat email berhasil diterima oleh HRD, Pastikan semua berkas sudah discan.

Ukuran file yang akan dikirimkan usahakan tidak terlalu besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, seperti(*.doc), (*.pdf), (*.png) ataupun format lainnya.

2. Gunakan Email yang Profesional.

Bagi Teman-teman yang masih mengguankan nama aslias atau dengan tambahan kata-kata yang tidak sesusai, sebaiknya mulai dari sekarang anda merubah email anda.

Misalnya nama lengkap pelamar adalah Kukuh Jati Kusuma, maka email yang sebaiknnya Anda gunakan [email protected] atau [email protected]

Jika Anda menggunakan email seperti [email protected] atau [email protected] membuat kesan Anda sangat tidak profesional.

Untuk email teman-teman dapat menggunakan layanan surel Gmail, Yahoo maupun yang lainnya. kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.

3. Pastikan Pengiriman Dengan Email Sesuai Standar.

Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja lewat email, Anda harus mengisi Email yang dituju/penerima, CC bila di perlukan, Subjek, Body atau Isi Email dan Lampiran dengan benar

Disarankan ketika teman teman mengirim lamaran kerja lewat email dijam kerja yaitu diantara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan anda mengirim pada waktu lowongan kerja masih ada. ini bertujuan menunjukan anda pribadi yang profesional.

Langkah-langkah Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email.

1. Pastikan Alamat Email Perusahan Sudah Benar.

Pastikan teman-teman untuk mencermati alamat email perusahan yang Anda tulis atau ketik sudah benar. Agar surat lamaran benar-benar sampai ke email yang seharusnya.

Apabila sampai salah 1 huruf/angkat penulisan email perusahan bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.

2. Isi Subjek atau Judul Email Dengan Benar.

Setiap perusahaan memiliki ketentuan yang bereda dalam menulis subjek pengiriman surat lamaran kerja lewat email, namun pada beberapa perusahaan lainnya terkadangan tidak memberikan ketentuan dalam mengisi subjek.

Anda dapat melihat contoh berikut:

Lamaran Kerja – Branch Manager – Kukuh Jati Kusuma

Hal ini berguna untuk memudahkan perusahan untuk mengetahui email yang masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar kerja

3. Isi Body atau Badan Email

Anda dapat mengisi body email ini dengan salam pembuka dan perkenalan diri Anda. Selanjutnya diisi dengan mengetahui informasi lowongan pekerjaan dari mana, serta mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi apa.

Hal terpenting dalam mengisi body email ini yaitu jangan terlalu panjang karena justru lamaran Anda dapat diabaikan.

hal ini bertujuan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kita kirim, dari pada harus mendowload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.

4. Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan

Pastikan semua dokumen yang diminta sudah lengkap dan sesuai. Usahakan agar file lampiran tidak lebih dari 2 MB.

Terkadang perusahaan meminta seluruh lampiran dokumen tidak disatukan ke dalam satu folder, namun ada pula yang harus digabungkan ke dalam satu folder yaitu dengan cara membuatnya dalam format zip, rar, maupun lainnya.

5. Kirim Lamaran

Setelah semua dirasa sudah lengkap mulai dari alamat email perusahaan, subjek, Isi dan Lampiran, teman-teman harus memeriksa kembali semuanya.

Barulah waktunya untuk mengirim lamaran pekerjaan Anda. Jangan lupa berdoa supaya surat lamaran Anda dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan

Demikian cara mengirim lamaran lewat email yang dapat Anda jadikan sebagai bahan rujukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *