Bisnis

Langkah Membangun Bisnis Dropship untuk Pemula

Cara menjadi dropshipper – Jualan online sekarang menjadi tipe usaha yang banyak disukai oleh beberapa pebisnis, baik yang skala kecil, menengah hingga...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
dropship artinya
dropship adalah
Sumber Gambar : www.asiacommerce.id

Cara menjadi dropshipper – Jualan online sekarang menjadi tipe usaha yang banyak disukai oleh beberapa pebisnis, baik yang skala kecil, menengah hingga yang besar.

Advertisement

Tidaklah aneh, jika usaha online jadi ladang uang paling vital untuk dipelajari. Dari sekian banyak pola menjalankan bisnis online, dropship adalah salah satu yang cukup menjanjikan.

Dropship adalah salah satu cara jualan online tanpa modal. Pola bisnis dropship bisa dikatakan minim resiko sekaligus minim modal.

Siapa saja bisa menjadi dropship, asalkan familiar dengan e-commerce dan marketplace update informasi permintaan pasar, dan rajin untuk mempromosikan bisnis.

Apa itu bisnis dropship?

Sumber Gambar : www.portugaltextil.com

Bagi Kalian yang telah lama menjalankan bisnis online tentu sudah tidak asing dengan istilah dropship.

Dropship adalah sebuah model jualan di mana seseorang menjual produk tanpa harus menyetok barang.

Semua proses distribusi mulai dari packing sampai pengiriman dikerjakan oleh pemilik toko online atau produsen.

Orang yang menjalankan model bisnis dropship disebut dropshipper. Jadi jika Anda menjalankan bisnis dropship, And disebut sebagai dropshipper.

Tugas anda hanya fokus untuk mengembangkan bisnis itu sendiri, tidak perlu memikirkan stok dan proses distribusi.

Cara kerja dropship

cara kerja dropship
cara kerja dropship

Menjadi seorang dropshipper Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Modal dasar untuk menjalankan bisnis dropship adalah paket internet, jaringan, supllier dan media promo barang untukberjualan di dunia maya.

Cara kerja dropship sangat memudahkan pelaku usaha, sebab seorang dropshipper tak perlu beli barang dagangan atau menstok barang untuk dipasarkan kembali pada beberapa konsumen.

Tetapi seorang dropshipper perlu memajang atau memposting berbagai content di beberapa media online, seperti sosial media, website, blog dan lain-lain.

Seorang dropshipper umumnya akan diberi bermacam content pendukung oleh supplier “penyuplai barang”.

Umumnya content itu berbentuk photo/gambar, uraian dari barang dan harga produk dari supplier.

Selanjutnya produk tersebut akan dipromosikan oleh dropshipper dengan harga yang berbeda dari harga asli yang diberi oleh pihak supplier.

Hingga selanjutnya bila ada konsumen yang tertarik membeli produk yang dipromosikan oleh dropshipper.

Pihak dropshipper akan menghubungi pihak supplier untuk mengirim beberapa barang yang diminta oleh konsumen dengan atas nama sang penjual atau dropshipper.

Lebih gampangnya di bawah ini adalah contoh cara kerja kerja dropship yakni:

  • Dropshipper mempromokan barang/produk dari supplier di harga barang yang “dinaikkan”.
  • Konsumen tertarik dan menghubungi dropshipper untuk beli produk yang dipromosikannya.
  • Dropshipper menghubungi pihak supplier sebab ada konsumen yang tertarik ingin beli produknya.
  • Dropshipper bayar beberapa uang ke pihak supplier pada harga awalnya yang ditetapkan supplier sebelumnya
  • Pihak supplier mengirim barang atau produk ke konsumen

Jadi, apakah Anda tertarik menjadi dropshipper?

Jika kamu tertarik untuk menekuni bisnis dropship kami akan menjelaskan beberapa cara menjadi dropshipper yang sukses.

Cara menjadi dropshiper untuk pemula

dropship artinya
dropship artinya

Saat ini ada beberapa ecommerce ataupun marketplace yang membuka kerjasama jenis dropshipping bagi mereka yang menginginkannya.

Modal utama yang wajib di miliki untuk menjadi dropshipper adalah kemampuan memasarkan produk dan pelayanan.

Kedua poin tersebut adalah kunci utama keberhasilan bisnis ini. Berikut beberapa cara yang bisa kami bagikan kepada Anda.

1. Pilih jenis produk yang akan di jual

Hal pertama yang harus kamu lakaukan untuk memilih produk adalah menentukan siapa yang jadi target pasar Anda.

Kamu juga bisa menganalisa tren pasar yang sedang berkembang serta berapa besar antusias masyarakat untuk membelinya.

Meski terlihat ribet , Kami akan membantu Anda memilih produk Memilih jenis produk untuk bisnis dropship. Berikut beberapa point yang harus di perhatikan dalam memilih jenis produk.

  • Juallah barang yang sedang tren saat ini dan banyak di minati. Tujuanya untuk menarik dan menambah pelanggan baru.
  • Pilih produk yang memiliki permintaan tinggi jangka lama.
  • Pilih produk yang ringan dan tahan lama guna mengurangi risiko rusak selama proses pengiriman barang.
  • Hindari jualan produk yang sudah dimiliki kompetitor besar.

2. Cari supplier yang bertanggung jawab

Selain memilih produk,untuk menjadi seorang dropsipper yang skses adalah mencari supplier yang bertanggung jawan. Karena tanpa adanya supplier bisnis dropship mu tidak akan berjalan secara maksimal.

Kamu dapat dengan mudah mencari supplier yang bisa diajak kerja sama di berbagai ecommerce ataupun marketplace. Disana, kamu dapat melihat record para supplier secara keseluruhan dan memilih supplier yang tepat.

Selain mencari supplier yang berani memberikan harga murah carilah yang lokasinya berada di dekat wilayahmu, agar mudah kordinasinya. Kamu juga bisa bertemu dengannya dan menjalin hubungan baik.

Buatlah hubungan dekat dan personal dengan partner bisnis Anda. Tanpa adanya supplier, tentu saja bisnis Anda takkan berjalan.

3. Cari jaringan pemasaran yang tepat

Apabila Kamu mendapatkan supplier dri marketplace atau e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dll.

Usahakan untuk tidak memasarkan produk di marketplace yang sama, pasalnya kamu akan kalah dalam pertarungan menentukan harga termurah.

Persaingan dagang di ecommerce dan marketplace hanya akan dimenangkan oleh toko yang berani menaruh harga paling rendah di antara lainnya.

Sebab pembeli akan memprioritaskan toko online yang menjual produk  dengan harga murah. Lantas, jaringan pemasaran mana yang tepat untuk bisnis dropship ?

Kami menyarankan agar Anda memasarkan produk di media sosial seperti instagram, facebook atau membuat website khusus untuk jualan produk Anda.

Anda dapat mencantumkan semua informasi barang dagangan Anda seperti, detil produk, konten promosi, dan foto. Website juga bisa memaksimalkan brand awareness bisnis.

Agar lebih maksimal penjualannya Anda dapat memasang iklan di sosial media, baik itu instagram maupun facebook. Anda juga bisa memasang iklan melalui google ads.

4. Beri pelayanan maksimal pada pelanggan

Selain jaringan pemasaran, pelayanan konsumen juga merupakan kunci utama kesuksesan dari bisnis dropship.

Ciptakan rasa nyaman ke yang berkunjung ke toko online Anda. respon dengan sepat apabila ada pertanyaan agar ia merasa lebih dihargai.

Jangan biarkan pembeli menunggu lama balasan email atau chat dari Anda, jika hal ini Anda lakukan, maka Anda harus siap untuk kehilangan pelanggan satu per satu setiap harinya.

Apabila pemeli merasa nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan, pembeli juga akan menaruh hati pada toko online Anda sehingga ia mau menjadi pelanggan tetap.

Keuntungan menjalankan bisnis dropship

dropship tanpa modal
Sumber Gambar : gizmologi.id

Bisnis dropshipper merupakan salah satu cara mendapatkan uang tambahan dari internet. Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh jika menjadi seorang dropshipper. Berikut sejumlah keuntungan jadi dropshipper:

1. Tidak perlu keluar modal besar

Usaha dropship dapat Anda mulai berapa saja modal yang Anda punyai. Faktanya, Anda tak perlu lakukan pembelian produk diawalnya.

Pembelian cuman Anda lakukan bila telah ada permintaan customer atas produk yang di promosikan.

Disamping itu, seluruh ongkos untuk pengelolaan barang, termasuk pengiriman di tanggung oleh supplier barang.

Selaku dropshipper, modal yang Anda butuhkan hanya ongkos untuk membuat dan mengurus web. Itu juga dengan jumlah yang kecil.

2. Risiko yang dihadapi relatif kecil

Risiko yang ditemui seorang dropshipper relatif kecil. Contohnya jika ada perombakan trend pembelian produk. Apabila Anda beli produk lebih dulu baru menjualnya, Anda akan memikul rugi bila nyatanya produk itu sudah tak lagi disukai oleh pasar.

Di lain sisi, langkah di atas mewajibkan Anda memikul risiko bila berlangsung kerusakan barang yang akan dipasarkan.

Ini tidak berlangsung pada usaha dropship. Karena, tidak dibutuhkan pembelian produk pada awal seperti Reseller.

3. Tidak perlu miliki gudang

Dropshipper tidak perlu menyediakan gudang untuk menyimpan barang yang akan dipasarkan.

Karena, barang itu akan langsung dikirim oleh produsen ke customer langsung. Tidak ada gudang berarti ongkos operasional dapat lebih minimum.

4. Tidak Dituntut Kemampuan Tinggi

Selaku seorang dropshipper, Anda tidak perlu membuat mekanisme usaha yang susah. Anda cukup pilih mitra usaha yang bagus dengan mekanisme yang sudah berjalan dengan maksimal.

Lantas apa yang penting Anda kerjakan?

Kecermatan melihat peluang produk yang laris dari produsen tertentu dan kemampuan selling yang bagus.Tentu saja, hasilnya akan tambah maksimal bila dibantu dengan web .

5. Bebas jual beragam produk

Memulai usaha dropship memungkinkan Anda untuk jualan bermacam produk. Dimulai dari produk keperluan setiap hari sampai produk digital seperti e-book.

Walau tetap harus memerhatikan taktik usaha, Anda dapat jual beragam produk sekalian. Cukup memajang produk-produk tersebut di toko online Anda dengan mudah.

6. Bebas jualan dari mana dan kapan saja

Keistimewaan dari usaha online adalah dapat dikerjakan dari tempat mana saja. Sepanjang ada koneksi internet, Anda dapat layani keinginan konsumen setia yang berkunjung web toko online Anda.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang cara menenjadi dropshipper. Intinya, model bisnis dropship jauh lebih fleksibel dan tidak membutuhkan banyak modal.

Advertisement

Bisnis ini sangat cocok buat kalian yang menginginkan tambahan uang dari internet tanpa risiko tinggi, dropship adalah opsi pertama yang bisa dicoba. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *