Gaya Hidup

6 Kebiasaan Yang Wajib di Terapkan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Organ vital di dalam tubuh manusia sangatlah penting untuk dijaga. Jangan sampai organ mengalami gangguan dan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Ginjal merupakan...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
minum air putih
kesehatan ginjal
Sumber : static.punjabkesari.in

Organ vital di dalam tubuh manusia sangatlah penting untuk dijaga. Jangan sampai organ mengalami gangguan dan mengganggu kelangsungan hidup manusia.

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh siapa pun.

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang menjadi bagian dari sistem ekskresi manusia. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal berukuran sekitar 10 cm dan memiliki berat sekitar 200 gram.

Ginjal manusia terletak di daerah dekat pinggang manusia. Karna perannya yang sangat penting bagi tubuh, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting untuk dilakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Sejak Dini

Peran ginjal di dalam tubuh salah satunya adalah mengatur keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh manusia, memberikan rangsangan kepada sumsum tulang manusia, untuk memproduksi sel darah merah, serta membantu tulang untuk mempertahankan kalsiumnya.

Ginjal memiliki banyak peranan penting dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, ginjal merupakan salah satu organ vital manusia yang kesehatannya perlu senantiasa diperhatikan.

Jika Anda ingin memiliki hidup yang sehat, maka kesehatan ginjal juga harus diperhatikan dan dijaga sedini mungkin. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

1. Mengatur dan Memilih Pola Makan yang Benar

Pola makan
Sumber : images.lacucinaitaliana.it

Cara mudah pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur dan memilih pola makan yang benar.

Memilih makanan yang tepat seperti buah-buahan, sayuran organik atau sayuran yang ditanam tanpa pupuk kimia, menjauhi berbagai macam makanan olahan, mengurangi konsumsi garam, dan mengkonsumsi ikan atau daging tanpa lemak adalah pilihan terbaik untuk menjaga ginjal Anda.

Semua yang dilakukan secara berlebihan tidak akan baik hasilnya. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam juga tidaklah baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan ginjal.

Terlalu banyak kadar garam di dalam tubuh pun dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan mineral di dalam darah.

Konsumsi makanan berlebih di tas dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat dan akhirnya mengganggu kerja dan fungsi ginjal.

Terlalu banyak garam juga menyebabkan seseorang menjadi lebih cepat haus dan kembung. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi garam akan menyebabkan urine yang keluar lebih sedikit.

Oleh karena itu, mengganti makanan olahan yang mengandung banyak garam dengan makanan yang lebih sehat seperti daging yang tidak berlemak dan kacang-kacangan merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Bergerak Dengan Aktif

hidup sehat
Sumber : i.tv100.com

Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan tidak bermalas-malasan. Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan terus aktif bergerak dapat menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Hanya dengan melakukan olahraga ringan paling tidak selama sekitar dua puluh menit dalam sehari sudah bisa terasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Dengan rutin melakukan olahraga, ginjal akan bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, melakukan olahraga secara rutin dapat menghindarkan Anda dari resiko penyakit ginjal.

Baca Juga : 7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani

3. Menjaga Berat Badan Ideal

berat badan
Sumber : pasberita.com

Berat badan memang sering disepelekan bagi sebagian orang. Padahal, berat badan yang berlebihan apa lagi hingga mengalami obesitas sangatlah fatal akibatnya bagi kesehatan tubuh.

Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan ginjal dan jantung manusia.

Ketika memiliki berat badan yang berlebih atau ketika mengalami obesitas maka kinerja organ tubuh manusia akan dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras.

Begitu juga kinerja ginjal, jika terus menerus bekerja dengan keras akan menyebabkan kinerja atau fungsi ginjal menjadi lemah.

Berat badan yang ideal yang harus dijaga adalah berat badan yang seimbang antara tinggi dan berat badan manusia.

Setiap manusia memiliki berat badan ideal yang berbeda tergantung dari proporsional dan bentuk tubuh yang dimiliki oleh masing-masing individu.

4. Mengurangi dan Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

alkohol
Sumber Gambar : www.honestdocs.id

Merokok dan mengkonsumsi alkohol memang memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam rokok terkandung ribuan bahan kimia yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi alkohol dan merokok bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan ginjal.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan ginjal adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Jantungmu Sehat

5. Rutin Mengontrol Tekanan Darah

tekanan darah
Sumber : hellosehat.com

Tekanan darah yang terlalu tinggi ternyata dapat memicu timbulnya gangguan dan penyakit pada ginjal. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa 35% penyakit dan gangguan ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi.

Hal ini bisa terjadi karena ketika aliran darah memiliki kekuatan yang terlalu tinggi, pembuluh darah di dalam tubuh manusia akan merenggang dan mengakibatkan darah mengalir dengan lebih mudah.

Akan tetapi peregangan pembuluh darah ini akan meninggalkan bekas luka sehingga melemahkan semua pembuluh darah di tubuh termasuk pada ginjal manusia.

Untuk mencegah tekanan darah yang terlalu tinggi, Anda bisa memilih makanan yang mengandung banyak kalium. Makanan yang mengandung Kalium yang tinggi dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Kalium dapat ditemukan di beberapa makanan seperti di dalam buah alpukat, kentang, pisang, susu, ikan, dan banyak makanan lainnya.

6. Meminum Air Putih Dengan Cukup

minum air putih
Sumber : miro.medium.com

Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan meminum air putih yang cukup.

Kebutuhan air putih bagi tubuh manusia dalam sehari adalah sekitar enam sampai delapan gelas. Dengan meminum air putih sebanyak enam sampai delapan gelas dalam sehari sudah dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Kadar cairan yang cukup di dalam tubuh akan melancarkan aliran darah ke ginjal. Tanpa aliran darah yang baik ke ginjal maka lama kelamaan kerja ginjal akan mengalami perurunan fungsi ginjal.

Selain itu, usahakan untuk selalu tercukupi kebutuhan cairan saat sakit agar tidak mengalami dehidrasi. Sebab, dehidrasi dapat memperberat kerja ginjal.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh maka akan menghindarkan Anda dari infeksi saluran kencing.

Infeksi ini memang umumnya terjadi karena infeksi dari bakteri, namun apabila infeksi ini tidak segera ditangani dengan tepat dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal.

Khusus bagi penderita penyakit ginjal yang sudah kronis, meminum banyak air putih justru tidak dianjurkan karena kerja ginjal mereka sudah tidak normal.

Dokter biasanya akan membatasi asupan cairan agar kerja ginjal tidak terlalu berat dan memperburuk kondisi ginjal. Jadi, Anda perlu berkonsultasi pada dokter agar mengetahui treatment paling tepat.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal sederhana yang bisa Anda pahami dan terapkan untuk mulai menjaga kesehatan ginjal dan tubuh Anda sejak dini dan sebelum terlambat.

Ingatlah jika sehat itu memang mahal harganya. Jadi, mulailah menjaga kesehatan diri dan orang-orang yang Anda cintai sebelum terlambat dan menyesali semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *