Gaya Hidup

8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Jantungmu Sehat

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital dan memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Jantung tidak pernah berhenti bekerja...

Written by Widi · 3 min read >
makan sehat
kesehatan jantung
Sumber : Elespectador.com

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital dan memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh manusia.

Jantung tidak pernah berhenti bekerja selama manusia hidup, bahkan jantung terus bekerja walaupun sedang tidur.

Ada banyak cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan agar tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik.

Masih banyak orang yang kurang perduli dengan kesehatan jantung mereka. Padahal, jika jantung mengalami gangguan, dampaknya akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Gangguan kesehatan jantung bisa sampai menyebabkan kematian. Inilah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Pentingnya menjaga kesehatan organ tubuh harus diterapkan sedini mungkin agar tidak terjadi kerusakan atau gangguan yang dirasakan dikemudian hari, terutama organ tubuh yang sangat vital yaitu jantung.

Jantung sangat besar perannya dalam tubuh manusia, tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa adanya jantung yang bekerja di dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, kesehatan jantung sangatlah penting untuk dijaga. Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidaklah sulit, berikut adalah beberapa caranya:

1. Membatasi Makanan yang Mengandung Lemak Jahat.

lemak jahat
Sumber : hellosehat.com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jahat.

Lemak jahat yang dimaksud adalah lemak jenuh dan lemak trans yang biasanya terkandung dalam makanan seperti makanan cepat saji, gorengan, kentang goreng, kue yang menggunakan banyak margarin, dan lain sebagainya.

Makanan yang mengandung lemak jahat tersebut harus dibatasi bahkan sebisa mungkin dihindari. Makanan tersebut harus dihindari karena makanan yang mengandung lemak jahat dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah manusia.

Dampaknya dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah tubuh yang akhirnya memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

2. Membatasi Kadar Asupan Gula Dalam Tubuh.

Semua yang berlebihan itu tidaklah baik, begitu juga dengan mengkonsumsi gula. Walaupun gula memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi, namun mengkonsumsi gula yang berlebihan memiliki dampak yang tidak baik.

Mengkonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan diabetes tipe 2 dan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Membatasi asupan gula disetiap harinya sangatlah penting. Menurut saran yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI, kebutuhan gula dan asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh manusia per orang dalam sehari adalah 50 gram atau sekitar 4 sendok makan gula saja.

3. Memperbanyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik.

lemak baik
Sumber : www.addlestonetherapy.co.uk

Jika pada cara pertama untuk menjaga kesehatan jantung adalah menghindari makanan yang mengandung lemak jahat, sebaliknya dengan makanan yang mengandung lemak baik.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Lemak baik umumnya terdapat pada makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Fungsi lemak tak jenuh ini meningkatkan kadar kolesterol HDL pada tubuh.

Dengan meningkatnya kadar kolesterol HDL dalam tubuh, secara tidak langsung akan menjaga kestabilan kerja dan ritme jantung serta menurunkan tingkat resiko terjadinya peradangan.

Lemak tak jenuh atau lemak baik dapat ditemukan di berbagai macam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah alpukat, ikan yang berlemak seperti salmon, makarel, dan ikan tuna yang kaya akan asam lemak dan omega 3.

Untuk menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk mulai rutin mengkonsumsi makanan tersebut minimal dua kali dalam seminggu.

4. Membatasi Asupan Garam Dalam Tubuh.

Selain membatasi gula berlebih, membatasi kadar garam yang berlebih di dalam tubuh juga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama jantung.

Dalam jumlah yang cukup, garam memang berfungsi untuk mengatur kandungan air dalam tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan tubuh kesulitan untuk menyeimbangkan natrium yang terkandung dalam garam.

Ketika tubuh kesulitan untuk menyeimbangkan natrium tersebut maka tubuh akan meningkatkan volume darah.

Yang terjadi, jantung bekerja dengan keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh hingga lambat laun akan menyebabkan kerusakan pada jantung.

Menurut Kementrian Kesehatan RI, batas asupan garam per orang dalam seharinya adalah sebesar 2000 miligram natrium/sodium atau sekitar 5 gram atau 1 sendok teh saja.

5. Rutin Berolahraga

jantung sehat
Sumber : cdn-cas.orami.co.id

Rutin melakukan olahraga memegang peranan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Berolahraga dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan rentan waktu tiga puluh hingga enam puluh menit sudah cukup berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan sudah dapat dirasakan manfaatnya.

Lakukanlah olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan-jalan, maupun sekedar melakukan jogging atau berlari-lari di pagi hari saja sudah cukup untuk membantu jantung agar tetap sehat.

6. Memperbanyak Konsumsi Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran.

makan sehat
Sumber : hellosehat.com

Buah dan sayur memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya bagi jantung. Dalam buah dan sayur terkandung banyak mineral, nutrisi, dan vitamin yang baik.

Dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, Anda juga akan memberikan perlindungan bagi jantung. Selain itu, makanan tersebut akan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, dan berbagai macam jenis sayur lainnya akan membantu menjaga kesehatan jantung.

Anda juga dapat menambahkan buah-buahan seperti apel, atau buah-buahan yang lainnya ke dalam menu sehari-hari karena dianjurkan agar jantung tetap terjaga kesehatannya.

7. Mengurangi dan Berhenti Merokok.

stop rokok
Sumber : panacea.mk

Ini adalah salah satu cara yang berat untuk dilakukan bagi para perokok. Namun, demi memiliki jantung yang sehat bagi diri sendiri dan keluarga Anda, pilihannya hanya satu, yaitu berhenti merokok.

Dalam sebatang rokok terkandung ribuan bahan kimia yang hampir semuanya dikategorikan sebagai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama jantung.

Bahan kimia yang terkandung di dalam rokok ini menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan membuat semua organ tubuh termasuk jantung kekurangan asupan oksigen dan darah.

Selain merokok, asap rokok juga tidak kalah berbahayanya dari rokok itu sendiri. Tak ada satu pun manfaat baik yang didapatkan dari merokok, selain merusak diri sendiri.

Dampaknya pun juga dirasakan oleh orang lain. Sebaiknya, Anda mulai mengurangi dan berhenti merokok.

8. Pelajari Riwayat Kesehatan Keluarga.

Gaya hidup dan gen sangatlah besar pengaruhnya dengan kesehatan jantung. Sedini mungkin harus Anda ketahui apakah diantara kedua orang tua Anda ada yang memiliki riwayat atau pernah mengalami penyakit jantung.

Jika di antara kedua orang tua Anda ada yang memiliki riwayat penyakit jantung, Anda harus sesegera mungkin memulai gaya hidup sehat.

Tujuannya, agar riwayat tersebut tidak menurun ke diri Anda atau keturunan Anda selanjutnya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan dan terapkan untuk menciptakan jantung yang sehat dan hidup yang indah tanpa harus mengalami gangguan kesehatan jantung.

Cara tersebut adalah cara-cara mudah dan sederhana yang bisa anda coba tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *