Gaya Hidup

8 Cara Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata sangatlah penting untuk diketahui karena mata merupakan salah satu alat indera terpenting dalam kehidupan manusia. Dari sekian banyak aktivitas...

Written by Widi · 4 min read >
kesehatan mata
kesehatan mata
Sumber Gambar : https://medias.infia.co/

Cara menjaga kesehatan mata sangatlah penting untuk diketahui karena mata merupakan salah satu alat indera terpenting dalam kehidupan manusia.

Dari sekian banyak aktivitas yang dilakukan, mata selalu digunakan. Namun mata juga harus beristirahat layaknya tubuh manusia karena mata juga bisa merasa capai atau bahkan kelelahan.

Banyak orang yang masih mengabaikan betapa pentingnya menjaga kesehatan organ tubuh, terutama mata.

Mata merupakan jendela dunia yang selalu dibutuhkan dalam segala macam aktivitas. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang sering dengan tidak sengaja dilakukan oleh manusia dalam berbagai aktivitasnya.

8 kebiasaan sederhana Mampu Menjaga Kesehatan Mata.

Mata yang bekerja dengan terlalu keras dan mata yang terlalu lelah bisa berakibat fatal bagi kesehatan mata itu sendiri.

Dampaknya mulai dari berkurangnya kemampuan pengelihatan, gangguan atau penyakit mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Inilah beberapa cara yang dapat diterapkan agar mata Anda senantiasa dalam kondisi yang baik dan prima.

1. Membiasakan Untuk Tidak Terlalu Dekat Saat Melihat Suatu Objek.

menonton tv jarak dekat
Sumber Gambar : https://image-cdn.medkomtek.com/

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan mata adalah dengan senantiasa menjaga jarak pandang terhadap suatu objek.Contoh nyatanya saat menonton televisi, bermain game, menatap layar komputer, bermain handphone, membaca buku, dan melakukan kegiatan yang lain. Menonton televisi memang merupakan kegiatan yang asik bagi anak-anak maupun orang dewasa, namun menonton televisi merupakan kegiatan yang tidak menyehatkan terutama bagi mata anak-anak.

Menonton televisi dengan terlalu dekat akan menyebabkan resiko yang fatal bagi anak-anak, mereka akan sangat beresiko mengalami mata minus ketika tumbuh dewasa.

Jarak yang aman untuk menonton televisi yang berukuran 14 inchi adalah sekitar dua meter, untuk layar televisi yang ukurannya lebih lebar maka jarak yang aman untuk menonton otomatis juga lebih jauh.

Sebaiknya untuk hiburan bagi keluarga adalah dengan menggunakan televisi yang berukuran layar kecil.

Begitu juga ketika anak sedang bermain game, playstation atau hal lain sejenisnya. Kebiasaan membaca juga harus dilakukan dengan benar.

Patikan jangan memposisikan membaca tdak terlalu dekat karena dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Selain itu juga gunakanlah penerangan yamg cukup ketika sedang membaca.

2. Merawat Mata Dengan Meminimalisir Penggunaan Gadget.

memakai kaca mata
Sumber : img.playbuzz.com

Mengurangi penggunaan gadget merupakan salah satu cara dan kebiasaan yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mata.

Jangan terlalu lama dalam menggunakan gadget. Jika Anda membutuhkan komputer dalam pekerjaan sehari-hari, selalu usahakan untuk rutin beristirahat dengan menjauhkan mata dari layar komputer.

Anda bisa melakukan istirahat dengan cara merilekskan mata dengan berjalan jalan sebentar selama sekitar lima sampai sepuluh menit, lakukan ini secara rutin setiap tiga puluh menit atau satu jam.

Selain itu mata juga harus dijaga agar tidak kering, salah satu caranya dengan sering berkedip dan sesekali mengalihkan pandangan mata keluar ruangan.

Salah satu cara lainnya adalah dengan menggunakan monitor LCD pada komputer Anda. Menggunakan layar LCD akan lebih membuat mata lebih nyaman dan tidak terasa cepat lelah.

Berbeda jika dibandingkan menggunakan monitor CRT pada layar komputer. Selain itu atur juga refresh rate yang tinggi pada komputer yang Anda gunakan.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Jantungmu Sehat.

3. Kurangi dan Hindari Menggosok Mata Dengan Cara yang Kasar.

menggosok mata
Sumber Gambar : https://abelszeps.com.ar/

Menggosok mata dengan cara yang kasar dan berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata.

Apabila Anda merasa mata tiba-tiba gatal atau kemasukan benda asing, jangan langsung menggosook mata dengan kasar.

Untuk menjaga kesehatan mata, lakukan secara hati-hati dan jangan melakukannya dengan kasar saat menggosok mata.

4. Menggunakan Kacamata Sebagai Proteksi Terhadap Debu.

berkacamata
Sumber Gambar : https://fashionexpert.lk/

Disaat melakukan aktivitas di luar ruangan seperti di jalan raya, ada baiknya untuk menggunakan pelindung mata yang bisa melindungi dari debu seperti kacamata atau helm yang memiliki kaca.

Kurangi aktivitas di tempat yang mengandung banyak debu agar Anda dapat terhindar dari debu yang tidak sengaja masuk ke mata.

Jika terjadi, mata bisa menjadi infeksi. Lama-kelamaan, mata mengalami gangguan penglihatan.

Menggunakan kacamata bermanfaat bagi kesehatan mata karena penggunaan kacamata sedikit banyak dapat menangkal sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pengerasan lensa, katarak, hingga penurunan penglihatan yang disebabkan oleh gangguan dipusat retina.

Menggunakan kacamata dengan lensa yang gelap bisa menyaring dan mengurangi sinar ultraviolet hingga 100% saat berada dan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Topi juga merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet selain menggunakan kacamata.

Baca Juga : 7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani

5. Mencukupi Asupan Vitamin A Bagi Tubuh.

Vitamin A
Sumber Gambar : https://doktersehat.com/

Mencukupi asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A memiliki banyak manfaat baik bagi mata. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan hal yang baik untuk dibiasakan.

Sumber vitamin A dari sayuran yang bisa Anda peroleh adalah dari wortel. Sayuran tersebut mengandung senyawa petakaroten, yaitu karotenoid untuk membantu mata agar tetap sehat.

Senyawa ini selain tidak hanya ditemukan pada wortel, tetapi juga bisa terdapat pada labu kuning.

6. Mencukupi Asupan Antioksidan yang Diperlukan Oleh Tubuh.

antioksidan
Sumber Gambar : https://www.vortex.co.il/

Mencukupi asupan antioksidan untuk tubuh adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Antioksidan dapat membantu untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti sinar ultraviolet dan poliusi.

Antioksidan juga bisa mengurangi resiko pengerasan lensa mata yang dapat memicu katarak. Sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan paling tidak dua porsi dalam sehari.

Makanan yang mengandung antioksidan diantaranya adalah buah berry, buah jeruk, buah plum, dan buah ceri.

7. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3.

omega 3
Sumber : https://d50-a.sdn.cz/

Mungkin Anda sudah sering mendengar fungsi asam lemak omega-3. Untuk kesehatan mata, asam lemak omega-3 berguna dalam melindungi saluran air mata, melindungi lensa mata, meminimalkan mata kering, dan mencegah terjadinya katarak.

Banyak bukti yang sudah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan tertentu dapat membantu untuk meminimalisir gangguan mata di usia tua.

Konsumsilah makanan dengan bahan dasar seperti ikan salmon, halibut, dan tuna paling tidak dua sampai tiga porsi dalam seminggu.

Usahakan untuk mengurangi konsumsi daging merah karena daging merah diduga bisa meningkatkan resiko gangguan mata.

Baca Juga : Pentingnya Manajemen Stress Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

8. Mengkonsumsi Banyak Sayuran Hijau.

Pola makan
Sumber : images.lacucinaitaliana.it

Mengkonsumsi banyak sayuran yang memiliki daun yang berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, atau sayuran lain yang mengandung lutein dan zeaxanthin sangat baik manfaatnya bagi kesehatan mata.

Hal ini disebabkan karena lutein dan zeaxanthin merupakan jenis karotenoid yang bisa mengurangi resiko berkembangnya katarak dan gangguan pengelihatan mata.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan tanpa menghabiskan banyak biaya.

Jaga kesehatan mata Anda sejak dini sehingga mata Anda tidak mengalami gangguan atau penyakit dikemudian hari.

Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak mata dan mulailah menjaga kebiasaan baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *