Gaya Hidup

7 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Baik Jasmani Maupun Rohani

Memiliki tubuh yang sehat jasmani dan rohani merupakan impian bagi semua orang. Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda lakukan...

Written by Widi · 3 min read >
hidup sehat
hidup sehat
Sumber : i.tv100.com

Memiliki tubuh yang sehat jasmani dan rohani merupakan impian bagi semua orang. Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan tanpa biaya.

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu kunci kebahagiaan bagi banyak orang, karena dengan tubuh yang sehat maka kelangsungan hidup akan berjalan dengan lancar.

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang terhindar dari segala macam gangguan penyakit baik jasmani maupun rohani. Tubuh yang sehat juga merupakan dasar kehidupan bagi setiap mahluk hidup.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum tubuh terserang penyakit karena jika tubuh sampai terserang penyakit maka aktivitaspun akan terhambat.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sederhana Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya. Tubuh yang sehat adalah anugrah yang patut untuk disyukuri. Sebagai mahluk Tuhan yang dianugrahi tubuh yang sehat, sudah seharusnya kita juga menjaga kesehatan tubuh tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, antaralain:

1. Mengkonsumsi Makanan Dari Sayuran Hijau.

Mengkonsumsi makanan dari sayuran hijau memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau mengandung banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubih yang dapat membantu dalam menjaga keseimbangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat sayuran hijau ini sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian dan percobaan yang dilakukan pada sebuah tikus.

Dalam percobaan yang dilakukan diketahui bahwa tikus sehat yang tidak mengkonsumsi sayuran hijau akan mengalami penurunan protein pada permukaan sel tubuh sebesar sekitar 70 hingga 80 persen.

Sedangkan pada tikus yang diberi makan atau mengkonsumsi sayuran hijau criciferous, atau sayuran hijau seperti brokoli, kol, dan bayam mengalami peningkatan pada sistem kerja kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau dapat meningkatkan protein pada permukaan sel sehingga sistem kerja kekebalan tubuh bekerja secara lebih optimal.

2. Mengkonsumsi Vitamin D yang Cukup Bagi Tubuh.

Mengkonsumsi vitamin D dengan takaran yang tepat bagi tubuh sangatlah diperlukan. Jika kekurangan vitamin D tubuh akan mengalami gangguan seperti pertumbuhan tulang yang kurang baik.

Hal ini dapat menimbulkan masalah pada gangguan jantung, dan daya tahan atau kekebalan tubuh akan menurun dibandingkan dengan tubuh dengan asupan vitamin D yang cukup.

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin D di dalamnya misalnya: kuning telur, ikan salmon, jamur, hati sapi, ikan tuna, dan berbagai makanan lain.

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Dalam memilih suplemen tambahan vitamin D, sangat disarankan untuk memilih suplemen yang mengandung vitamin D3 karena vitamin D3 ini akan sangat membantu peningkatan kadar vitamin D di dalam darah.

Dalam mengkonsumsi vitamin D tambahan ini juga harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter agar vitamin yang dipilih sesuai dengan kadar yang dibutuhkan tubuh.

3. Melakukan Olahraga Secara Rutin.

Olahraga merupakan salah satu kunci agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat dan prima. Melakukan olahraga secara rutin akan menghasilkan banyak manfaat bagi kesehtan tubuh manusia.

Olahraga yang dipilih tidak harus olahraga yang berat, olahraga yang ringan seperti berjalan kaki sudah cukup membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain menjaga kesehatan jasmani, menurut penelitian masih ada manfaat olahraga yang dapat Anda rasakan diantaranya:

Mencegah segala macam peradangan dan menurunkan resiko terjangkit penyakit kronis, mempercepat dan meningkatkan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit, selain itu rutin berolahraga juga dapat menurunkan dan mengurangi stres.

4. Mengkonsumsi Minuman Teh Hijau.

Teh hijau sudah terkenal sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau merupakan salah satu minuman yang mengandung antioksidan tinggi atau flavanoid.

Mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan tekanan darah, selain itu dengan mengkonsumsi teh hijau akan menjauhkan Anda dari resiko terkena penyakit kardiovaskular.

5. Memiliki Tidur yang Cukup dan Berkualitas.

Beristirahat dengan tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu cara mudah dan menyenangkan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan memiliki tidur yang cukup maka kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pada saat tidur, tubuh akan melepaskan sitoksin yang merupakan sejenis protein yang berguna untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih mudah dalam melawan infeksi.

Dalam sebuah percobaan orang yang tidur berkualitas selama paling tidak delapan jam dalam sehari dan dilakukan rutin selama dua minggu, memiliki kekebalan tubuh yang dapat menangkal serangan virus dan bakteri dengan lebih baik.

Sedangkan pada orang yang tidurnya kurang dari enam jam dalam sehari akan empat kali lebih mudah terserang penyakit seperti flu dibandingkan orang yang memiliki tidur yang cukup dan berkualitas. Inilah betapa pentingnya memiliki istirahat yang cukup bagi kesehatan.

6. Selalu Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan.

Kebersihan merupakan cara dasar yang hasrus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Ketika tubuh dan lingkungan sekitar Anda bersih, maka penyakit juga akan jauh dari diri Anda. Sebagian besar penyakit tumbuh dan berkembang pada tempat yang kotor. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diantaranya:

  • Mandi minimal dua kali dalam sehari.
  • Selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, dan setelah selesai makan.
  • Selalu mencuci tangan sebelum memakai lensa kontak atau sebelum melakukan segala aktivitas yang bersentuhan langsung dengan mata maupun mulut.
  • Saat mencuci tangan selalu menggosok bagian bawah kuku jari Anda, dan cucilah tangan selama minimal sekitar dua puluh detik.
  • Saat batuk maupun disaat bersin selalu tutup mulut anda menggunakan tisu atau sapu tangan.

7. Mengendalikan Stres Dengan Baik.

Kesehatan rohani juga dapat mempengaruhi kesehatan jasmani. Hal ini dapat dibuktikan karena orang yang stres daya tahan tubuhnya juga akan melemah dan akan lebih mudah terserang dan terinfeksi virus atau penyakit.

Setiap manusia memiliki hormon kortisol. Hormon  kortisol berfungsi untuk membantu tubuh dalam melawan peradangan dan berbagai macam penyakit yang menyerang.

Disaat seseorang mengalami stres yang kronis akan terjadi pelepasan hormon kortisol ini secara konstan sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan sistem kerja hormon kortisol tersebut.

Oleh sebab itu maka mengendalikan stres dengan baik merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan. Salah satu menjaga dan mengendalikan stres adalah dengan melakukan yoga atau dengan bermeditasi.

Itu adalah cara menjaga kesehatan tubuhyang dapat dilakukan. Cara-cara diatas bisa dilakukan oleh semua orang baik anak-anak sampai orang dewasa sekalipun.

Setelah membaca artikel ini diharapkan tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh lebih ditingkatkan. Karena tanpa tubuh yang sehat maka kehidupanpun tidak akan lengkap dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *