Pekerjaan

6 Tanda Wawancara Anda Akan Berujung Tawaran Kerja

Ciri-ciri diterima saat interview – Setelah interview kerja, biasanya Anda dipersilakan pulang dan perusahaan berjanji akan menghubungi Anda kembali. Advertisement Tentu dalam...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
tanda wawancara sukses
tips wawancara
Sumber Gambar : jobspedia.net

Ciri-ciri diterima saat interview – Setelah interview kerja, biasanya Anda dipersilakan pulang dan perusahaan berjanji akan menghubungi Anda kembali.

Advertisement

Tentu dalam periode menunggu itu, Anda pasti harap-harap cemas saat memikirkan apa akan dipanggil kembali atau tidak.

Pada situasi ini, biasanya Anda akan sedikit mengingat kembali jawaban yang Anda berikan saat wawancara kerja.

Padahal sebenarnya saat interview kerja, Anda sudah bisa meramalkan apakah Anda diterima atau tidak.

Ciri-ciri interview mu sukses

Agar Anda tidak sibuk menerka-nerka dengan diliputi kecemasan, berikut ini adalah ciri ciri bahwa interview Anda berjalan lancar dan berpeluang diterima kerja.

1. Interview berlangsung cukup lama dan intim

tanda wawancara sukses
Sumber Gambar : bettsrecruiting.com

Pada saat interview berlangsung, Anda tidak hanya ditanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Namun, pewawancara juga akan bertanya di luar topik pekerjaan, mulai dari hobi Anda, hubungan Anda dengan keluarga, sampai dengan tujuan hidup dan vision Anda.

Apabila pewawancara menghabiskan waktu lebih lama untuk interview, bahkan bahkan memberi pertanyaan-pertanyaan yang semakin dalam atau intim.

Artinya mereka tertarik dengan dengan kepribadian Anda, dan Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima di perusahaan tersebut.

2. Dipanggil untuk interview kedua

tips sukses wawancara
Sumber Gambar ; amazonaws.com

Jika pada tahap pertama Anda telah berhasil memberikan kesan positif, maka besar peluang untuk dapat dipanggil kembali untuk yang kedua kalinya.

Tentu, ini merupakan sebuah tanda yang sangat positif sebab kemungkinan besar peluang Anda untuk diterima dalam pekerjaan itu sudah di depan mata.

Biasanya di sesi interview yang kedua, Anda akan di jelaskan tentang aturan dan budaya perusahaan yang berlaku.

Terkadang, kamu juga akan diajak berkeliling kantor untuk melihat suasana dan ruangan kerja di perusahaan tersebut.

Untuk itu, pastikan dalam wawancara yang kedua ini Anda mempersiapkannya lebih maksimal lagi.

Artikel terkait :

3. Mulai bernegosiasi soal gaji

nego gaji
Sumber Gambarv : qerja.com

Jika saat interview pihak perusahaan sudah mulai menanyakan perihal gaji, ini mengisyaratkan bahwa sebuah perusahaan menginginkan Anda masuk dalam timnya.

Pertanyaannya bukan sekadar basa-basi seperti menanyakan “Berapa gaji yang Anda harapkan?” atau “ berapa gaji Anda di tempat kerja sebelumnya?”

Keseriusan seorang pewawancara saat interview dapat tercermin saat negosiasi gaji.

Jika perusahaan itu tertarik pada Anda, mereka akan lanjut ke tahap negosiasi gaji baik untuk melobi Anda agar mau menurunkan standar gaji yang Anda minta dan memberikan tawaran dengan sebuah fasilitas perusahaan.

Atau, pewawancara bisa juga setuju dengan besaran gaji yang Anda inginkan dengan mempertimbangkan beberapa kemampuan yang Anda miliki

4. Menjelaskan Tentang Sistem Kerja dan Hak Anda

sukses wawancara
Sumber Gambar ; glints.com

Anda boleh merasa lega saat di sela wawancara pihak perusahaan banyak memberikan informasi seputar budaya perusahaan, sistem kerja dan apa-apa saja yang akan Anda dapatkan jika diterima

Jika Anda telah diberitahu secara detail mengenai hal tersebut, ini adalah tanda-tanda positif bahwa Anda akan segera bergabung dengan perusahaan tersebut. Selamat!

5. Dipertemukan dengan tim kerja

tim kerja
Sumber Gambar : abaforlawstudents.com

Setelah interview dengan user dan Anda tiba-tiba di ajak keliling kantor dan berkenalan dengan tim kerja pada posisi yang Anda lamar.

Selamat, ini adalah kabar baik bagi Anda karena peluang Anda diterima di perusahaan semakin besar!

Biasanya, sebuah perusahaan akan sangat protektif terhadap tim kerjanya dan tidak akan sembarangan memperkenalkannya terhadap orang yang tidak berkepentingan jika dia bukan termasuk kandidat.

Artinya, jika Anda sudah pada tahap ini, sudah bisa dipastikan Anda merupakan kandidat yang akan menjadi bagian dari mereka.

6. Ditanya kapan bisa mulai kerja

pertanyaan interview kerja
Sumber Gambar : amazonaws.com

Apabila di akhir interview pewawancara menanyakan tentang kesediaanAnda seperti kapan Anda bisa mulai bekerja.

Maka ini adalah ciri-ciri kalau Anda kemungkinan besar diterima diperusahaan tersebut.

Jangan berpikir terlalu lama, jawab dengan penuh kepastian bahwa Anda siap bekerja kapan saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa jadi kemungkinan anda telah berhasil lolos dari proses interview.

Tetapi perlu diingat informasi diatas tentang ciri-ciri diterima saat interview sifatnya tidak mutlak, yang terpenting adalah anda harus selalu siap ketika anda lolos interview maupun gagal lolos dari proses interview tersebut. Untuk memenangkan hati recruiter saat sesi interview, kamu perlu persiapan yang matang.

Advertisement

Semoga informasi mengenai ciri-ciri diterima saat interview ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya, hanya di Goodchoice.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *