Pekerjaan

Jangan Sepelekan!! Ternyata Slip Gaji Mempunyai Fungsi Penting dalam Hidupmu

Semua karyawan di setiap perusahaan sawasta maupun negri pasti selalu dapat slip gaji setelah menerima gaji bulanan. Advertisement Di dalam slip gaji,...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
Contoh slip gaji karyawan
Contoh slip gaji karyawan
Contoh slip gaji karyawan. Sumber : Klikpajak.id

Semua karyawan di setiap perusahaan sawasta maupun negri pasti selalu dapat slip gaji setelah menerima gaji bulanan.

Advertisement

Di dalam slip gaji, Anda bisa mengetahui gaji pokok, tunjangan-tunjangan, maupun potongan-potongan seperti BPJS dan pajak baik terperinci maupun hanya sekedar rangkuman.

Terkait penerbitan slip gaji sudah di atur di dalam Pasal 17 Ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dalam peraturan tersebut di jelaskan bahwa Pengusaha/Perusahaan wajib memberikan bukti pembayaran Upah yang memuat rincian Upah yang diterima oleh Pekerja/Buruh pada saat Upah dibayarkan.

Bukti resmi ini dikeluarkan untuk setiap bulannya oleh perusahaan atau instansi dimana karyawan/ pegawai itu bekerja

Pengtinganya Slip Gaji Bagi Perusahaan.

Bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan.

Atau sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

Secara umum fungsi slip gaji bagi perusahaan adalah bukti otentik atau bukti resmi pemberian gaji dari perusahaan atau pengusaha ke pada pekerja atau pegawai.

Fungsi Slip Gaji Bagi Karyawan

Bagi karyawan slip gaji sangat penting, karena merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.

Artinya, slip gaji sebenarnya merupakan kewajiban pengusaha kepada pekerja. Adanya slip gaji memastikan telah terpenuhinya hak pekerja, dan memudahkan perusahaan saat hendak melakukan audit administrasi/keuangan

Manfaat Slip Gaji Untuk Karyawan

Berikut ini, adalah beberap manfaat dan kegunaan dari slip gaji yang biasa Anda dapatkan tiap bulanny.

1. Mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)

KPR Rumah
KPR Rumah Sumber : blog-media.lifepal.co.id

Slip gaji adalah salah satu syarat utama yang harus Anda penuhi ketika mengajukan KPR. melalui slip gaji inilah pihak bank penyedia KPR akan menganalisa kemampuan Anda dalam membayar cicilan rumah untuk setiap bulannya.

Idealnya gaji bulanan kamu harus tiga kali lipat lebih besar dari cicilan per bulan. Oleh karenanya, pastikan kamu menyesuaikan angsuran yang diambil dengan gaji yang diterima.

2. Mengajukan Kredit Dana Cepat

Dana Cepat
Sumber : www.danamon.co.id

Mengajukan kredit dana cepat merupakan sebuah solusi tercepat untuk mendapatkan bantuan dana berupa uang yang mendesak.

Dana cepat biasanya tidak membutuhkan agunan/ jaminan, sebab nilai kredit yang diajukan biasanya tidak bisa dalam jumlah besar.

Namun, tetap seperti halnya kredit dan pinjaman-pinjaman lainnya, pasti dan selalu mensyaratkan slip gaji dalam pengajuannya.

3. Mengajukan Kredit Kendaraan Motor/ Mobil

KKB
Sumber : asset.kompas.com

Ketika Anda mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, pihak pemberi kredit, dalam hal ini leasing dengan perjanjian fidusia, pasti mempersyaratkan kelengkapan slip gaji.

Entah itu untuk kepemilikan kendaraan bermotor, mobil bekas maupun mobil baru, jika dilakukan dengan perjanjian fidusia (leasing) atau kredit pasti harus menyertakan slip gaji dalam pengajuannya. DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan.

4. Mengajukan Kredit Bank Tanpa Agunan

kredit bank
Sumber : mediakonsumen.com

Slip gaji adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh karyawan/ pegawai dalam pengajuan pinjaman/ kredit.

Slip gaji ini berfungsi sebagai informasi bagi pemberi pemberi kredit (bank). Gaji pokok menentukan kesesuaian dan kemampuan membayar dari pemohon pinjaman (karyawan/ pegawai) tersebut.

5. Mengajukan Kredit Alat Elektronik

kredit elektronik
Sumber : www.rancahpost.com

Sering kali keinginan untuk memiliki barang-barang elektronik harus kesampingkan, karena kita harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih utama/ prioritas.

Hal inilah yang membuat sebagian dari kita lebih memilih memiliki barang dan alat-alat elektronik dengan jalan kredit.

Biasanya syarat untuk mengambil cicilan harus menyerahkan slip gaji sebagai pertimbangan kemampuan kamu membayar cicilan per bulan. Slip gaji tersebut juga akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan yang diambil nantinya.

Itulah tadi enam manfaat dan kegunaan slip gaji yang harus Anda ketahui.

Advertisement

Baca Juga : Cara Menghitung Upah Lemburan Karyawan yang Benar

Contoh Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji
Sumber : www.sigmahris.com

 

Slip gaji
Sumber : makalah.id
Slip gaji pekerja
Gambar via : upload.wikimedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *