Keuangan

Daftar Deposito Syariah Terbaik di Indonesia

Instrumen investasi yang banyak digunakan untuk saat ini, salah satunya adalah deposito atau tabungan berjangka. Alasannya adalah deposito memiliki resiko kerugian yang...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
mandiri syariah
PElayanan BNI Syariah 1 (1)
Sumber Gambar : https://www.saudagarnews.id/

Instrumen investasi yang banyak digunakan untuk saat ini, salah satunya adalah deposito atau tabungan berjangka.

Alasannya adalah deposito memiliki resiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan investasi jenis lainnya.

Pilihan deposito saat ini juga terdiri dari beberapa pilihan, termasuk deposito Syariah terbaik dari beberapa bank di Indonesia. Bagi kamu yang ingin belajar investasi, bisa memulai dari deposito ini.

Deposito dari produk syariah saat ini mulai banyak diminati. Animo masyarakat tentang produk perbankan yang berbasis hukum keuangan Islami semakin meningkat.

Instrumen investasi berbasis hukum keuangan islam menjadi pilihan ketika masyarakat mulai berbicara tentang deposito konvensional yang dianggap riba.

Dalam deposito Syariah, nasabah akan berperan sebagai pemilik dana dan bank sebagai pengelola dana.

Rekomendasi Deposito Syariah Terbaik

Instrumen yang digunakan pada deposito berbasis hukum keuangan islam terdiri dari Muthlaqah dan Muqayyadah.

Pengertian Muthlaqah adalah bank diberikan kebebasan oleh nasabah untuk menentukan investasi, agar uang yang telah didepositkan dikelola dengan baik.

Sedangkan Muqayyadah berarti nasabah dapat menentukan jenis investasi bank. Berikut adalah beberapa contoh deposito syariah terbaik yang bisa dipertimbangkan.

1. CIMB Niaga Deposito Syariah

CIMB Niaga termasuk salah satu bank yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia.

Produk perbankan yang berbasis hukum keuangan islam yang dipasarkan salah satunya adalah CIMB Niaga Deposito Syariah, dimana produk tersebut adalah investasi yang berbasis syariat Islam.

Sistem yang digunakan adalah bagi hasil dengan nisbah untuk calon nasabahnya hingga 59%.

2. BSM Deposito

Produk deposito berbasis hukum keuangan islam dari Bank Syariah Mandiri ini menggunakan sistem Mudharabah Mutlaqah.

Dengan sistem ini, BSM menerima wewenang penuh dari nasabah untuk mengelola uang deposit yang masuk.

Uang tersebut akan dipergunakan untuk mendapatkan keuntungan melalui jalan yang halal. Setoran awal deposito Syariah ini minimal Rp. 2 juta dengan pilihan tempo 1, 3, 6, dan 12 bulan.

3. Danamon Deposito Syariah iB

Bank Danamon juga mengeluarkan produk deposito syariah. Prinsip yang digunakan adalah Syariah Wadiah. Keuntungan dari deposito ini adalah untuk membuka rekening hanya Rp. 100 ribu saja.

Kamu tidak dibebani biaya kartu ATM, biaya administrasi bulanan, dan biaya autodebet. Dengan keuntungan ini maka saldo deposit tidak akan berkurang.

4. BCA Syariah Deposito iB

Bank BCA selaku bank swasta terbesar menawarkan produk perbankan berbasis hukum keuangan islam melalui BCA Syariah. Akad yang digunakan adalah Mudharabah Mutlaqah.

Jika tertarik dengan deposito hukum keuangan islamini, setoran minimal yang harus dikeluarkan adalah Rp. 8 juta.

Pilihan jangka waktu mulai dari 1,3, 6, dan 12 bulan. Keunggulan deposito ini, kamu bisa menarik uang sebelum jatuh tempo tanpa beban biaya.

5. BNI Syariah Deposito iB Hasanah

Tidak ketinggalan, Bank BNI juga memiliki produk perbankan berbasis hukum keuangan islam dengan menggunakan akad Mudharabah.

Setoran awal deposito ini hanya Rp. 1 juta. Nisbah dari BNI Syariah Deposito iB hasanah untuk nasabahnya mencapai 50%. Kemudahan lainnya adalah, kamu tidak perlu memiliki rekening tabungan BNI.

Hal ini menempatkan deposito syariah BNI ini sebagai deposito terbaik di Indonesia.

6. Muamalat Deposito iB Hijrah

Bank Muamalat adalah bank syariah yang didirikan pada tahun 1991 oleh MUI. Bank ini menjadi bank umum pertama dengan prinsip syariah.

Muamalat juga menawarkan Deposito iB Hijrah Mudharabah dengan pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan baik untuk mata uang Rupiah maupun Dollar AS. Setoran awal untuk deposito ini adalah Rp. 5 juta datau USD 1.000.

7. Bukopin Syariah Deposito iB

Bank Bukopin juga menawarkan produk perbankkan berbasis hukum keuangan islam. Dengan menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah, debitur bisa mendapatkan jaminan bagi hasil dana yang kompetitif.

Kamu juga bisa menjadikan Bukopin Syariah Deposito iB ini sebagai jaminan pembiayaan. Pilihan tempo deposito ini yaitu 1, 3, 6, dan 12 bulan. Setoran awal adalah Rp. 1 juta dengan pajak dari bagi hasil sebesar 20%.

Deposito syariah bisa menjadi alternatif pilihan investasi dengan basis hukum keuangan islam. Prinsip dan akad yang digunakan adalah bagi hasil dengan jalan halal.

Kamu bisa memilih deposito syariah terbaik dari beberapa bank syariah yang ada. Pilihan jangka waktu deposito hampir sama, yaitu 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Masing-masing bank menentukan batas minimal setoran yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *