Bisnis

Mengenal Digital Marketing dan Pentingnya Untuk Penjualan Di Era Digital Saat Ini

Digital marketing adalah istilah luas yang merujuk pada berbagai teknik promosi yang digunakan untuk menjangkau pelanggan melalui teknologi digital. Advertisement Apa Itu...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
digital marketing2
Sumber Gambar : https://www.harmony.co.id/

Digital marketing adalah istilah luas yang merujuk pada berbagai teknik promosi yang digunakan untuk menjangkau pelanggan melalui teknologi digital.

Advertisement

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah penggunaan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya untuk menjangkau konsumen.

Digital marketing juga dikenal sebagai Internet marketing, tetapi proses aktualnya berbeda, karena digital marketing dianggap lebih bertarget, terukur, dan interaktif.

Digital marketing mencakup sejumlah teknik Internet marketing, seperti optimisasi mesin pencari (SEO), marketing mesin pencari (SEM) dan pembuatan tautan.

Ini juga meluas ke saluran non-Internet yang menyediakan media digital, seperti layanan pesan singkat (SMS), layanan pesan multimedia (MMS), panggilan balik dan nada dering ponsel yang ditahan, e-book, disk optik, dan permainan.

Website, sosial media, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini.

Tujuan utama digital marketing adalah melibatkan pelanggan dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan merek dagang melalui layanan dan pengiriman media digital.

Ini dicapai dengan mendesain media digital sedemikian rupa sehingga membutuhkan beberapa jenis tindakan pengguna akhir untuk melihat atau menerima motif di balik kreasi media tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Google Business Agar Bisnis Semakin Melejit

Pentingnya Digital Marketing Untuk Penjualan

pentingnya digital marketing
Sumber Gambar: misterexportir.com

Mari kita lihat mengapa bisnis Anda membutuhkan digital marketing untuk tumbuh dan berkembang:

1. Opsi Pertumbuhan Lebih Baik Untuk Bisnis Kecil

Pentingnya digital marketing untuk bisnis terletak pada opsi untuk memilih metode marketing sesuai anggaran Anda dan menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya lebih rendah.

Bahkan satu dekade kembali memasarkan produk Anda terutama untuk bisnis kecil adalah suatu tugas yang cukup berat.

Mereka harus menggunakan metode tingkat kecil di mana jaminan keberhasilan hampir dapat diabaikan.

2. Tingkat Konversi Yang Lebih Tinggi

Bisnis yang memilih digital marketing dapat mengukur tingkat konversi melalui real-time menggunakan metode sederhana, yaitu mengidentifikasi persentase pemirsa yang dapat dikonversi menjadi prospek dan kemudian pelanggan dan pada akhirnya membeli layanan atau produk.

Email adalah metode yang memiliki tingkat konversi tinggi karena mereka dapat menghasilkan saluran komunikasi yang cepat dan efektif dengan konsumen.

Anehnya semua lalu lintas yang Anda dapatkan di situs web Anda mungkin tidak membuahkan hasil maka digital marketing memungkinkan Anda menjangkau hanya mereka yang memiliki kebutuhan untuk jenis layanan Anda sehingga menawarkan konversi lead yang lebih baik.

3. Membangun Reputasi Merek

Agar bisnis apa pun dapat bertahan hidup, satu hal yang benar-benar perlu mereka upayakan adalah membangun reputasi yang sempurna.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi jelas bahwa pelanggan akan selalu lebih memilih perusahaan yang tidak memiliki skandal yang terkait dengannya.

Pentingnya digital marketing saat ini terletak pada berbagai cara Anda untuk membangun hubungan pribadi dengan basis pelanggan Anda.

Baca Juga : Kenali 7 konsep Marketing Mix Untuk Menyusun Srategi Bisnis Anda

4. Memecahkan Masalah Pelanggan

Baik itu marketing email atau media sosial, Anda selalu dapat menawarkan solusi untuk masalah pelanggan dan membuatnya berhubungan dengan produk Anda dengan bahkan menyediakan akses obrolan langsung.

Situs web dan halaman media sosial Anda dapat dengan mudah dikonversi menjadi tempat di mana konsumen dapat mengajukan pertanyaan, memberikan saran, dan karenanya membawa asosiasi dengan Anda pada tingkat positif.

5. Keterlibatan Dengan Pelanggan Seluler.

Setelah Google mobile, update pertama hampir semua situs web hari ini dibuat sedemikian rupa sehingga mereka dapat dengan mudah dilihat di ponsel juga.

Ini karena hampir semua pelanggan memiliki akses ke smartphone dan sebagian besar dari mereka bahkan mencari produk yang sama canggihnya. Hal ini tentu sangat berdampak terhadap pentingnya digital marketing.

6. Perluasan Tingkat Kepercayaan Pada Merek Anda

Kehadiran merek dan layanan Anda di berbagai platform memberi pilihan kepada pelanggan untuk menilai layanan Anda sesuai tingkat pengalaman mereka.

Ulasan positif yang ditinggalkan oleh pelanggan yang puas menyebabkan yang baru untuk segera mengonversi. Hal ini, pada gilirannya, mengarah pada membangun citra merek yang kuat di benak konsumen baru sehingga mengarah pada lebih banyak konversi.

7. ROI yang Lebih Baik Untuk Investasi Anda

Sementara alokasi anggaran sebelumnya dilakukan secara individual untuk menangani setiap jenis media marketing, situasinya menjadi lebih progresif sekarang.

Bahkan tingkat kecil investasi yang dilakukan dalam mode marketing email memiliki potensi untuk memberikan hasil dalam hal keterlibatan pelanggan.

Menggunakan analisis web membantu pemilik bisnis mengetahui apakah situs web Anda memberikan ROI yang optimal.

8. Marketing Digital Hemat Biaya

Sebuah bisnis kecil perlu menghemat sumber dayanya sebelum akhirnya masuk ke zona hijau dan mulai menghasilkan keuntungan.

Marketing digital memberi Anda ruang lingkup untuk menjangkau banyak pelanggan pada saat yang sama yang sesuai anggaran.

Anda dapat merencanakan strategi marketing sehingga Anda menggunakan mode yang sesuai dengan anggaran.

Baca Juga : Cara Membuat Bisnis Model Canvas Bagi Pemula Usaha

9. Potensi untuk Mendapatkan Pendapatan Lebih Tinggi

Karena jumlah uang yang diinvestasikan lebih sedikit dan ROI lebih banyak ruang untuk menghasilkan uang jauh lebih tinggi.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh IPSOS Hong Kong sesuai dengan Google telah menunjukkan bahwa dibandingkan dengan metode tradisional, marketing digital dikenal menghasilkan pendapatan 2,8 kali lebih banyak.

Hal tersebut tentunya ditambah dengan fakta bahwa tingkat konversi di sini jauh tinggi memastikan bahwa Anda mencetak uang segera setelah Anda memasuki keributan. Karena itulah, digital market benar-benar mengalami lonjakan peminat.

10. Bentuk Marketing yang Dapat Dihitung

Sangat sulit untuk melacak catatan keberhasilan dari marketing tradisional tetapi dengan penggunaan taktik digital marketing, setiap langkah kesuksesan dapat diukur.

Digital marketing bekerja secara real-time karena menunjukkan keberhasilan masing-masing dan setiap taktik yang telah digunakan.

Melalui ini, Anda dapat memilih taktik terbaik yang menunjukkan hasil terbaik. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah membuat perubahan dalam kampanye untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Advertisement

Baca Juga : 5 Alasan kenapa Bisnis Online Sangat Menguntungkan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *