Keuangan

8 Tahap Menuju Financial Freedom, kamu Sudah Sampai Tahap Mana?

Financial freedom – Kebebasan finansial atau financial freedom merupakan kondisi dimana seseorang bebas secara finansial. Advertisement Maksudnya adalah keadaan dimana seseorang memiliki kekayaan...

Written by Widiatmoko Eling · 3 min read >
finansial
Tahap financial fredom
Sumber Gambar : kinstacdn.com/

Financial freedom – Kebebasan finansial atau financial freedom merupakan kondisi dimana seseorang bebas secara finansial.

Advertisement

Maksudnya adalah keadaan dimana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi semua kebutuhannya tanpa harus bekerja dengan sangat keras.

Dalam mencapai kebebasan finansial tersebut Anda akan mengalami 8 fase kebebasan finansial yang harus dilalui.

Seseorang yang sudah mencapai financial freedom atau kebebasan finansial ini maka aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih banyak dari biaya hidup yang dikeluarkan.

Tingkatan atau fase inilah yang harus Anda ketahui agar dapat mencapai kebebasan finansial atau financial freedom tersebut.

8 Tahap Menuju Kebebasan Finansial

Dalam mencapai kebebasan finansial, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelumnya.

Anda akan mengalami beberapa fase agar dapat mencapai kebebasan secara finansial yang sempurna. Inilah beberapa fase dan tingkatan yang harus anda lalui:

1. Hanya hidup dari gaji

financial fredom
Sumber Gambar : digitaloceanspaces.com/

Tingkatan pertama yang harus Anda lakukan dalam usaha untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan membangun dan memiliki tabungan atau menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan penting atau kebutuhan mendadak yang tidak terduga.

Hal ini juga termasuk dalam membayar semua tagihan dan hutang yang dimiliki.

Menurut hasil survei, rata-rata 40% keuangan rumah tangga tidak bisa membayar atau menutupi beberapa kebutuhan mendadak atau kebutuhan yang diluar bayangan mereka.

Hampir semua orang memiliki kebutuhan mendadak misalnya untuk membeli obat, atau memperbaiki mobil.

Dengan menyiapkan uang cadangan akan sangat membantu dalam menutup semua kebutuhan tersebut.

2. Memiliki cukup uang untuk tidak bekerja

Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan. Image via www.google.com

Kebebasan finansial adalah tentang bagaimana membuat bekerja adalah sebuah pilihan. Menyiapkan cukup uang untuk tidak bekerja adalah suatu keputusan yang besar.

Sebagai salah satu batu loncatan yang baik, Anda hanya perlu mengumpulkan uang yang cukup untuk sementara waktu tidak bekerja.

Bukan untuk selamanya tidak bekerja, namun hanya meyakinkan jika Anda bisa.

Uang yang Anda kumpulkan atau sisihkan ini juga bisa berguna bagi tabungan atau simpanan untuk keperluan mendesak atau keperluan diluar rencana sehingga selain menjadi sarana untuk mempersiapkan diri untuk tidak bekerja, uang ini juga bermanfaat bagi kebutuhan yang lainnya.

3. Cukup untuk bahagia secara finansial dan tetap tercukupi kebutuhan hidupnya

cek nomor
Sumber Gambar : https://thaiforexelite.com/

Tingkatan atau fase ini lebih ke arah dimana Anda bisa menikmati hidup dan memiliki uang yang cukup untuk memenuhinya.

Maksudnya adalah Anda bisa tercukupi di semua kebutuhan hidup yang pokok, melakukan atau menikmati sesuatu. Anda juga bisa membayarnya, serta masih memiliki sisa uang di akhir bulan.

Sisa uang inilah yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan tingkatan dalam kebebasan finansial yang akan Anda capai.

Hal ini tentu saja membuat Anda berfikir untuk menghindari penggunaan uang dalam hal-hal yang kurang penting seperti menggunakan uang hanya untuk meningkatkan gaya hidup atau hanya untuk dihambur-hamburkan saja.

4. Memiliki kebebasan waktu

pantai balangan
Sumber Gambar : https://www.piknikdong.com/

Kebanyakan orang memiliki keinginan atau harapan untuk memiliki jadwal yang lebih fleksibel.

Kebebasan finansial dan kebebasan waktu adalah sesuatu yang saling melengkapi.

Dengan kebebasan waktu dan finansial yang dimiliki, Anda bisa mencapai keinginan yang direncanakan, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, dan melakukan banyak hal yang lainnya.

Tanpa adanya kebebasan waktu, kebebasan finansial atau financial freedom tidak akan tercapai, begitu juga sebaliknya.

Kebebasan finansial atau financial freedom dapat dirasakan dan dinikmati bersama dengan adanya kebebasan waktu.

5. Cukup memiliki uang untuk menjalani hidup di awal masa pensiun

perencanaan liburan
Sumber : thejuliahotel.com

Apakah Anda tahu bahwa banyak sekali orang diluar sana yang membenci pekerjaannya?

Orang-orang tersebut melakukan hampir segalanya agar bisa segera keluar atau pensiun dari pekerjaannya.

Beberapa diantaranya bahkan memutuskan untuk pindah ke kota dengan biaya hidup yang  lebih rendah tanpa memikirkan rencana selanjutnya.

Bagi beberapa orang yang memikirkan kebebasan finansial dalam masa pensiunnya, mereka pasti memikirkan bagaimana kehidupannya setelah pensiunannya tersebut.

Yang perlu Anda ketahui, memiliki uang yang cukup untuk hidup seadanya pada masa awal pensiun akan membuat motivasi yang baik untuk membuat pilihan dalam jangka panjang.

Pemikiran seperti keinginan untuk membeli mobil mewah, misalnya. Keinginan ini bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengambil masa pensiun.

Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti membangun rumah mewah bisa menjadi salah satu contoh yang bisa Anda lakukan jika ingin mempercepat pengunduran diri dari pekerjaan.

6. Cukup memiliki uang untuk benar-benar pensiun dan tercukupi semua kebutuhannya

ASURANSI 2
Sumber Gamar : https://image.cermati.com/

Berfikir Anda bisa hidup dengan baik dan bahagia dengan standar hidup yang sekarang?

Anda juga perlu memikirkan apa yang perlu Anda lakukan dan Anda perlukan dalam hidup di masa pensiun.

Apakah Anda akan mengumpulkan tabungan atau aset yang cukup, atau memiliki penghasilan pasif bisa menjadi salah satu posisi terbaik dalam menjalani masa pensiun.

Jika hanya memikirkan hidup dengan standar dan seadanya, seperti yang dilakukan saat masih bekerja, maka masa pensiun dengan harapan bisa menikmati kebebasan finansial atau financial freedom tidak akan tercapai.

7. Cukup memiliki uang untuk menjalani masa pensiun yang diimpikan

pensiun
Sumber Gambar : https://www.myceisonline.com/

Jika saat bekerja Anda menghabiskan empat puluh, enam puluh, atau bahkan lebih banyak jam dalam seminggu, lalu bagaimana impian hidup Anda yang sebernarnya?

Coba pikirkan baik-baik apa yang akan membawa ketentraman dalam hidup Anda.

Coba bayangkan bagaimana indahnya mengetahui bahwa Anda memiliki cukup uang untuk melakukan pensiun dan hidup sesuai dengan impian Anda.

Bagaimana indahnya menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga dengan memiliki waktu dan uang yang cukup dan Anda bisa melakukannya sebelum menginjak usia tujuh puluh tahun.

8. Memiliki uang yang lebih dari banyak uang yang pernah Anda habiskan

masa pensiun
Sumber Gambar : https://www.executivefantasyhotels.com/

Fase ini merupakan fase yang paling tinggi pada kebebasan finansial. Memiliki uang lebih dari yang dibayangkan adalah hal yang luar biasa.

Uang ini bisa anda gunakan untuk membeli barang-barang atau kebutuhan sekunder yang anda butuhkan. Bahkan, Anda bisa saja dibuat bingung memikirkan cara bagaimana menghabiskan uang.

Itulah 8 tingkatan atau fase yang harus dilalui dan dipikirkan sebelum mencapai tingkat kebebasan finansial atau financial freedom.

Tanpa melalui semua fase tersebut maka financial freedom tidak akan didapatkan.

Mulai berfikir untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom sejak dini adalah salah satu cara yang tepat agar kebebasan finansial tersebut bisa segera tercapai.

Usaha dan kerja keras sangatlah dibutuhkan sebelum mencapai financial freedom, namun setelah tercapai maka hidup indah dengan merasakan kebebasan finansial merupakan imbalan yang cukup sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Jadi ditingkatan manakah fase kebebasan finansial Anda berada?. Mencapai kebebasan finansial merupakan harapan bagi semua orang.

Advertisement

Semoga 8 tingkat kebebasan finansisial ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk mendapatkan kebebasan finansial atau financial freedom yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *