Pekerjaan

5 Tips dan Trik Gambar Orang Pada Proses Assessment Psikologi.

Tes gambar orang merupakan salah satu psikotes yang sering  dijumpai pada proses assessment psikologi. Pada tes ini HRD tidak menilai seberapa bagus...

Written by Widiatmoko Eling · 1 min read >
cara Gambar orang
gambar orang
Sumber Gambar : https://www.insinyoer.com/

Tes gambar orang merupakan salah satu psikotes yang sering  dijumpai pada proses assessment psikologi. Pada tes ini HRD tidak menilai seberapa bagus gambar yang kamu buat.

Advertisement

Point utamanya adalah seberapa detail gambar dan goresan yang kamu buat. Tes ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, kepribadian dan ketahanan kerja calon karyawan.

1. Gambar Sesuai Dengan Jenis Kelamin.

Objek yang anda gambar mencerminkan kepribadian Anda. Gambarlah objek sesuai dengan jenis kelamin. Jika Anda berjenis kelamin perempuan, maka gambarlah objek perempuan dan egitu juga sebaliknya.

2. Jenis Profesi Objek yang Digambar.

Profesi orang yang anda gambar harus jelas. Pastikan kelengkapan pakaian sampai aksesoris yang dikenakan sesuai dengan profesinya.

Selain itu, gambarlah orang dengan ekspresi bahagia atau wajah tersenyum dalam melakukan aktifitas. Artinya Anda memiliki nilai yang optimis dalam menjalankan berbagai tugas pekerjaan.

Baca Juga : 9 Tips Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg Agar Lulus Seleksi Kerja.

3. Gambarlah Bentuk Objek Secara Utuh dan Lengkap.

Detail,objek yang harus anda perhatikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Anda juga harus memperlihatkan bagian-bagian tubuh, seperti mata, alis, hidung, telinga, tangan, mulut, hingga jari sekalipun. Dengan menggambar secara detail, Anda dinilai sebagai karyawan yang sangat detail dalam bekerja.

4. Perhatikan Garis Gambar.

Terdapat beberapa makna saat Anda memberikan tekanan pada gambar. Jangan memberikan penekanan berlebihan pada wajah sebab akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak percaya diri.

Gambarlah manusia dengan ukuran sedang, karena jika Anda menggambar manusia dengan ukuran yang besar maka Anda akan terlihat sebagai orang yang dominan, sedangkan jika terlalu kecil maka Anda dinilai sebagai orang yang rendah diri.

Baca Juga : 10 Tips Lolos Tes Psikotes Gambar Pohon & Penjelasannya.

5. Mendiskripsikan Gambar.

Setelah anda selesai menggambar, tugas selanjutnya adalah mendiskripsikan orang yang anda gambar. Sebaiknya diskripsikan objek tersebut sedimikian mungkin itu adalah Anda, seperti Umur, cita-cita, kelebihan dan kekurangannya.

Disarankan untuk mendeskripsikan kelebihan pada gambar tersebut yang bersifat kebiasaan positif, seperti: Pekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab. Sedangkan untuk kelemahannya yang bersifat teknis, seperti : Pasif berbahasa Inggris.

Advertisement

Demikian penjelasan singkat mengenai tips dan trik gambar orang  saat tes psikotes. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *