Multimedia

Panduan Cara Membuat Iklan di Google AdWords

Google AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kamu bisa mengatur iklan bisnismu. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
google-adwords
website-in-google
Sumber Gambar : https://www.zigview.co.uk/

Google AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kamu bisa mengatur iklan bisnismu. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Advertisement

Iklan Google atau Google Ads masih menjadi cara favorit untuk memasarkan produk atau konten melalui mesin pencari Google.

Metode organik memang memberikan dampak jangka panjang. Hanya saja, jika kamu menginginkan hasil cepat, metode tersebut tidak dapat diandalkan.

Cara membuat iklan di Google ternyata tidak sulit. Kamu hanya perlu cermat dan bersabar agar berhasil memasang iklan di Google.

Mengapa Harus Membuat Iklan di Google AdWords?

Para pengguna web menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang dicari di internet. Web yang berhasil berada di urutan teratas memiliki kemungkinan besar untuk diklik.

Google AdWords menawarkan jasa untuk membuat konten atau website kamu berada di urutan teratas hasil pencarian.

Dengan menggunakan layanan ini, konten yang kamu tawarkan akan mendapatkan eksposur lebih luas.

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan AdWords. Beberapa keuntungan tersebut adalah pemasaran yang lebih baik, target audiensi lebih spesifik, dan probabilitas kesuksesan mengkliknya tinggi.

Untuk urusan biaya memang relatif dan bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu. Berikut adalah panduan memasang iklan di Google AdWords.

Cara Membuat Iklan di Google dalam 7 Langkah

1. Melakukan Pendaftaran

Kamu bisa mendaftar menggunakan akun Google atau membuat akun baru khusus untuk Google AdWords.

Biasanya, orang memilih membuat akun khusus AdWords untuk menghindari kesalahan pengelolaan. AdWords juga akan sering mengirim email ke akun Anda. Kamu bisa membuat akun ini di situs resmi Google AdWords.

2. Menentukan Goal

Sekarang, kamu sudah memiliki akun Google AdWords. Langkah selanjutnya adalah memilih goal iklan.

  • Kamu akan memilih 1 dari 3 goal yang disediakan oleh AdWords.
  • Goal 1 adalah Call your Business. Pilih goal ini jika kamu sering menggunakan telepon/panggilan untuk beragam kegiatan bisnis, termasuk melayani konsumen.
  • Goal 2 adalah Visit your storefront. Pilih goal ini jika kamu memiliki toko fisik dan ingin “menggiring’ konsumen untuk berkunjung ke tempat kamu berjualan.
  • Goal 3 adalah Take an action on your website. Pilih goal ini jika kamu ingin konsumen melihat produk dan bertransaksi di website yang kamu buat.

3. Memilih Lokasi

Pilihlah lokasi yang kamu pikir paling berpotensi mendatangkan konsumen. Kamu bisa menggunakan jangkauan lokasi yang luas atau spesifik. Hampir tidak ada batasan di sini. Sampai lokasi di luar negeri pun bisa kamu pilih.

4. Menentukan Kategori

Saatnya kamu mendefinisikan produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa membuat deskripsi yang spesifik atau umum. Semakin jelas maka semakin mudah Google menemukan target pasar dari bisnis yang kamu tekuni.

5. Membuat Iklan

Membuat dan membuat copy iklan adalah aktivitas utama dari panduan ini. Meskipun akan menjadi prioritas, kamu tetap tidak boleh sembarangan dalam membuat iklan ini. Berikut adalah panduan membuat iklan yang baik.

  • Selalu perhatikan syarat dan ketentuan dari Google mengenai iklan yang akan kamu buat.
  • Karakter untuk membuat iklan cukup terbatas.
  • Keterbatasan tersebut membuatmu harus membuat iklan yang singkat, jelas, dan berkualitas.
  • Kamu bisa mempelajari iklan AdWords yang sudah dibuat dengan mencarinya di Google.
  • Memasang foto memang tidak wajib. Namun, sangat disayangkan jika kamu tidak melakukannya.

6. Menghitung Anggaran

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan baik-baik ketika sedang menghitung anggaran.

  • Google AdWords menggunakan sistem PPC (Pay Per Click).
  • Kamu hanya akan membayar jika iklan yang kamu buat diklik oleh pencari.
  • Kamu bisa menentukan perkiraan batasan biaya rata-rata perhari.
  • Dengan menggunakan batasan tersebut keuangan tidak akan bobol.
  • Pilihlah estimasi biaya iklan paling kecil jika kamu pemula.
  • Lakukan evaluasi berkala dan tingkatkan anggaran jika diperlukan.

7. Menentukan Metode Pembayaran

Tahap terakhir dalam panduan cara membuat iklan di Google ini adalah melakukan pembayaran. Tidak ada kartu kredit, tidak perlu takut.

Pembayaran melalui bank (transfer) bisa kamu pilih. Setelah ini, kamu hanya perlu menunggu dan melihat hasil dari kerja keras yang telah kamu lakukan, dan melakukan evaluasi dari kampanye Google AdWords yang kamu lakukan.

Mencapai urutan teratas dalam hasil pencarian di mesin pencari adalah tujuan utama melakukan beragam kampanye pengoptimalan, termasuk memanfaatkan Google AdWords.

Advertisement

Untuk hasil yang lebih baik dan lebih awet, sebaiknya kamu tidak hanya menggunakan satu metode penjualan atau marketing saja. Kombinasikan dengan kampanye SEO yang berkualitas untuk hasil yang lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *