Gaya Hidup

Cara Membentuk dan Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual atau yang sering juga disebut sebagai IQ (intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup...

Written by Widiatmoko Eling · 2 min read >
kecerdasan intelektual
kecerdasan intelektual
kecerdasan intelektual. Sumber www.google.com

Kecerdasan intelektual atau yang sering juga disebut sebagai IQ (intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan manusia.

Advertisement

IQ sempat dianggap sebagai satu-satunya ukuran kemampuan berpikir paling penting bagi manusia. Namun pada kenyataannya IQ tidak dapat dijadikan tolok ukur dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam kehidupannya

Kecerdasan intelektual dalam kehidupan manusia hanya berperan maksimal sebesar 20%. Sedangan menurut Steven J. Stein dan Howard E. Book, MD, peran kecerdasan intelektual bahkan hanya 6% saja.

Tidak sedikit orang yang mencapai kesuksesan meski IQ-nya tidak tinggi. Sebaliknya, beberapa di antara kita mungkin memiliki IQ tinggi namun dalam dunia pekerjaan tetap kalah saing dengan yang IQ-nya lebih rendah.

Baca Juga : Apa itu Kecerdasan Emosional, dan Bagaimana Cara mengembangkannya

Peran Kecerdasan Intelektuaal dalam Kehidupan

kecerdasan intelektual menurut para ahli memiliki berbagai peranan dalam kehidupan antara lain:

  1. Menjadi media penyimpanan pengetahuan baru
  2. Alat untuk mendapatkan pengetahuan baru
  3. Membantu memahami sesuatu secara lebih mendalam
  4. Membantu meningkatkan pengetahuan.

IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan.

Intelligence Quotient adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dari seseorang yang merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan dan mengolah informasi

Orang yang kecerdasan intelektualnya baik, baginya tidak akan ada informasi yang sulit, semuanya dapat disimpan, diolah dan diinformasikan kembali pada saat dibutuhkan.

Proses dalam menerima, menyimpan dan mengolah kembali informasi biasa disebut “berfikir”. Berfikir adalah media untuk menambah perbendaharaan otak manusia.

Pada umumnya Kecerdasan intelektual dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Kepribadian seseorang akan menentukan bagaimana cara ia bekerja dan juga cara ia menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Baca Juga : Pentinganya kecerdasan Spiritual dalam Kehidupan

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual  

kecerdasan intelektual bisa berasal dari warisan alami, namun juga bisa dibentuk. Berikut beberapa tips untuk dapat meningkatkan kecerdasan intelektual :

1  Banyak Membaca

Jangan remehkan hobi membaca, karena hal tersebut dapat meningkatkan memori dan menambah topik pembicaraan ketika Anda berinteraksi dengan orang lain.

Semakin banyak jenis buku yang Anda baca, maka Anda akan memiliki perbendaharaan topik pembicaraan yang luas.

2. Berimajinasi

Berimajinasi akan membantu mengasah kecerdasan intelektual kita. Dengan berimajinasi, kita akan membayangkan banyak hal dan mulai berpikir secara rinci terkait langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk meraih hal yang kita bayangkan tersebut.

Semakin imajinatif diri kita, maka kita akan semakin membuka diri untuk menciptakan teknik pemecahan masalah yang inovatif dan efektif, terampil dalam bertukar pikiran, dan terampil dalam berkoneksi dengan orang banyak.

3. Memperluas Wawasan.

Memperluas wawasan dapat membuka dunia baru bagi kita, sehingga mudah bagi kita untuk mempelajari banyak hal dan perubahan yang terjadi.  Itulah alasan penting mengapa kita sangat perlu untuk menambah wawasan setiap harinya.

Memperluas wawasan akan semakin membuka pikiran kita bahwa dunia ini sangat luas. Semuanya tidak selalu seperti yang kita pikirkan, ada banyak kemungkinan dan kejadian-kejadian menarik yang terjadi di luar sana. Kita akan menjadi semakin fleksibel dan lebih cerdas.

4. Rajin Olahraga

Segala bentuk aktivitas fisik yang dilakukan setidaknya dua kali dalam satu minggu akan meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh, terutama otak.

Berolahraga dapat meningkatkan kemampuan otak kita agar lebih fokus, mencegah penurunan kognitif, meningkatkan memori otak, dan memudahkan otak kita untuk menerima informasi-informasi baru.

Secara tidak langsung, aktivitas fisik menjadi cara yang paling tercepat dan efektif agar kita bisa menjadi lebih pintar, tidak stres, tidak depresi dan lebih energik.

5. Tidur yang Cukup.

Tidur adalah sebuah kebutuhan, namun mungkin masih banyak dari kita yang belum menyadari betapa pentingnya kegiatan ini. Siklus tidur yang sehat adalah 6-8 jam per hari.

Memiliki waktu tidur yang cukup akan meningkatkan kemampuan, mempertahankan perhatian, dan mempertahankan keunggulan intelektual kita. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, ini akan memudahkan proses belajar kita, sehingga otak kita akan lebih mudah dalam menyerap segala ilmu dan informasi baru.

Advertisement

Itulah cara untuk meningkatkan kecerdasan intelektual yang mudah untuk diterapkan oleh kita semua. Jadi, tunggu apalagi? Langsung saja yuk kita terapkan dari sekarang. Selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *