Gaya Hidup

Praktik Mindfulness Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Mindfulness menjadi salah satu faktor paling kuat dalam membentuk kesehatan mental dan fisik. Hal inilah yang membuatnya begitu semarak dilakukan di berbagai...

Written by Widi · 3 min read >
Mindfulness
Mindfulness
Mindfulness untuk kesehatan mental dan fisik. Image via www.mindful.org

Mindfulness menjadi salah satu faktor paling kuat dalam membentuk kesehatan mental dan fisik. Hal inilah yang membuatnya begitu semarak dilakukan di berbagai belahan dunia. Apakah hal tersebut benar adanya? Adakah pengaruh kesehatan mental dan  fisik yang ditimbulkan akibat mindfulness? Berikut penjelasannya.

Apa itu Mindfulness?

Dalam istilah yang paling sederhana, Mindfulness melibatkan hidup di saat ini, dan memberikan perhatian khusus pada apa pun yang sedang Anda lakukan saat ini.

Jika Anda memakan apel, periksa dengan cermat warna dan tekstur dagingnya, baunya, dan kerenyahan saat Anda menggigitnya. Perhatikan apakah itu manis, asam, atau di suatu tempat di antaranya. Nikmati setiap gigitan dan jaga agar pikiran Anda fokus pada apel saat Anda memakannya.

Saat Anda memakan apel, bebaskan pikiran Anda dari gangguan eksternal, seperti apa yang perlu Anda lakukan di tempat kerja di kemudian hari, atau apa yang akan Anda pakai untuk bekerja.

Seluruh fokus Anda harus diarahkan pada tindakan sederhana makan, dan menikmati apel. Oleh sebab itu, latihan ini harus diperluas ke semua aspek kehidupan Anda untuk memaksimalkan fokus Anda pada tugas yang ada.

Ketika Anda menjadi lebih selaras dengan masa kini, Anda akan mengalami konsentrasi yang lebih baik dan lebih banyak kesenangan dari semua aspek kehidupan Anda.

Mungkin tidak banyak dari kita untuk melakukan ini sepanjang hari, tetapi penting untuk mengambil setidaknya beberapa menit setiap hari untuk hadir pada saat itu.

Seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa mungkin untuk menggabungkan cara mengalami dunia ini ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Manfaat Mental dan Fisik dari Mindfulness

Meditasi Mindfulness dengan cepat menyebar ke seluruh masyarakat Barat sebagai cara untuk menjadi lebih fokus dan santai secara mental. Bahkan, Penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi banyak manfaat Mindfulness termasuk motivasi, empati, dan regulasi emosi. Orang-orang dari segala usia dan semua lapisan masyarakat dapat menyadari manfaat kesehatan mental dan fisik dari Mindfulness.

Manfaat Mental Mindfulness Meliputi:

  • Peningkatan Kinerja Akademik
  • Mengurangi Depresi
  • Kurang Kecemasan
  • Peningkatan Kehilangan Memori
  • Peraturan Emosi
  • Penurunan Efek Negatif PTSD
  • Mengatasi Stres

Manfaat Fisik Mindfulness Meliputi:

  • Mengurangi Peradangan
  • Mengurangi Penyakit Jantung
  • Melawan Rasa Sakit
  • Pengurangan Gejala Arthritis
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kualitas Tidur
  • Memperpendek Durasi Pilek dan Flu

Mindfulness dapat dengan mudah dipraktikkan oleh hampir semua orang, kapan saja, dan direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari semua orang untuk kesehatan mental dan fisiknya.

Dengan demikian praktik mindfulness bisa menjadi pengalaman yang membebaskan dan mencerahkan bagi seseorang, dan akan terus menyebar ke seluruh pandangan seseorang tentang pekerjaan dan bermain.

Jadwal yang padat dan komitmen waktu yang berlebihan telah menyebabkan masyarakat dipenuhi dengan stres dan depresi saat ini.

Tetapi meluangkan waktu, bahkan jika hanya beberapa menit sehari untuk merenungkan masa kini, dapat memberikan keajaiban pada pikiran dan tubuh. Teknik Perilaku Kognitif sekarang menggabungkan Mindfulness ke dalam praktik sehari-hari karena penelitian menunjukkan itu bekerja.

Baca juga : Cara Melatih Mental Agar Menjadikanmu Lebih Kuat

Manfaat Meditasi Mindfulness Untuk Kesehatan Fisik

Rileks
Mindfulness untuk kesehatan mental dan fisik. Image via www.google.com

Untuk menghargai manfaat fisik yang mendalam dari meditasi, penting untuk memahami bagaimana stres kronis dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh.

Stres merangsang sistem saraf simpatik, menyebabkan lonjakan hormon stres alami (pikirkan: epinefrin dan kortisol) dalam aliran darah, yang dapat berdampak negatif pada tubuh.

Misalnya, terlalu banyak epinefrin (a.k.a. adrenalin) dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke; terlalu banyak kortisol dapat meningkatkan kadar gula darah, menekan sistem kekebalan tubuh, dan menyempitkan pembuluh darah.

Akhirnya, lonjakan hormon stres kronis dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan kadar kolesterol, mengganggu imunitas, tingkat energi, dan tidur.

Ketika Tubuh dan Pikiran Rileks

Banyak orang yang bermeditasi secara teratur telah belajar untuk mengkondisikan tubuh mereka agar rileks saat diminta, dan, menurut penelitian, dapat lebih efektif mengelola stres.

Menurut penelitian dari University of California, Davis, orang yang menggunakan program meditasi umum memiliki kadar kortisol yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mahasiswa kedokteran yang menggunakan meditasi ini hanya 10 hari mengalami penurunan stres sebesar 12%; dan sebuah studi terpisah menemukan bahwa orang yang menggunakannya selama 30 hari mengurangi sepertiga.

Mengapa pengurangan stres begitu penting? Ini menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan konsumsi oksigen, yang menghasilkan tingkat energi yang lebih tinggi dan kekebalan dan tidur yang lebih baik.

Plus, pengurangan stres adalah kunci untuk mengurangi gejala fisik dari banyak kondisi kesehatan. Ambil peradangan, misalnya, yang terkait dengan stroke, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit serius lainnya.

Menurut sebuah studi Harvard, meditasi tidak hanya dapat meredam gen yang terlibat dalam respon inflamasi, tetapi juga mempromosikan gen yang terkait dengan stabilitas DNA.

Baca juga : Ternyata, Mindfulness Efektif Dalam Menghilangkan Rasa Stress dan Cemas

Manfaat Meditasi Mindfulness Untuk Kesehatan Mental

Otak adalah bagian dari tubuh di mana meditasi dapat benar-benar melakukan keajaibannya. Memang benar bahwa kita menjadi lebih mampu mengatasi emosi negatif ketika kita bermeditasi dan berlatih memandang emosi yang meningkat sebagai kondisi yang berlalu.

Meditasi Dapat Mengubah Otak Kita Secara Fisik

Salah satu keuntungan meditasi yang paling dalam adalah bahwa meditasi tidak hanya dapat mengubah pola pikir dan perspektif kita, tetapi juga dapat mengubah otak kita secara fisik, mengembalikannya ke pikiran dan emosi yang lebih positif. Begini cara kerjanya.

Meditasi dapat menurunkan koneksi neurologis negatif ke medial prefrontal cortex – atau “me center” otak – meredam sifat-sifat seperti ketakutan, stres, dan kecemasan.

Atau, itu juga membangun koneksi neurologis positif baru ke bagian otak yang bertanggung jawab untuk mempromosikan sifat-sifat seperti fokus dan pengambilan keputusan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa materi abu-abu – area otak yang bertanggung jawab untuk pengaturan emosional, perencanaan, dan pemecahan masalah – serta ketebalan kortikal, yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori, keduanya meningkat dengan latihan meditasi yang teratur guna kesehatan mental yang baik.

Atau, amigdala, yang mengatur bagaimana kita merasakan stres, ketakutan, dan kegelisahan, merespons meditasi dengan menyusut. Penelitian menegaskan bahwa perbaikan otak ini melalui meditasi dapat mengubahnya menjadi lebih baik.

Dalam satu penelitian, peserta yang bermeditasi dengan aplikasi Mindfulness selama 3 minggu mengalami penurunan 57% dalam agresi dan reaktivitas terhadap umpan balik negatif. Di lain, 10 hari dari jenis aplikasi ini mengurangi iritabilitas peserta sebesar 27%.

Cara kerjanya juga sebaliknya: penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Mindfulness meningkatkan emosi positif sebesar 16% dan belas kasihan sebesar 21%.

Tentu saja, masuk akal bahwa meditasi dapat mempengaruhi emosi kita begitu dalam. Dengan demikian kita lebih mampu menjauhkan diri dari pikiran dan emosi negatif dan merasa lebih baik pada saat itu.

Dengan berbagai support penelitian, fakta bahwa mindfulness untuk kesehatan mental dan fisik bukanlah suatu hal yang mengada-ada. Oleh sebab itu, cara ini wajib Anda praktikkan untuk meringankan beban hidup yang mungkin sedang Anda alami saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *