Jelajah

9 Kuliner Legendaris di Jogja yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Jogja tidak hanya di kenal sebagai kota pelajar saja, tapi untuk urusan memanjakan lidah kota ini menjadi surganya. Advertisement Bagi kamu yang...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
Gudeg Sagan

Jogja tidak hanya di kenal sebagai kota pelajar saja, tapi untuk urusan memanjakan lidah kota ini menjadi surganya.

Advertisement

Bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Kota Jogja, sempatkan untuk mencicipi aneka kuliner Jogja di bawah ini.

Berikut 9 kuliner di jogja yang bisa kamu jadikan referensi ketita berkunjung ke kota jogja.

1. Sate Kere.

sate koyor
Sumber Gambar : https://media.travelingyuk.com/

Sate ini sudah melegenda dan masih jadi daya tarik banyak orang untuk menyantapnya. Kuliner yang satu ini berbahan dasar gajih atau koyor. Gajih (lemak) sapi diakui banyak orang punya cita rasa yang unik.

Karena berbahan baku gajih, maka saat dibakar sate ini mengahasilkan asap yang begitu banyak dan aromanya yang khas membuat banyak orang penasaran dengan panganan yang satu ini.

Nyaris tak ada beda, mengolah sate koyor dengan mengolah sate pada umumnya.

Anda dapat menjumpai penjual sate kere di sekitaran Pasar Bringharjo, Kota Gede dan daerah Godean.

2. Sate Klatak Pak Pong.

Sate Klatak
Sumber Gambar : https://res.cloudinary.com/

Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang enak dan gurih, namanya adalah sate klatak. Sate Klatak memang memiliki keunikan tersendiri berbeda dengan sate pada umumnya.

Biasanya sate ditusuk dengan menggunakan bambu, tapi sate Klatak menggunakan jeruji besi yang didapat dari jeruji velg sepeda.

Tidak ada bumbu khusus atau bumbu rahasia, yang membuat cita rasanya begitu enak. Bahan yang dibutuhkan hanyalah ketumbar, garam, dan juga merica.

Sebelum ditusuk, sate diuleni hingga bumbu benar-benar meresap. Potongan dagingnya pun besar-besar.

Lokasi sate klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Kabupaten Bantul .

3. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti.

oseng mercon
Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/

Oseng-oseng Bu Narti merupakan kuliner jenis oseng dengan citra rasa pedas luar biasa. Jika Anda pecinta makanan pedas, maka Oseng-oseng Mercon Bu Narti ini sangat cocok dilidah Anda.

Bahan baku untuk membuat oseng mecon ini berupa kikil, gajih, daging sapi dan cabai rawit. Bumbu yang lain berupa bumbu untuk memesak tumis.

Yang membedakan adalah bila untuk masakan tumis, bumbu tersebut ditumis dengan sedikit minyak, akan tetapi pada oseng-oseng ini semua bumbu tersebut digoreng dlam minyak.

Masakan ini tidak memakai kecap dan merica karena rasanya bisa berubah.

Lokasi Oseng-oseng mercon Bu Narti berada di Jl. KH. Akhmad Dahlan, Gang Purwodiningratan Yogyakarta.

4. Soto Sampah.

soto sampah
Sumber Gambar : https://static.limakaki.com/

Soto yang satu ini sudah cukup terkenal, selain namanya yang unik, kuliner ini juga memiliki cita rasa yang nikmat banget.

Disebut dengan Soto Sampah Jogja karena kuliner ini memanfaatkan gajih sapi sebagai salah satu bahan bakunya.

Tidak hanya itu saja suwiran-suwiran pendamping lainnya yang bikin tampilan piring berantakan. Jadilah, para pelanggan menyebut soto ini sebagai Soto Sampah.

Jangan salah, meskipun disebut dengan nama yang cukup jorok, namun citarasanya boleh diadu dengan yang lainnya.

Kebanyakan yang datang berkunjung ke Soto Sampah adalah anak muda. Kuliner ini terdapat di utara Tugu Jogja, tepatnya di pasar Kranggan.

5. Bakso dan Es Buah PK.

esbuah-pk
Sumber Gambar : https://www.kotajogja.com/

Es buah PK ini konon katanya punya racikan spesial, dan dijamin berbeda dari es buah di tempat lain.

Isian buahnya juga tidak jauh beda dengan es buah lainnya yaitu sawo, nangka, kelapa muda, cincau dan sejenis blewah.

Es buah ini sangat cocok buat anda yang sedang berada di Jogja atau yang sedang muter-muter di kota Jogja.

Tidak hanya es buah, di tempat ini juga tersedia bakso. Menu baksonya berisi tiga buah bakso dan dilengkapi dengan bakso goreng, irisan tahu, sawi dan dua jenis mie, yaitu mie kuning dan mie putih.

Bakso dan Es Buah PK mempunyai dua cabang Yang pertama berada di daerah Pakuningratan dan yang satu lagi berada di jalan Godean.

Baca Juga : 6 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Pas Buat Bersantai Sama Orang Terdekat.

6. Gudeg Sagan.

Gudeg Sagan
Sumber : https://www.inibaru.id/

Warung gudeg adalah salah satu kuliner jogja favorit. Menu andalannya adalah gudeg basah, menu ini terasa lebih enak jika dibandingkan gudeg kering.

Yang membuat gudeg sagan terasa nikmat adalah kuah areh yang terbuat dari santan kelapa kental. Apalagi jika disajikan dengan bubur.

Bubur gudeg biasanya disajikan dengan krecek dan berbagai macam lauk, mulai dari mulai dari tahu, tempe, telur, dan daging ayam seperti sayap, paha atas, dada, ati ampela, hingga kepala ayam.

Ayam yang digunakan sebagai lauknya adalah ayam kampung dan telur yang digunakan adalah telur bebek.  Lebih enak jika dibandingkan warung gudeg lain yang kebanyakan menyajikan gudeg kering.

Karena nikmatnya ini Gudeg Sagan tidak pernah sepi pengunjung, apalagi jika di sore hari. Lokasi gudeg sagan berada di Jl. Prof. Ir. Herman Yohanes dekat dengan kawasan UGM.

7. Angkringan Lik Man.

Lik Man
Sumber Gambar : https://img.qraved.co/

Angkringan Kopi jos Lik Man adalah salah satu angkringan yang cukup dikenal di Yogyakarta. Di jogja angkringan Lik Man menjadi incaran utama para wisatawan.

Di sini, kamu bisa menemui kopi dengan sebutan kopi jos. Kopi ini sangat unik karena dicampur dengan arang panas. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Minum kopi joss hangat-hangat paling nikmat sambil ditemani jadah bakar dan tempe mendoan yang murah meriah.

8. Sate Pak Meyet.

Sate Pak Meyet
Sate Pak Meyet

Buat Kamu yang berada di jogja dan pingin jajan sate kambing, mampir saja ke warung Pak Meyet.

Uniknya, jika ingin makan di warung ini Kamu harus datang lebih awal, karena Warung Pak Meyet hanya buka di pagi hari hingga menjelang siang.

Apabila datang menjelang siang kamu tidak akan kebagian sate, karena dalam waktu kurang lebih 3 jam, dagangannya sudah ludes disantap pembeli.

Sate kambing dan tongseng merupakan menu andalan di warung Pak Meyet. Keunikan lainnya dari sate Pak Meyet adalah disajikan di piring tanpa tusukan sate.

Sate ini tak hanya disajikan dengan kecap dan irisan bawang merah saja. Tetapi diberi campuran gerusan kacang tanah yang halus dan cabai.

Pengolahannya pun berbeda dengan sate ditempat lainnya. Sebelum dibakar sate lebih dulu dicelupkan dalam kuah gule. Aroma wangi rempah bumbu gule menguap saat sate dibakar diatas tungku.

Ketika akan disajikan sate ini dilepaskan dari tusukannya. Disajikan berikut irisan mentimun dan juga cabai rawit merah di piring terpisah.

Lokasi warung sate Pak Meyet berada di  Jl. Imogiri Barat RT.01, Pulo Kadang, Canden, Kec. Jetis, Bantul

9. Sate Kambing Sor Talok.

sate sor talok
Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/

Bagi penggemar sate kambing, rumah makan Sate Kambing Sor Talok di Bantul bisa jadi tujuan wisata kuliner yang menarik.

Irisan daging sate di warung makan sor talok ini terkenal besar-besar dan empuk. Sebelum dibakar, sate juga dicelupkan ke panci berisi bumbu-bumbu khusus seperti, bawang, kemiri, ketumbar, daun jeruk, cabai, gula merah, kecap, dan garam.

Satu porsi sate disini berisi 2 tusuk, namun potongan sate kambing di sini besar-besar. Berat satu tusuk satenya sekitar 3 ons.

Ketika akan disajikan sate ini juga dilepaskan dari tusukannya. Disajikan bermandikan kecap, satenya dilengkapi irisan rawit, bawang merah, dan tomat.

Lokasi warung sate sor talok berada di Jl. Pramuka, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantu.

Advertisement

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner di jogja yang bisa di jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan selamat berburu kuliner enak di Jogja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *