Jelajah

Deretan Makanan Khas Malang yang Wajib Masuk Daftar Kuliner Liburan

Makanan enak di malang – Malang memang terkenal sebagai tempat liburan di Jawa Timur yang memiliki berbagai tempat wisata. Selain tempat wisata...

Written by Widiatmoko Eling · 4 min read >
cwie mie

Makanan enak di malang – Malang memang terkenal sebagai tempat liburan di Jawa Timur yang memiliki berbagai tempat wisata.

Selain tempat wisata air, buatan, alam, dan edukasi, Anda juga bisa menjadikan Malang sebagai tempat wisata kuliner. Berikut makanan enak di malang yang wajib dicoba ketika berkunjung di sini:

Rekomendasi Makanan Khas Malang

Selain tempat wisata, kuliner memang menjadi salah satu daya tarik jika berkunjung ke Malang. Berbagai pilihan makanan khas yang tersedia di sini sangat menarik untuk dicoba. Berikut rekomendasi makanan yang wajib dicoba ketika berada di Malang:

1. Cwie Mie

cwie mie
Sumber Gambar : ik.imagekit.io

Olahan masakan berupa mie memang sangat banyak di Jawa Timur, namun jika berkunjung ke Malang Anda wajib mencoba cwie mie.

Berbeda dengan mie ayam dan mie pangsit, makanan khas ini memiliki rasa sedap dengan siraman kuah bening.

Dalam satu mangkuk cwie mie, Anda bisa mendapatkan satu porsi mie, irisan sayur, irisan daun bawang, beberapa slice selada, irisan timun, cabe yang direbus, potongan ayam, dan gorengan tipis-tipis. Anda juga bisa menambahkan bumbu, seperti kecap, sambal, dan saos untuk menambah selera.

2. Bakso Malang

bakso malang
Sumber Gambar : malkelapagading.com

Meskipun bakso tersebar di seluruh Nusantara, namun makanan khas yang wajib dicoba di Malang adalah baksonya. Banyak sekali jenis bakso yang wajib dicoba di sini.

Berbagai jenis bakso tentu memiliki cita rasa yang berbeda, ada yang rasanya segar dan gurih, ada juga yang terasa kuat dan kental.

Hal yang membedakan antara bakso Malang dengan jenis bakso lainnya adalah isi dalam satu porsinya. Anda bisa memperoleh bakso dengan ukuran kecil maupun besar, berbagai jenis gorengan, mie, siomay, dan jeroan. Sangat unik, bukan? Tentunya sensasi makan bakso terasa nikmat jika banyak topping.

3. Bakso Bakar

bakso bakar
Sumber Gambar : sintiaastarina.com

Malang tidak hanya menyajikan bakso dengan kuah saja, namun bakso bakar juga. Setiap masakan yang dibakar selalu terasa nikmat, bukan?

Begitu juga dengan bakso khas Malang ini. Memiliki rasa manis sedap dengan tekstur bakso yang kenyal membuat makanan khas Malang ini wajib dicoba.

Anda bisa memakan bakso bakar secara langsung maupun bersama dengan kuah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggabungkan berbagai makanan lain, seperti gorengan, telur puyuh, dan lain sebagainya untuk dimakan bersama bakso bakar tersebut.

4. Orem-Orem

orem-orem khas malang
Sumber Gambar : kayakuliner.com

Orem-orem adalah masakan tradisional yang telah ada sejak tahun 80-an dan masih booming hingga saat ini.

Hidangan berupa kuah santan dengan irisan tempe goreng dan ayam goreng ini nikmat dimakan bersama nasi hangat yang mengepul.

Anda bisa menemukan rasa yang sama pada kuah sayur lodeh, namun orem-orem ini disajikan dengan kuah yang kental dan rasa yang kuat. Anda bisa merasakan sensasi makan sayur dengan rasa rempah-rempah dan kaldu ayam yang kuat.

5. Angsle

angsle malang
Sumber Gambar : amazingmalang.id

Cuaca dingin di malam hari membuat Anda menginginkan makanan yang nikmat dan hangat. Anda bisa mencoba angsle khas Malang.

Makanan manis ini terdiri dari kuah santan yang encer dilengkapi dengan berbagai isi, seperti kacang hijau, ketan, roti, mutiara, dan lain sebagainya.

Kuah yang segar tidak hanya diperoleh dari santan, namun juga pandan yang membuat rasanya semakin light.

Angsle juga bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin, sehingga bisa menambah kesegaran mulut bahkan saat suapan pertama.

6. Tahu Lontong Lonceng

tahu lontong lonceng
Sumber Gambar : chibirentalmotormalang.com

Tahu lontong lonceng ini merupakan salah satu makanan khas Malang legendaris yang bertahan sejak 1935 hingga saat ini.

Memiliki tampilan yang sama dengan tahu tek, Anda bisa menikmati rasa senada dengan irisan tahu, lontong, tauge, dan bumbu kacang yang nikmat.

Anda juga bisa menikmati rasa tahu lontong lonceng bersama dengan telur dadar yang menambah kenikmatan.

Bumbu kacang yang dicampur di sini juga gabungan dengan petis, sehingga menimbulkan rasa yang sangat nikmat. Anda bisa memakan tahu lontong lonceng bersama dengan kerupuk.

7. Kue Pancong

kue pancong
Sumber Gambar : Brisik.id

Jika berkunjung ke Malang, pastikan untuk mencoba kue pancong sebagai pencuci mulut. Kue manis yang memiliki tekstur lembut dan ukuran yang kecil ini, banyak dicari wisatawan dalam negeri maupun luar negeri karena rasanya yang nikmat.

Anda bisa memperoleh makanan ini di malam hari. Biasanya kue pancong sangat cocok dimakan bersama dengan minuman hangat, sehingga menambah kenikmatannya. Kue pancong juga memiliki beragam rasa, mulai dari vanilla, red velvet, dan lain sebagainya.

8. Ronde Titoni

ronde titoni
Sumber Gambar : okezone.com

Ronde titoni adalah makanan tradisional yang sangat cocok dikonsumsi ketika sedang tidak enak badan, flu, dan cuaca dingin.

Kuah jahe dengan kandungan gizi tinggi disantap dengan irisan kacang, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan moci tepung beras memberikan kehangatan pada tubuh.

Anda bisa memperoleh ronde titoni di berbagai tempat dengan khasiat dan rasa yang sama. Makanan hangat ini juga dibanderol dengan harga terjangkau, sehingga dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Namun, Anda hanya bisa memperoleh makanan ini di malam hari.

9.  Soto Geprak

soto geprak malang
Sumber Gambar : ksmtour.com

Makanan enak di malang selanjutnya adalah soto geprak yang memiliki cita rasa masyarakat setempat, yaitu manis.

Jika soto pada umumnya memiliki rasa gurih, namun soto geprak tidak hanya itu. Ada sensasi manis di dalamnya yang memberikan pengalaman kuliner baru bagi Anda.

Meskipun sangat cocok dikonsumsi di malam hari, soto geprak biasanya sudah habis di sore hari. Makanan ini sangat laris karena memiliki rasa yang nikmat dan menghangatkan tubuh. Anda bisa menambahkan kecap dan sambal untuk menambah cita rasa kuah yang lezat.

10.  Sate Taichan

sate taichan
Sumber Gambar : kayakuliner.com

Sate taichan adalah jenis makanan khas Malang yang unik karena berwarna putih. Disajikan dengan kuah sambal yang nikmat dan irisan bawang goreng membuat sate taichan semakin lezat. Biasanya sate taichan dimakan dengan nasi hangat atau lontong.

Sate taichan wajib dicoba ketika berada di Malang karena memiliki rasa gurih dengan tekstur sate ayam yang kenyal berhasil menggoyang lidah siapapun. Oleh karena itu, sate ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

11.  Nasi Bakmoy

nasi bakmoy
nasi bakmoy

Bakmoy adalah makanan khas yang terdiri dari kuah segar, irisan sayur, potongan tempura, irisan ayam, dan telur yang dibumbui petis disajikan secara terpisah. Makanan ini cocok dimakan kapanpun karena memiliki rasa yang sedap dan menggugah selera.

Biasanya nasi bakmoy disajikan dengan nasi hangat. Makanan sehat dengan kandungan gizi tinggi yang terdapat di dalamnya ini cocok menjadi daftar kuliner yang wajib dicoba. Harga yang dibanderol juga sangat terjangkau sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

12.  Nasi Empok

"<yoastmark

Nasi empok memiliki tampilan sama dengan nasi jagung, namun yang membedakan adalah tekstur nasinya yang lebih lembut.

Jika nasi jagung memiliki bentuk utuh, makanan ini sudah terpotong sehingga teksturnya lebih lembut dan butiran nasi kecil-kecil.

Nasi empok ini disajikan dengan sambal pedas yang dibalut dengan terong goreng, ikan tongkol yang telah dibumbui, beberapa ikan asin, urap-urap, sayur tahu, dadar jagung, dan peyek. Makanan ini sangat nikmat dan cocok dimakan di siang hari.

Rekomendasi makanan enak di Malang di atas bisa menjadi alternatif pilihan jika ingin wisata kuliner. Berbagai pilihan makanan di atas sangat bervariasi sehingga dapat dipilih sesuai keinginan dan kepemilikan budget. Selamat mencoba!

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang makanan enak di malang. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi ketika berlibur ke kota malang.

Buat Anda yang ingin traveling tapi bingung menentukan lokasinya, Anda bisa mendapatkan informasi menarik seputar wisata di halaman Jelajah.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di GoodChoice.id.